Paket Cinta Kasih Imlek di Tualang, Riau

Jurnalis : Irmai (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Erna, Sastri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan bergotong royong mengantarkan paket sembako ke rumah-rumah warga yang terdata.

“Hidup Manusia Tidak Kekal. Bersumbangsihlah Saat Anda Dibutuhkan, dan Lakukanlah Selama Anda Masih Bisa Melakukannya.” Kata Perenungan Master Cheng Yen

Lepas waktu istirahat, 8 relawan Tzu Chi APP Sinar Mas bergegas menuju Rumah Pintar Abdul Wahid. Di tempat ini, Mettayani, Ketua Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang sudah menanti untuk berkoordinasi dengan relawan. Hari itu relawan akan membagikan paket sembako untuk 35 warga kurang mampu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Sembako yang berisi beras 5 kg, telur 1 papan, dan minyak goreng 2 liter ini diharapkan bisa membantu warga dalam menyambut hari Imlek.

Paket sembako ini untuk membantu warga Tionghoa dalam merayakan hari raya Imlek.

Kegembiaraan bukan hanya dirasakan warga penerima paket sembako, tetapi juga dirasakan relawan yang terlibat.

Setelah berkoordinasi, langkah relawan dimulai dengan menyambangi rumah warga di Jl. Indah Kasih. Di sana, relawan membagikan paket sembako untuk dua warga yang rumahnya berdekatan. Dengan menggunakan mobil dan motor, relawan lalu pindah menuju Wihara Dhamma Santi Perawang untuk memberikan paket sembako untuk penjaga wihara. Di tengah pembagian, dua relawan harus kembali ke tempat kerja dan enam relawan melanjutkan pembagian paket sembako ke rumah-rumah warga yang sudah terdata. Hujan sempat mengguyur ketika proses pembagian paket sembako dilakukan. Beruntung hujan tidak terlalu lama, sehingga relawan bisa kembali mengunjungi warga.

Salah satu warga penerima bantuan ini adalah Asim. Ia tinggal bersama suami yang bekerja serabutan. “Saya sangat senang hati menerima bantuan ini. Sangat membantu saya dalam merayakan Imlek. Terima kasih semuanya,” ujarnya.

Dari pembagian paket sembako ini, relawan bisa mengenal warga sekitar yang masih membutuhkan perhatian.

Paket sembako ini akan habis setelah selesai dikonsumsi, tetapi cinta kasih yang terjalin akan terus abadi.

Kesan mendalam dirasakan Erna, salah satu relawan. Ia sepenuh hati mencurahkan tenaga serta perhatian kepada penerima bantuan, tak peduli hujan dan tiba-tiba terik lagi tapi tetap semangat menyebarkan cinta kasih buat sesama. Serta rasa senang bisa membantu dan melihat wajah bahagia dari penerima bantuan. “Mesti tadi sempat hujan, tapi ikut senang ya bisa ikut membantu dan melihat wajah bahagia dari orang-orang yang kita bantu,” tuturnya.

Tepat pukul 18.00 WIB, semua paket sembako sudah diserahkan kepada 35 orang penerima bantuan. Senyum kebahagiaan terpancar dari wajah para relawan karena sudah berbagi cinta kasih dan kebahagiaan kepada sesama.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

7.000 Paket Imlek untuk Warga Jabotabek dan Karawang

7.000 Paket Imlek untuk Warga Jabotabek dan Karawang

17 Januari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 7.000 paket sembako kepada warga yang merayakan Imlek dan warga yang membutuhkan ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Karawang.

Tzu Chi Makassar Sambut Imlek dengan Berbagi Bingkisan kepada Warga Prasejahtera

Tzu Chi Makassar Sambut Imlek dengan Berbagi Bingkisan kepada Warga Prasejahtera

13 Januari 2023

Tzu Chi Makassar membagikan 600 paket bingkisan dalam kegiatan Pembagian Bingkisan Imlek sebagai bentuk kepedulian kepada keluara prasejahtera Tionghoa dalam rangka perayaan Imlek 2574.

Paket Cinta Kasih Imlek di Tualang, Riau

Paket Cinta Kasih Imlek di Tualang, Riau

26 Januari 2023

Menjelang Imlek, 35 warga kurang mampu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau mendapatkan bantuan paket sembako dari relawan Tzu Chi APP Sinar Mas pada Kamis, (19/1/23). 

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -