Mewariskan Pendidikan Cinta Kasih dalam Pelatihan Relawan

Jurnalis : Felicite Angela Maria (He Qi Pusat), Fotografer : Susi Christine, Efendi Wijaya (He Qi Pusat)

Sebanyak 88 relawan abu putih yang berasal dari berbagai latar belakang dan beberapa calon relawan baru mengikuti Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 yang diadakan relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat.

Pada Minggu, 22 Oktober 2023 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat mengadakan Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 di ruang Guo Yi Ting, Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini diikuti oleh 88 relawan yang berasal dari berbagai latar belakang dan beberapa calon relawan baru.

Setelah melakukan penghormatan kepada Master Cheng Yen dan pembacaan 10 Sila Tzu Chi, relawan Adi Nugroho Tanujaya sebagai pemandu acara pelatihan segera membuka kelas pertama. Materi yang pertama dipaparkan oleh oleh relawan Nurfitini mengenai kehidupan awal jalinan jodoh Master Cheng Yen dan para shifu Griya Jing Si, yang menjadi cikal bakal terbentuknya Tzu Chi.

Setelah rehat dan selingan penampilan bahasa isyarat tangan oleh relawan, materi pelatihan dilanjutkan dengan paparan mengenai Misi Budaya Humanis Zhen Shan Mei oleh relawan Stephen Ang, kemudian tentang Misi Amal Tzu Chi yang dibawakan oleh relawan Eva Tajuddin, pengenalan DAAI TV oleh relawan Nadya Dharma, dan keorganisasian Tzu Chi oleh relawan Noni Thio.

Salah satu relawan abu putih melakukan registrasi pendaftaran sebelum ikut dalam Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1.

Salah satu pembicara dalam Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1, Stephen Ang membawakan materi tentang Misi Budaya Humanis Zhen Shan Mei.

Yang menarik dalam kegiatan ini adalah sebagian besar pembawa materi, pemandu acara, koordinator lapangan, dan penanggung jawab umum kegiatan pelatihan adalah relawan berseragam abu putih. Salah satunya Novita Lie Sera atau yang akrab disapa Sera.
Sera, merupakan relawan abu putih yang ditunjuk sebagai asisten penanggung jawab umum dalam kegiatan pelatihan ini. Ia merasa tertantang dengan tugas barunya, sekaligus juga merasa tersentuh dan semakin bersemangat. Sera pun bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk belajar dan berkembang.

“Ketika ditunjuk sebagai asisten penanggung jawab umum, saya merasa banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti barang-barang keperluan dan koordinasi dengan berbagai divisi. Namun, saya juga sangat bersyukur karena banyak relawan senior yang menyambut dengan baik dan membimbing," ungkap Sera.

Novita Lie Sera atau yang akrab disapa Sera (belakang) memperagakan bahasa isyarat tangan.

Sera juga merasa tersentuh dan semakin bersemangat mengemban tugas sebagai penanggung jawab pelatihan, ungkapnya, “Sera belajar banyak belajar, karena relawan senior memberikan kesempatan. Saya berharap semakin banyak orang yang bergabung dengan Tzu Chi dan memahami filosofi Tzu Chi,” tandas Sera disela-sela kegiatan pelatihan.

Sesuai dengan ajaran Master Cheng Yen bahwa teladan adalah cara terbaik untuk mengarahkan orang lain. Cinta kasih akan semakin tumbuh berkembang jika dibagikan. Keyakinan, keuletan, dan keberanian adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Pendidikan terbaik merupakan proses mewariskan cinta kasih dan rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dalam Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 ini, relawan juga menampilkan bahasa isyarat tangan.

Pelatihan Relawan Abu Putih ke-1 di komunitas He Qi Pusat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini menjadi sarana bagi para relawan untuk belajar tentang Filosofi dan Misi Tzu Chi. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para relawan abu putih untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kekayaan Batin dapat Tercapai dengan Mengendalikan Emosi, Bersabar, dan Berpuas Hati

Kekayaan Batin dapat Tercapai dengan Mengendalikan Emosi, Bersabar, dan Berpuas Hati

03 April 2024

Tzu Chi Batam mengadakan pelatihan relawan Abu Putih (AP) ke-2 dengan mengusung tema Mempraktikkan Kebajikan di Dunia dan Mewariskan Cinta Kasih, yang dihadiri 122 orang.

Menelusuri Jalan Kewelasasihan dengan Penuh Tekad

Menelusuri Jalan Kewelasasihan dengan Penuh Tekad

27 Juli 2023

Pelatihan Relawan Abu Putih ke-3 yang diadakan komunitas He Qi Utara 2 pada 23 Juli 2023 berlangsung khidmat. Acara yang berlangsung di Aula Jing Si ini dihadiri 47 relawan komite dan calon komite, serta sekitar 65 relawan Abu Putih yang hadir sebagai pesertanya. 

Semangat Belajar Mengenal Tzu Chi

Semangat Belajar Mengenal Tzu Chi

08 Maret 2024

Tzu Chi Makassar mengadakan  Pelatihan Relawan Abu Putih 1  di Kantor Tzu Chi Makassar (27/02/2024). Di sesi pertama, peserta diajak melihat video sejarah berdirinya Tzu Chi dan semangat celengan bambu.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -