Setetes Darah Menyelamatkan Banyak Jiwa

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung, Pepeng Kuswati tengah menenangkan Valerina Desvillia, salah satu peserta yang baru pertama kali mengikuti kegiatan donor darah.

Hampir dua tahun Tzu Chi Bandung tidak menggelar kegiatan bakti sosial donor darah karena pandemi Covid-19. Kemudian di saat angka pasien Covid-19 di Indonesia melandai, relawan Tzu Chi Bandung mulai mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada 8 Desember 2021. Kegiatan donor darah yang menerapkan protocol kesehatan ketat ini juga bekerja sama dengan PT. Gistex Textile Division di Kabupaten Bandung.

Antusias para peserta donor darah yang terdiri dari relawan dan karyawan PT. Gistex Textile Division sangat baik. Para pendonor sangat bahagia karena dapat menolong orang yang membutuhkan transfusi darah lewat kegiatan ini. Salah satu pendonor, Valerina Desvillia mengaku sangat bahagia karena ini pertamakalinya ia mendonorkan darah.

Para peserta didominasi karyawan dari PT. Gistex Textile Division. Dari 150 orang peserta yang mendaftar, 120 peserta yang lolos screening kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya.

“Memang dari dulu pengen coba donor darah tapi banyak kendala. Jadi pas kali ini ada di PT. Gistex ya udah cobain dan lolos, ini pertama kalinya saya donor. Pengenya sih bisa rutin ya donor darah, soalnya baik untuk kesehatan dan bisa berguna untuk yang membutuhkan,” ujar Valerina Desvillia.

Kegiatan ini selain untuk menjalin jodoh baik, juga menjadi ladang berkah bagi relawan serta orang yang mendonorkan darahnya. Pepeng Kuswati, relawan Tzu Chi Bandung berharap dengan adanya kegiatan ini bisa banyak orang yang tertolong.

“Hari ini kita mengadakan bakti sosial donor darah di PT. Gistex Textile Division. Kegiatan ini sangat mulia, dari tetesan darah bisa menyelamatakan jiwa orang banyak. Semoga ini menjadi ladang berkah untuk mereka yang mendonorkan darahnya dan banyak orang yang bisa tertolong,” ujar Pepeng penuh syukur.

Binbin Irawan (kiri) selaku Humas PMI Kabupaten Bandung melakukan screening kesehatan kepada salah satu peserta donor darah.

Dari 150 peserta yang mendaftar, hanya 120 peserta yang lolos tes kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh Humas PMI Kabupaten Bandung, Binbin Irawan. Menurutnya kegiatan ini sangat baik dilakukan apa lagi mejelang akhir tahun biasanya permintaan darah meningkat.

"Saya menyambut baik kegiatan ini ya, apalagi di penghujung tahun biasanya permintaan darah meningkat. Meski jumlah kantong darah yang terkumpul hari ini belum mencapai target, tapi setidaknya bisa menyelamatkan banyak orang," kata Binbin Irawan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Share Your Blood Share Your Care

Share Your Blood Share Your Care

03 November 2014 Untuk menyambut momen bahagaia ini, Tzu Chi Palembang melakukan kegiatan donor darah bersama PMI dengan tema “Share Your Blood Share Your Care“ pada tanggal 19 Oktober 2014 di Kantor Penghubung Palembang. Kegiatan ini untuk menghimpun dan menumbuhkan hati welas asih yang dimiliki setiap manusia untuk saling berbagi satu sama lain serta menjaga kondisi tubuh agar lebih sehat.
Donor untuk Keselamatan Jiwa

Donor untuk Keselamatan Jiwa

31 Mei 2017

Dalam memeperingati Hari Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, relawan Tzu Chi Aceh  mengadakan kegiatan donor darah yang berlokasi di Vihara Dewi Samudera Banda Aceh pada tanggal 14 Mei 2017. Sebanyak 64 kantong darah berhasil dikumpulkan.

 Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

Sebungkus Darah, Sejuta Kebaikan

03 September 2019

Donor darah ini rutin dilakukan di Depo Pelestarian Lingkungan Titi Kuning, Medan. Dalam kegiatan kali ini, Minggu, 25 Agustus 2019, sebanyak 72 kantong darah terkumpul dari para donor.

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -