Muda-mudi Tzu Chi di Lima Kota Ini Kompak Bagikan Makanan Berbuka Puasa

Jurnalis : Valeska Vania Lee (Tzu Ching Tangerang) , Fotografer : Dokumentasi Tzu Ching Indonesia

Sebanyak 225 paket makanan berisi nasi, sayur, kue, kurma, dan air mineral dibagikan Tzu Ching Medan di sekitar Honda IDK 1.

Mengawali bulan puasa Ramadan 1444 Hijriah, perkumpulan muda-mudi Tzu Chi (Tzu Ching) dari berbagai kota serempak membagikan makanan untuk berbuka puasa, Minggu 26 Maret 2023. Para insan Tzu Ching dari lima kota yaitu Medan, Pekanbaru, Jakarta-Tangerang, Bandung, hingga Tzu Ching Makassar dengan antusias membagikan paket makanan di kota masing-masing kepada masyarakat yang membutuhkan.

Di mulai dari Tzu Ching Medan, para relawan berkumpul sejak pukul 13.00 WIB di Kantor Tzu Chi Medan menyiapkan sebanyak 225 paket makanan berisi nasi, sayur, kue, kurma, dan air mineral. Relawan Tzu Ching lalu berpindah lokasi menuju titik pembagian yaitu di kawasan Honda IDK 1. Paket makanan pun dibagikan kepada pengguna jalan yang melintas tanpa memandang ras dan agama, baik kepada pengemudi ojek online, angkutan umum, becak, dan pengemudi sepeda motor. Pembagian 225 paket makanan ini selesai dibagikan pada pukul 17.30 WIB.

Relawan Tzu Ching, Xue Zhang Jie, relawan umum, dan relawan komite Tzu Chi Pekanbaru berfoto bersama setelah acara pembagian paket makanan.

Tzu Ching di Pekanbaru juga turut berbagi kebahagiaan kepada masyarakat sekitar Kantor Tzu Chi Pekanbaru, petugas kepolisian, dan tahanan di Polsek Sukajadi, Pekanbaru. Sebanyak 314 paket makanan yang berisi bihun, gorengan, kue, dan minuman ini disiapkan dari pukul 13.00  hingga 16.30 WIB.

Kemudian paket makanan mulai dibagikan kepada masyarakat sekitar dan diantar ke Kantor Polsek hingga pukul 17.30 WIB. Pembagian makanan di Pekanbaru ini diikuti 25 relawan Tzu Ching, Xue Zhang Jie (kakak kelas Tzu Ching), relawan umum, hingga relawan komite untuk turut bersama berbuat kebaikan.

Warung Cinta Kasih menjadi tema pembagian makanan berbuka puasa gratis oleh Tzu Ching Jakarta dan Tangerang.

Adapun Tzu Ching dari Jakarta - Tangerang juga membagikan makanan gratis dengan nama "Warung Cinta Kasih". Acara yang telah dilakukan sebanyak dua kali ini dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang, dari pukul 15.00 WIB dan berakhir pukul 18.00 WIB. Sebanyak 62 relawan membagikan 1.000 nasi bungkus vegetarian dengan konsep prasmanan kepada masyarakat di sekitar TPA, pengguna jalan yang melintas, serta petugas kebersihan yang bekerja di TPA.

Selain menjadi sarana berbagi, pembagian paket makanan di TPA ini juga menjadi sarana introspeksi bagi para relawan agar semakin bijak terhadap penggunaan barang sekali pakai maupun sampah yang dihasilkan, mengingat penampakan TPA yang terlihat jelas di depan mata.

Relawan Tzu Ching, Tzu Shao, dan relawan umum Bandung berfoto bersama keranjang paket makanan yang akan dibagikan.

Tzu Ching Bandung juga membagikan makanan ringan untuk berbuka puasa di sekitar Aula Jing Si, Bandung. Kue cupcake dan minuman jelly yang disiapkan sebanyak 163 paket dibagikan kepada petugas kebersihan, penjaga parkir, buruh harian, satpam, dan masyarakat yang membutuhkan. Total 38 relawan yang terdiri dari Tzu Ching, Xue Zhang Jie, dan relawan senior menyiapkan paket makanan ini sejak pukul 13.00 WIB hingga pembagian selesai pukul 18.05 WIB.

Kesempatan untuk berbagi juga digenggam oleh Tzu Ching Makassar. Para relawan menyiapkan menu nasi kotak vegetarian dan es buah sebanyak 500 paket sejak pukul 12.00 – 16.30 WITA untuk dibagikan kepada masyarakat. Pembagian paket makanan dilakukan di empat lokasi berbeda, yaitu di Jalan Achmad Yani, Jalan Mesjid Raya, Jalan Botolempangan, dan Jalan Bandang, sehingga 23 relawan yang turut serta dibagi menjadi beberapa tim per lokasi.

Relawan Tzu Ching di Makassar berhasil membagikan 500 paket menu nasi kotak vegetarian dan es buah.

Penyaluran makanan menargetkan para pengendara jalan terutama pengendara becak, ojek online, supir angkot ‘pete-pete’, serta penjaga parkir. Hujan yang sempat melanda tidak menyurutkan semangat para relawan. Pembagian makanan oleh Tzu Ching Makassar tetap berjalan lancar hingga akhir selesai pembagian pada pukul 18.00 WITA.

Ketua Tzu Ching Indonesia, Hendy Tjahja, mengungkapkan tujuan diadakannya pembagian makanan gratis ini adalah agar para muda-mudi Tzu Ching dapat berbagi dengan umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. “Sehingga nilai toleransi pun dapat dipetik dari acara ini,” kata Hendy.

Ketua Tzu Ching Indonesia, Hendy (kiri) berpesan agar muda-mudi Tzu Chi di seluruh Indonesia terus semangat dalam berbuat kebaikan.

Hendy yang turut serta dalam pembagian paket makanan gratis di Tzu Ching Jakarta – Tangerang juga berpesan agar teman-teman Tzu Ching di seluruh Indonesia dapat terus semangat dalam berbuat kebaikan dan menanam benih kebajikan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menjalin Tali Silaturahmi dengan Para Seniman Bangunan

Menjalin Tali Silaturahmi dengan Para Seniman Bangunan

17 April 2023

Pembangunan Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun tak lepas dari peran dan kerja keras para seniman (pekerja) bangunan. Untuk mengapresiasi mereka, relawan Tzu Chi mengadakan kegiatan buka puasa bersama. 

Buka Puasa Lintas Iman yang Digelar DAAI TV, Tak Kalah Seru dari War Takjil

Buka Puasa Lintas Iman yang Digelar DAAI TV, Tak Kalah Seru dari War Takjil

28 Maret 2024

Tren war takjil ramai dibahas di media sosial. Sebuah tren yang sangat positif karena mampu merekatkan persaudaraan antar umat beragama. Di bulan Ramadan ini, DAAI TV juga punya gawe yang tak kalah keren, yakni buka puasa bersama lintas iman.

Merasakan Kehangatan Kasih Sayang di Dunia

Merasakan Kehangatan Kasih Sayang di Dunia

28 Mei 2019
Minggu, 26 Mei 2019, Pukul 15.00 relawan Tzu Chi mengadakan acara Pemberian Bantuan dan Pelatihan Relawan Abu Putih yang diakhiri dengan kegiatan Berbuka Puasa Bersama.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -