Meraih Masa Depan Cemerlang

Jurnalis : Ani (Tzu Chi Batam), Fotografer : Priscillia (Tzu Chi Batam)

Acara dibuka dengan menonton tayangan ceramah Master Cheng Yen mengajarkan pentingnya membangkitkan tekad serta berikrar.

Tzu Chi Batam kembali mengadakan Gathering Gan En Hu (Penerima Bantuan Tzu Chi) dengan mengundang seluruh gan en hu untuk pulang ke Aula Jing Si, Minggu 4 Juni 2023. Jumlah gan en hu yang hadir sebanyak 252 orang terdiri dari dewasa dan anak asuh. Sebelum kegiatan dimulai, para gan en hu terlebih dahulu dibagi menjadi 2 kelompok, gan en hu dewasa tetap di lantai 1, sedangkan gan en hu usia sekolah diarahkan ke lobi lantai 4.

Acara lantai 4 dimulai dengan anak-anak menonton tayangan Lentera kehidupan Master Chen Yen. Master Cheng Yen mengatakan, setiap kita perlu membangkitkan tekad dan ikrar bersumbangsih, lalu tekun menggarap ladang berkah dan menginspirasi semua orang. Dengan membangkitkan cinta kasih dari lubuk hati terdalam pasti dapat membantu orang banyak juga diri sendiri.

Peserta mengutarakan pendapat mereka lewat tanya jawab.

Pada gathering kali ini, Tzu Chi Batam mendatangkan Maryana M.Psi. Psikolog untuk membawakan materi dengan topik “Meraih Masa Depan Cemerlang”. Maryana menyampaikan bahwa bagaimana kamu menilai diri kamu sendiri = Jati Diri Positif/Negatif itu tergantung kita sendiri. Setiap orang punya sisi yang baik dan sisi yang kurang baik atau kurang ideal tetapi lihatlah selalu dari sisi yang baik atau sisi yang positif. 

You have to dream before your dreams can come true (Kamu harus punya mimpi sebelum mimpi tesebut jadi terealiasi), kamu harus punya mimpi”, ucap Maryana kepada anak-anak.

Banyak anak-anak merasa kalau mereka berada di keadaan yang kurang beruntung, mereka akan merasa tidak bisa bermimpi besar dan membatasi diri mereka. Maryana memotivasi mereka untuk setidaknya berani mimpi dulu, soal tercapai atau tidak itu urusan nanti yang penting punya cita-cita yang besar dulu. Mau berusaha dulu mana tahu suatu saat mereka dapat bantuan lebih besar atau kesempatan beasiswa bahkan lebih bagus dari pada anak-anak lain.

Maryana, pembawa materi menyampaikan beberapa kunci meraih mimpi.

Dewi Setia Wati adalah anak asuh penerima bantuan pendidikan sejak tahun 2020. Tahun ini Dewi menyelesaikan pendidikan terakhir dengan prestasi yang sangat bagus. “Mimpi saya ingin jadi dokter tetapi mahal biayanya, selama ini ada perasaan takut bermimpi karena dari keuangan dan ekonomi juga. Setelah dapat Materi hari ini mudah-mudahan termotivasi untuk tidak takut bermimpi,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, “Jika punya kesempatan dan waktu, Dewi ingin membantu lebih banyak orang karena teringat sama Mama juga. Di sini saya ingin berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi telah memberi bantuan di biaya pendidikan sehingga sekarang menjadi lebih baik dan ilmu yang dapat dari sekolah bisa buat di tempat kerja biar bisa jadi orang sukses dan bisa bantu bapak.”

Gathering ini tidak hanya mengajak para anak asuh untuk datang mengambil santunan saja tetapi ingin menitikberatkan pada pentingnya pola pikir bagaimana menilai atau melihat sisi positif dari setiap keadaan. Memotivasi anak asuh untuk berani bermimpi dan memiliki cita-cita dari sekarang walaupun mereka berada di keadaan yang kurang mampu.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Hidup itu Senantiasa Bersyukur

Hidup itu Senantiasa Bersyukur

11 Agustus 2015 Pada Minggu,  5 Juli 2015, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Batam mengadakan Gathering Penerima Bantuan Tzu Chi di Harbour Bay Mall, Batam. Acara rutin ini juga diwarnai dengan perayaan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2015.
Gan En Hu Hui Jia: Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Gan En Hu Hui Jia: Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

19 November 2015

Pada Minggu siang, 1 November 2015, relawan Tzu Chi Batam mengadakan Gan En Hu Hui Jia (Gan En Hu Pulang ke Rumah) di posko daur ulang Tzu Chi Batam. Kegiatan hari itu juga diisi dengan penyuluhan mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam Bidang Pemadaman Kebakaran (Damkar) kepada para gan en hu.

Indahnya Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika

Indahnya Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika

15 Agustus 2023

Menjelang perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 menggelar gathering Gan En Hu serta perlombaan dalam memperingati hari kemerdekaan.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -