7.000 Paket Imlek untuk Warga Jabotabek dan Karawang

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Relawan Tzu Chi Jakarta dan Karawang menyerahkan paket Imlek 2023 berupa sembako  kepada warga Desa Cemarajaya di halaman Wihara Manggala, Desa Cemarajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menyambut perayaan Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023 nanti, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 7.000 paket sembako kepada warga yang merayakan Imlek dan warga yang membutuhkan ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Karawang. Kickoff kegiatan ini diadakan pada Sabtu, 14 Januari 2023 di Wihara Manggala, Cemarajaya, Kec. Cibuaya, Karawang, Jawa Barat dan diikuti oleh relawan Tzu Chi Jakarta serta Karawang.

Secara geografis, Desa Cemarajaya lokasinya berada di pesisir pantai yang berada jauh di sebelah utara Kota Karawang. Di desa tersebut, penghuninya juga menganut bermacam-macam keyakinan seperti Kristen, Buddha, Konghucu, dan Islam yang sejak dulu hidup berdampingan. Warganya pun rata-rata bermatapencaharian sebagai nelayan, buruh tambak, dan pedagang dengan tingkat ekonomi rendah.

Koordinator pembagian paket Imlek 2023 di Kabupaten Karawang, Rubbyanto (kiri) dan Kaur Umum Desa Cemarajaya, Fendi Aryanto memberikan kata sambutan dalam kegiatan pembagian paket Imlek 2023 di Wihara Manggala, Desa Cemarajaya.

Antusias warga Desa Cemarajaya sebelum mendapatkan paket Imlek 2023 dari Tzu Chi. Sebelumnya mereka mendapatkan kupon dari Tzu Chi melalui pihak Wihara Manggala untuk ditukarkan dengan paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula, mi instan, masker medis, dan dodol.

Kegiatan kickoff pembagian paket Imlek 2023 ini diawali dengan sambutan dari pihak Wihara Manggala, perwakilan Desa Cemarajaya, dan perwakilan dari Tzu Chi Indonesia. Setelah itu dilakukan penyerahan bantuan paket Imlek kepada warga secara simbolis kepada beberapa warga. Sedangkan warga lainnya juga diberikan pengarahan oleh relawan terkait alur pengambilan bantuan.

“Saya mewakili pemerintahan dan masyarakat Desa Cemarajaya sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Bantuan ini sangat membantu, mengingat desa kami masih tertinggal dan miskin ekstrem. Mewakili masyarakat, saya sangat berterima kasih kepada relawan Tzu Chi Jakarta dan Karawang dalam kesempatan ini,” kata Fendi Aryanto, Kaur Umum mewakili Kepala Desa Cemarajaya.

Sebelum pembagian paket Imlek 2023 di Kabupaten Karawang, relawan Tzu Chi juga mengarahkan para warga agar tertib dan mengikuti aturan pada saat pembagian.

Walaupun cuaca terik, dengan sabar warga Desa Cemarajaya menunggu giliran untuk menukarkan kupon yang sebelumnya didapatkan dari pihak wihara dengan paket sembako. Setelah menerima paket bantuan Imlek, wajah wajah ceria pun mulai tampak di halaman depan Wihara Manggala. “Bahagia, senang dikasih sembako. Bisa buat tambah-tambah jualan, bisa menghemat juga kan beli berasnya harian,” kata Sanyih (52), warga Desa Cemarajaya penuh sukacita.

Setiap hari, Sanyih tinggal bersama suaminya yang bekerja sebagai pengemudi ojek. Sedangkan anak-anaknya sudah tidak tinggal bersama karena sudah berkeluarga dan bekerja di wilayah lain. Sanyih pun bersyukur karena menjelang Imlek ia dan warga Desa Cemarajaya lainnya mendapatkan perhatian dari Tzu Chi. “Terima kasih banyak ke Tzu Chi karena dapat sembako, bisa buat Imlek,” ungkap Sanyih.

Tanyoh, warga Desa Cemarajaya berdiri didepan rumah kontrakannya yang terbuat dari anyaman bambu. Ia pun bersyukur mendapatkan bantuan paket Imlek dari Tzu Chi.

Kebahagiaan mendapatkan bantuan berupa paket Imlek juga dirasakan Tanyoh warga Desa Cemarajaya yang beragama Nasrani. Walaupun masih diliputi rasa duka setelah suaminya meninggal di awal-awal tahun 2023, bantuan paket Imlek ini sedikit meringankan bebannya. Sepeninggal suaminya, Tanyoh tinggal sendirian di rumah kontrakan yang terbuat dari bilik bambu. Empat orang anaknya sudah tidak tinggal bersama karena bekerja di wilayah Bekasi dan Jakarta. “Seneng banget, jadi nggak belanja. Terima kasih banyak buat Tzu Chi udah dikasih bantuan beras, sembako,” kata Tanyoh.

Selain di Wihara Manggala, relawan Tzu Chi Jakarta dan Karawang juga menuju lokasi pembagian paket Imlek lainnya yaitu di Wihara Vessantara yang letaknya perbatasan antara Kabupaten Karawang dan Bekasi. Di lokasi ini, warga juga antusias menunggu kedatangan relawan Tzu Chi untuk membagikan paket Imlek.

Erni (40) bersama ibunya Wawah membawa paket Imlek dari Tzu Chi menggunakan motor dari Wihara Vessantara menuju rumahnya di Desa Kertajaya, Kec. Pebayuran, Kab. Bekasi.

Erni (40), warga Desa Kertajaya, Kec. Pebayuran, Kab. Bekasi yang datang bersama ibunya Wawah merasa senang dengan adanya paket bantuan Imlek dari Tzu Chi di Wihara Vessantara. Ia pun bersyukur karena dapat menghemat terutama menjelang perayaan Imlek.

"Hemat sekitar seminggu, uangnya bisa buat yang lain. Di rumah merayakan Imlek, ini membantu sekali. Saya banyak-banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena sudah membagikan sembako ini bagi masyarakat," kata Erni.

Membantu Meringankan Beban Warga
Paket bantuan Imlek 2023 di wilayah Kabupaten Karawang ini terdiri dari beras ukuran 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, mi DAAI 20 pcs, masker medis, dan dodol dengan total jumlah 1.660 paket. Seluruh paket kemudian dibagikan selama 2 hari (14-15 Januari 2023) ke 7 wihara yang berada di Kabupaten Karawang dan sekitarnya yaitu Wihara Manggala, Wihara Buddha Dharma, Wihara Buddha Guna, Wihara Buddha Loka, Wihara Bodhi Diepa, Wihara Surya Adhiguna, dan Wihara Vessantara (Kabupaten Bekasi).

Kebahagiaan warga Kabupaten Karawang mendapatkan bantuan paket Imlek di Wihara Wihara Vessantara yang letaknya di perbatasan antara Kabupaten Karawang dan Bekasi.

Koordinator pembagian paket Imlek 2023 di Kabupaten Karawang, Rubbyanto merasa bersyukur dengan adanya bantuan untuk warga kabupaten Karawang dan sekitarnya. Ia pun berharap paket Imlek yang diterima warga dapat meringankan beban serta membantu warga khususnya yang merayakan Imlek.

"Harapannya bisa meringankan kehidupan mereka walaupun sedikit. Kita berharap para warga juga tumbuh cinta kasih setelah menerima bantuan dari Tzu Chi. Dengan sembako ini, diharapkan mereka bisa memasak atau membuat sesuatu dalam merayakan Imlek," jelas Rubbyanto.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Paket Sembako untuk Menyambut Tahun Baru Imlek di Wilayah Lampung

Paket Sembako untuk Menyambut Tahun Baru Imlek di Wilayah Lampung

19 Januari 2023

Kamis, 12 Januari 2023 Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Lampung mengadakan pembagian sembako dalam rangka menyambut tahun baru Imlek.

Bersama Menghimpun Cinta Kasih dalam Perayaan Imlek 2023

Bersama Menghimpun Cinta Kasih dalam Perayaan Imlek 2023

27 Januari 2023

Cuaca di Minggu siang itu sangat terik, tapi tak menjadi penghalang bagi 34 insan Tzu Chi menuju Vihara Dharma Ratna di Jalan Husein Sastranegara, Kec. Benda, Kota Tangerang, Banten. 

Berbagi Kasih di Tahun Kelinci Air

Berbagi Kasih di Tahun Kelinci Air

26 Januari 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat Xie Li Jembatan Lima menyambut tahun baru Imlek 2023 dengan berbagi kasih kepada umat Wihara Karuna Murti. Pada kesempatan itu, relawan memberikan 100 paket Imlek.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -