Paket Cinta Kasih untuk Warga Panunggangan

Jurnalis : Yuliawati, Wanda, Beti Nurbaeti (Tzu Chi Tangerang), Fotografer : Binawan T, Wanda, Vivi, Yuliawati, Ren Wen, Anton, Hendrik (Tzu Chi Tangerang)
Sebelum membagikan Paket Lebaran, relawan melakukan survei, menyusuri rumah-rumah warga agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.
Sabtu pagi yang cerah,15 Apil 2023, relawan Tzu mulai berdatangan mempersiapkan penyaluran 1.650 Paket Hari Raya Idul Fitri 2023. Pembagian dilakukan di dua lokasi untuk menghindari penumpukan antrean. Sepekan sebelumnya, 9 April 2023 relawan Tzu Chi membagikan kupon ke rumah-rumah warga. Pembagian kupon ini dilakukan agar bantuan  tepat sasaran.

Sebanyak 30 relawan Tzu Chi Tangerang membagikan kupon sembako kepada warga yang kurang mampu di sekitar Lapangan Kebon Toke dan Kelurahan Panunggangan Barat Kota Tangerang. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Tzu Chi Tangerang dengan pihak Kelurahan Panunggangan Barat, Cibodas Kota Tangerang.

Dalam setiap kegiatan kemanusiaan, selalu terselip berbagai kisah yang menginspirasi. Kali ini, keharuan dirasakan lay Siu Tju, relawan Tzu Chi Tangerang yang ikut membagikan kupon ke rumah-rumah warga. “Beberapa kali saya terlibat di acara pembagian kupon, dan hal yang selalu saya rasakan adalah bersyukur dan bersukacita bisa melihat senyum para penerima kupon Ramadan ini,“ ungkapnya.

Menyusuri gang-gang sempit di cuaca panas terik tidak mengganggu konsentrasi relawan murah senyum ini, “Seulas senyum dari penerima bantuan (sembako) membuat panas terik tak terasa lagi,” kata Lay Siu Tju.

Sangat Membantu Warga


Sejak pagi para relawan berkumpul dan langsung bergerak menyusun barang bantuan di Kantor Kelurahan Pananggungan.


Edi Sheen dan Lannio, relawan Tzu Chi tengah memberikan arahan dan berinteraksi dengan warga sebelum pembagian paket lebaran. 

Fitdina Aprianto (31), Lurah Panunggangan Barat mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan para relawan yang terlibat, karena masyarakat kami mendapatkan 1.650 paket bantuan sembako berupa 10 kg beras dan 20 bungkus Mi DAAI dalam rangka bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri 2023. Semoga hubungan baik ini dapat berlanjut terus sehingga masyarakat kami dapat terbantu, tetapi juga semoga masyarakat kami juga bisa ke next level menjadi  lebih mandiri dalam arti yang tadinya menerima nanti bisa memberi, jadi ada peningkatan taraf hidup.“

Ibu Odah (70), warga yang menerima paket lebaran sangat bersyukur dan berterima kasih, dengan bantuan ini ia tak risau lagi. "Karena anak yang tinggal serumah berumur 30 tahunan sedang mengganggur, biasanya jadi kuli bangunan, kerja serabutan atau ngojek. Tapi karena motor milik abangnya lagi tidak ada, jadi tidak bisa ngojek,” jelasnya. Ibu Odah juga menjelaskan jika anak-anaknya yang lain tinggal di Batuceper dan Bekasi, sedangkan yang tinggalnya lebih dekat suaminya sudah pensiun dari pekerjaannya. “Semoga bisa dibantu lagi sama Yayasan Buddha Tzu Chi setiap tahun,” harapnya dengan mata berkaca kaca.



Penerima paket lainnya adalah Wati, seorang janda yang sehari-hari bekerja di TPU Betet di Kel. Panunggangan Barat. Wati mengaku baru pertama kali mendapat bantuan sembako dan sangat bersyukur karena bantuan ini dapat meringankan beban hidupnya berdua bersama cucunya.
Warga bahagia menerima bantuan, relawan pun bersuka cita karena dapat memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Seperti dirasakan Lannio, relawan Tzu Chi yang menjadi koordinator kegiatan pembagian paket ini. “Sukanya seneng ya bisa berbagi ke warga di Panunggangan Barat ini, mereka mayoritas pekerjaannya tidak tetap.” Lannio merasa bersyukur juga karena para relawan bersumbangsih sepenuh hati dan saling mendukung sehingga kegiatan pembagian kupon dan paket lebaran ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Dukanya hampir tidak ada, karena kita melakukan kegiatan ini dengan hati yang happy. Semoga cinta kasih ini bisa menular kepada masyarakat sekitar dan lebih luas lagi,” kata Lannio berharap.

Hal senada diungkapkan Aan Christian, relawan Tzu Chi lainnya. “Ya kita sebgai relawan Tzu Chi dalam membuat ladang berkah untuk membantu sesama yang memang benar-benar membutuhkan, kayaknya sih lebih banyak sukanya ya. Saya juga begitu gembira dan bersukacita melihat semua relawan yang terlibat pagi-pagi sudah pada berdatangan,” kata Aan. Meskipun lelah, tapi hal ini terbayarkan dengan melihat senyuman di wajah-wajah para penerima bantuan. “Kita jadi ikut berbahagia, jadi selalu sukalah. Ada capek tapi sebentar hilanglah yang penting kita sudah bisa menyalurkan paket Lebaran ini ke warga yang membutuhkan,“ ungkap Aan.

 
Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Paket Cinta Kasih untuk Warga Panunggangan

Paket Cinta Kasih untuk Warga Panunggangan

19 April 2023
Relawan Tzu Chi Tangerang memberikan 1.650 Paket Cinta Kasih Idul Fitri 2023  kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Panunggangan Barat, Tangerang, Banten.
Paket Lebaran untuk Warga Pasar Lama Telaga Mas

Paket Lebaran untuk Warga Pasar Lama Telaga Mas

27 April 2023

Menjalin jodoh baik sekaligus turut meringankan beban warga di Telaga Mas, relawan Tzu Chi Pekanbaru memberikan bantuan Paket Lebaran untuk warga kurang mampu.

Berbagi di Bulan Suci Ramadhan untuk Warga Kampung Tengah

Berbagi di Bulan Suci Ramadhan untuk Warga Kampung Tengah

05 April 2024

Dalam rangka memperingati bulan Suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri, relawan Tzu Chi Batam menyalurkan 90 paket sembako untuk warga Kampung Tengah pada Minggu 31 Maret 2024. 

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -