Menyebarkan Semangat Cinta Lingkungan

Jurnalis : Sari Rizky Iranda (DAAI TV Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Para guru dan staf SMA Wiyata Dharma Medan mendonasikan barang-barang yang bernilai ekonomi ke dalam bak yang sudah di pilah-pilah.


Relawan Tzu Chi Medan menjalin cinta kasih kepada murid SMU Wiyata Dharma Medan dengan menyosialisasikan pelestarian lingkungan. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi jenis-jenis barang yang bisa didaur ulang dan bernilai ekonomi. Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Medan dapat menampung 80 persen jenis barang kering yang mempunyai nilai ekonomi.

Selain itu, relawan Tzu Chi bersama sekolah Wiyata Dharma Medan juga meresmikan titik green point (titik pengumpulan barang daur ulang) sebagai langkah nyata dalam pelestarian lingkungan (PL).

Green point ini berada di halaman sekolah sehingga dapat diakses dengan mudah oleh murid Sekolah, guru dan staf Wiyata Dharma untuk mendonasikan barang daur ulang masing-masing dari rumah mereka.

Seorang murid sekolah membawa botol plastic kemasan dari rumah masing-masing. Kegiatan pengumpulan barang-barang yang bisa di daur ulang adalah bertujuan untuk menyebarkan semangat peduli bumi dimulai di lingkungan keluarga.

Para relawan Tzu Chi Medan memberikan edukasi kepada para guru dan staf SMA Wiyata Dharma Medan   di tempat titik kumpul barang (green point) di lingkungan sekolah.

Elsa Huang relawan Tzu Chi Medan mengungkapkan sosialisasi dan green point ini sangat penting dikenalkan kepada generasi muda. Sebab, mereka yang akan meneruskan untuk menjaga bumi ini pada masa depan.

“Harapannya kita tentunya untuk pelestarian lingkungan. Semoga anak-anak yang hari ini sudah ikut sosialisasi otomatis mereka sudah dapat pengetahuan tentang sampah. Ternyata sampah itu ada yang setelah dibuang tidak bisa terurai, mereka menjadi tahu bahwa ada sampah yang harus didaur ulang supaya tidak merusak bumi” harap Elsa.

Para relawan Tzu Chi selain mengedukasi peduli lingkungan, para murid sekolah melantunkan melodi lagu Daai Mencerahkan Dunia. Lagu ini menjadi semangat para siswa dan guru untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama maupun lingkugan.

Relawan Tzu Chi sedang mensosialisasikan keberlangsungan makhluk hidup di dunia yang selalu berdampingan dengan alam. Keselarasan alam dan makhluk hidup akan menciptakan dunia yang terbebas dari segala bencana.

Para peserta dari SMA Wiyata Dharma Medan mengikuti sosialisasi pelestarian lingkungan yang dibawakan oleh relawan Tzu Chi.

Hamonagan Situmorang Kepala sekolah SMA Wiyata Dharma Medan mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi dan DAAI TV Medan dalam upaya melestarikan lingkungan.

“Mengenai kegiatan kita hari ini saya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kerja sama yang terjalin sejak lama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi dan DAAI TV. Wiyata Dharma berterima kasih diberi kesempatan dengan berkunjung dengan kegiatan kita hari ini” ujar Hamonagan.

Siswa, guru, staf dan relawan Tzu Chi Medan bekesempatan untuk berfoto bersama di lokasi titik green point yang berada di lingkungan sekolah SMA Wiyata Dharma Medan.

Menanamkan jiwa cinta lingkungan kepada generasi muda sangat penting dilakukan. melalui green point Tzu Chi ini, para siswa dapat mengasah jiwa peduli lingkungan mulai dari lingkungan sekolah. Lebih jauh, diharapkan para siswa dan guru dapat menyebarkan semangat cinta lingkungan ke masyarakat.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Kepedulian Terhadap Lingkungan dengan Kreasi Daur Ulang

Kepedulian Terhadap Lingkungan dengan Kreasi Daur Ulang

22 Maret 2017

Minggu, 19 Maret 2017, Perkumpulan Muda Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) Medan mengajak anak-anak muda di kota Medan untuk bersama-sama belajar membuat kerajinan tangan berbahan dasar barang daur ulang.

 

Tujuh Tahun Konsisten Membangun Tekad Pelestarian Lingkungan

Tujuh Tahun Konsisten Membangun Tekad Pelestarian Lingkungan

10 Agustus 2018
Perlahan namun pasti kegiatan pelestarian lingkungan itu mulai diminati warga. Banyak yang bersumbangsih dan terinspirasi menggalang hati warga untuk turut melakukan prinsip 5R (rethink, reduce, repair, reuse, recycle) dalam mengelola barang-barang.
Geliat Pelestarian Lingkungan di Lokasi Pemilahan Baru

Geliat Pelestarian Lingkungan di Lokasi Pemilahan Baru

21 September 2018

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 melakukan kegiatan pelestarian lingkungan untuk pertama kalinya di bundaran Hotel Aston, Cengkareng Timur. Kegiatan ini sekaligus mengenalkan Tzu Chi serta memberi informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan.


Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -