Paket Beras Untuk Warga Desa Rahayu

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Yetti salah satu warga Desa Rahayu menerima bantuan beras dan masker medis dari Tzu Chi Bandung.

Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan Pondok Pesantren Darul Ma’arif membagikan beras sebanyak 620 paket beras dan 6.200 pcs masker medis (@beras 5 kg dan masker 10 pcs) bagi warga kurang mampu dan warga yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19 di Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung pada Minggu, 28 November 2021.

Pembagian paket beras berlangsung pukul 08.00 WIB. Sebelumnya, kupon terlebih dulu dibagikan secara door to door ke rumah warga dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi penerima kupon bila ke depannya ada yang membutuhkan bantuan lanjutan.

Ketua Pondok Pesantren Darul Ma’arif, K.H Sofyan Yahya, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini untuk sebgai menghidupkan nilai-nilai kemanusiaan yang harus dilakukan di masyarakat.

Henking Wargana, Wakil Ketua Tzu Chi Bandung secara simbolis menyerahkan bantuan beras kepada salah satu warga penerima bantuan di Desa Rahayu.

Sofyan Yahya (Kiri) bersama Herking Wargana (kanan) menandatangani MoU kerja sama Tzu Chi Bandung dan Pondok Pesantren Darul Ma’arif untuk senantiasa menjalin jodoh baik dan menebar kebajikan.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan ini terus berlanjut dan ini adalah untuk menghidupakan nilai-nilai kemanusiaan di masyarakat. Yayasan Buddha Tzu Chi itu turun dimana-mana. Ada bencana, Yayasan Budha Tzu Chi paling depan, apalagi sekarang kita lagi pandemi Covid-19. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi ini bermanfaat khususnya untuk masyarakat kecil,” ujarnya.

Pondok Presantren Darul Ma’arif merupakan pondok pesantren yang tidak asing bagi Tzu Chi Bandung karena kerap kali bekerja sama dengan Tzu Chi dalam kegiatan amal dan kesehatan. Hal inilah yang mendorong Tzu Chi terus menjalin jodoh dengan pesantren tersebut.

“Kami yakin kedepanya kerja sama ini akan semakin erat, karena K.H.Sofyan Yahya juga memiliki visi yang sama untuk mensejahterakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat supaya bisa hidup mandiri. Semoga bantuan ini bisa berguna terutama untuk masyarakat di Desa Rahayu ini,” ungkap Henking Wargana, Wakil Ketua Tzu Chi Bandung.

Tzu Chi Bandung membagikan paket bantuan sebanyak 620 paket yang masing masing berisikan beras 5 kg dan masker media 10 pcs.

Murid Kelas Budi Pekerti Tzu Chi Bandung juga diajak untuk ikut menyerahkan beras kepada warga Desa Rahayu.

Kegiatan ini sangat dirasakan oleh para warga penerima bantuan, salah satunya Yetti. Ibu paruh baya ini sangat terbantu dengan adanya bantuan beras dan masker medis ini karena ia sangat merasakan dampak dari pandemi. Suaminya yang bekerja hanya sebagai buruh serabutan sangat kesulitan untuk mendapat penghasilan. Di masa pandemic, suaminya hampir tidak mendapat pekerjaan.

Alhamdulillah, senang merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini. Jadi yang kurang mampu itu kebantu ya, seperti saya yang pekerjaan suaminya cuman buruh. Ngerasa terbantu sekali karena sebelum saya tidak mendapat bantuan dari manapun, dan baru kali ini dari Yayasan Tzu Chi,” ujar Yetti.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan dengan Paket Beras Imlek

Berbagi Kebahagiaan dengan Paket Beras Imlek

24 Januari 2022

Tzu Chi memberikan bantuan 300 paket beras kepada warga Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang yang merayakan Imlek dan yang membutuhkan.

Bantuan untuk Para Pengemudi Ojek Online di Masa PPKM

Bantuan untuk Para Pengemudi Ojek Online di Masa PPKM

05 November 2021

Relawan Tzu Chi Bandung membagikan 600 paket bantuan kepada para pengemudi ojek online dan supir angkutan kota di SPBU Panghegar Mitra Abadi, Bandung, Jawa Barat.

Kickoff Bakti Sosial Imlek Nasional 2022: Berbagi Sepuluh Kilogram Beras, Berbagi Kebahagiaan

Kickoff Bakti Sosial Imlek Nasional 2022: Berbagi Sepuluh Kilogram Beras, Berbagi Kebahagiaan

07 Februari 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan Kickoff Bakti Sosial Imlek Nasional 2022 yang dihadiri oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -