Berbagi Kebahagiaan dengan 1.256 Paket Lebaran

Jurnalis : Dea Paramita, Wismina (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Zhen Shan Mei Tzu Chi Pekanbaru

Relawan Tzu Chi bersyukur dan berterima kasih kepada warga yang telah menerima bantuan. Pemberi dan yang diberi sama-sama merasakan sukacita dan bahagia.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru memberikan bantuan 1.256 paket sembako kepada masyarakat prasejahtera tanpa memandang perbedaan agama dan suku kepada masyarakat di Pekanbaru, Tualang-Kabupaten Siak, dan kota Dumai. Untuk wilayah Pekanbaru, pembagian paket sembako dilakukan di tiga kelurahan. Sedangkan di Dumai, pembagian dilakukan di dua kelurahan, dan untuk Tualang dilakukan di satu kelurahan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak enam kelurahan.

Sebelum pembagian paket sembako, relawan di berbagai komunitas telah melakukan pembagian kupon secara langsung kepada warga dari rumah ke rumah dengan didampingi oleh Ketua RT dan RW setempat. “Saya berharap sembako yang diberikan oleh Tzu Chi bisa bermanfaat bagi masyarakat. Rangkaian proses untuk memberikan sembako ini menurut saya sangat bagus, apalagi ketika membagikan kupon, relawan langsung turun untuk melihat kondisi masyarakat, sehingga bantuan tepat pada sasaran,” ujar Agus Hatorangan, Ketua RW 06, Kelurahan Kampung Melayu.

Sebelum paket sembako dibagikan, relawan Tzu Chi melakukan survei langsung ke rumah-rumah warga. Hal ini dilakukan agar bantuan dapat tepat sasaran diterima oleh warga yang membutuhkan.

Dalam survei, relawan juga berinteraksi dengan warga untuk mengetahui kondisi kehidupan mereka secara lebih akurat.

Pembagian paket sembako di kota Dumai dilakukan pada Minggu, 9 April 2023, dan terbagi sebanyak 311 paket. Sedangkan pada Minggu, 16 April 2023 serentak dilakukan pembagian paket sembako yang bertempat di Kantor Tzu Chi Pekanbaru dan Kantor Kelurahan Air Hitam serta di Kantor Kampung Maredan Barat dengan total terbagi sebanyak 945 paket sembako.

“Sembako yang diberikan ini memiliki makna bagi saya, karena bermanfaat bagi keluarga saya. Saya merasa sangat bahagia, karena kebutuhan hidup sehari-hari saya sangat terbantu. Saya merasa sangat berterima kasih. Semoga seluruh relawan yang sudah membantu tanpa membeda-bedakan memperoleh kebahagiaan,” kata Rukimah, salah satu warga yang mendapatkan paket sembako.

Dengan ramah dan sopan relawan Tzu Chi mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan warga. Dari sini relawan mengetahui bagaimana kehidupan warga.

Relawan juga membawa dan mengantarkan paket sembako kepada warga yang berusia lanjut.

Dalam pembagian paket sembako ini relawan bahkan turut membantu masyarakat yang kesulitan untuk membawa paket sembakonya. Dengan wajah penuh senyum, relawan mengangkat karung-karung beras, kemudian mengantarkannya hingga ke kendaraan mereka.

“Melalui kegiatan ini, saya bisa membantu orang lain. Walaupun tidak bisa membantu secara materi, tetapi saya akhirnya bisa membantu orang lain dengan menggunakan tenaga. Saya merasa senang melihat orang-orang yang bisa saya bantu. Saya tidak merasa lelah walau sudah membantu sejak pagi, karena senyuman masyarakat yang merasa terbantu membuat seluruh rasa lelah saya hilang,” kata Hilery, salah satu relawan yang turut membantu kegiatan ini.

Tak lupa pula, Tzu Chi Pekanbaru juga turut menyediakan celengan bambu, dengan tujuan agar masyarakat yang datang dapat menciptakan kembali berkah yang telah ia terima. Setiap orang dapat bersumbangsih dengan sukarela sesuai dengan prinsip Dana Kecil Amal Besar. Besar kecilnya nilai yang didanakan bukanlah yang utama, tetapi niat baik dan cinta kasih yang terbangkitkan untuk ikut peduli dan berbagi kepada orang lain, itu yang terpenting.

Lagu Satu Keluarga dinyanyikan dan diikuti gerakan isyarat tangan oleh para relawan, tamu undangan, dan warga.

Sebanyak 1.256 paket sembako dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga di hari lebaran.

“Yang jelas kita adalah makhluk sosial, tidak terlepas dari lingkungan sekitarnya. Dengan hal sekecil itu mungkin bermanfaat buat yang lain dan sebagai aspirasi buat yang lain untuk mengikuti kebaikan tersebut, sebab berbagi itu baik,” tutur Haji Basuki, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kelurahan Air Hitam yang ikut merespon dana kecil amal besar.

”Warga prasejahtera di sini merasa terbantu dan mengucapkan banyak terima kasih, ini sangat luar biasa, semoga Yayasan Buddha Tzu Chi terus melaksanakan kegiatan sosial untuk kepentingan masyarakat,” ujar Zulfi Ijum, Lurah Air Hitam yang juga turut bersumbangsih ke celengan bambu Tzu Chi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Paket Sembako untuk Mereka yang Membutuhkan

Paket Sembako untuk Mereka yang Membutuhkan

03 Mei 2023

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, sebanyak 850 paket sembako dibagikan relawan Tzu Chi Bandung kepada warga prasejahtera. Paker berisi beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan, dan masker.

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

17 April 2023

Relawan Tzu Chi komunitas Bekasi membagikan 500 paket lebaran untuk warga Kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 52 relawan dengan harmonis saling bekerjasama membagikan paket kepada warga. 

Berkah Ramadan untuk warga Desa Kijang Rejo

Berkah Ramadan untuk warga Desa Kijang Rejo

05 Mei 2023
Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita Xie Li Kampar Unit NSAM) membagikan paket sembako untuk warga yang tidak mampu dan lanjut usia (Lansia) di Desa Kijang Rejo, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -