Merawat Bumi dan Memupuk Rasa Syukur terhadap Alam

Jurnalis : Christine Desyliana ( He Qi Barat 1), Fotografer : Christine Desyliana, Cellia, Linda Budiman (He Qi Barat 1)
Kegiatan pelestarian lingkungan Tzu Chi dilakukan di pinggir jalan Citra Garden 2 terlihat rapi sehingga masyarakat dapat melihat langsung kegiatan ini.

“Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Beberapa bulan lalu, gempa bumi melanda Cianjur, ditambah lagi perubahan iklim tidak menentu dan bencana lain terjadi di mana-mana. Karena hal ini, Master Cheng Yen, Pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi terus menerus mengimbau relawan Tzu Chi untuk merawat bumi dan memupuk rasa syukur terhadap alam. Dari semangat ini, relawan Tzu Chi komunitas Hu Ai Citra melaksanakan kegiatan Pelestarian Lingkungan secara serentak di 2 lokasi yaitu di Citra Garden 2 dan Citra Garden 5, pada Minggu, 18 Desember 2022.

Kegiatan Pelestarian Lingkungan Citra 2 dilakukan di pinggir jalan besar sehingga memudahkan masyarakat melihat kegiatan ini secara langsung. Jadi pada hari itu, beberapa donasi barang daur ulang diantar langsung dan diberikan oleh masyarakat kepada relawan.

Beberapa donasi barang daur ulang diantar langsung dan diberikan oleh masyarakat kepada relawan.

Anthony sedang membuang kemasan luar dari botol plastic yang baru saja dilepas oleh nya ke tong sampah (kiri). Ibu Hendrawaty mengambil salah satu botol plastik bekas dengan semangat (kanan).

Salah satu yang terketuk hatinya ikut bersama melakukan hal ini adalah seorang remaja yang masih mengenyam pendidikan di tingkat sekolah menengah atas, namanya Anthony. Dia sangat cepat belajar teknik mengolah botol plastic bekas dari relawan Tzu Chi. Anthony sangat bersungguh hati saat melakukan aksi nyata dalam merawat bumi.

Selain itu juga ada Bu RT, Ibu Hendrawaty yang selalu berpartisipasi sebagai bentuk dukungan atas kegiatan positif ini di wilayah lingkungan Perumahan Citra Garden 2. Tangannya sangat cekatan, terlihat bahwa ia sangat menikmati dan menyadari manfaat atas pelestarian lingkungan ini.

Relawan Tzu Chi bekerja sama dengan beberapa warga perumahan Citra 5 dalam pelestarian lingkungan.

Para relawan Tzu Chi saling bergotong royong memasukkan hasil olahan daur ulang di karung, kantong atau dus ke mobil relawan Tzu Chi dari titik pemilihan di Citra Garden 2 lalu ke titik pemilihan di Citra Garden 5 dan diberikan ke Depo Daur Ulang Tzu Chi.

Beberapa Warga dari Perumahan Citra Garden 5 juga ada yang bergotong royong mengolah barang-barang daur ulang dengan relawan Tzu Chi. Baik basah, lengket, kotor, semua barang daur ulang ini akan dibersihkan, dipilah, diolah, dan dimasukkan ke dalam karung, kantong atau dus terlebih dahulu sebelum dibawa oleh mobil relawan Tzu Chi dari titik pemilihan di Citra Garden 2 lalu ke Depo Daur Ulang Tzu Chi.

Relawan berharap semoga semua yang hidup di Bumi yang sama selalu hidup selaras dengan alam sehingga bencana jarang terjadi lagi dan akhirnya kita dapat hidup damai dan tenteram.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menyebarkan Semangat Pelestarian Lingkungan

Menyebarkan Semangat Pelestarian Lingkungan

25 Februari 2016

Melalui semangat pelestarian lingkungan, para relawan berusaha mengajak lebih banyak orang untuk turut berpartisipasi dalam melakukan kegiatan daur ulang. Usaha tersebut tampaknya tidak sia-sia, hal ini terbukti dari beberapa warga yang tinggal di sekitar Kompleks Perumahan Taman Harapan Indah yang senantiasa mengumpulkan barang bekas untuk kemudian diserahkan kepada para relawan Tzu Chi.

Jiayou! Semangat Menggarap Ladang Berkah

Jiayou! Semangat Menggarap Ladang Berkah

31 Mei 2023

Ada wajah-wajah baru relawan muda yang ikut berpartisipasi di kegiatan Pelestarian Lingkungan dan Bedah Buku yang diadakan oleh komunitas relawan Tzu Chi yakni  Xie Li Selatan di Sekolah Surya Dharma.

Semangat Muda Menyelamatkan Dunia

Semangat Muda Menyelamatkan Dunia

13 Juni 2016

Minggu, 12 Juni 2016, Tzu Ching Binus mengadakan Waves (We Are Vegetarian and Earth Saviors) untuk membersihkan beberapa ruas jalan di wilayah kelurahan Palmerah, Jakarta Barat. dan berkreasi menggunakan barang-barang bekas.

Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -