Paket Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Palembang

Jurnalis : Novriko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darma, Suharjo, Novriko (Tzu Chi Palembang)

Sebanyak 763 karung beras dibagikan untuk warga yang membutuhkan di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir, Kota Palembang.

Rabu pagi itu, 15 September 2021, para relawan Tzu Chi di Xie Li Radial membagikan beras cinta kasih kepada warga kurang mampu di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir, Kota Palembang. Ada 763 karung beras yang dibagikan, yang mana satu karungnya berisi 5 kilogram beras.

Sebelumnya, pada 12 September 2021, relawan di Xie Li Kemuning juga membagikan paket beras dan masker kepada warga di Kelurahan Ario Kemuning, sebanyak 74 paket. Paket ini dibagikan di Kelenteng Wie An Bio.

Tak ketinggalan, pada 7 September 2021, para relawan di komunitas Xie Li Tamken juga membagikan beras kepada warga di sekitar Depo Pelestarian Lingkungan Tamken sebanyak 100 karung.

Warga prasejahtera di Kelurahan Ario Kemuning juga mendapatkan bantuan paket beras dan masker.

Sebelum pembagian paket cinta kasih, para relawan terlebih dahulu mencari data warga yang dikategorikan misbar (miskin baru) dari kelurahan masing-masing. Selang beberapa hari kemudian, para relawan pun membagikan kupon supaya pada pembagian paket dapat berjalan rapi.

Saat pembagian paket cinta kasih, masing-masing Xie Li ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Alhasil pembagian bantuan di semua Xie Li ini pun berjalan dengan lancar.

Di komunitas Xie Li Kemuning, warga penerima bantuan dan para relawan bersama-sama menyanyikan lagu isyarat tangan “Satu Keluarga”. Para relawan dan warga sangat bersukacita dengan nyanyian serta gerakan yang sederhana ini. Relawan menjelaskan kepada warga makna dari lagu ini, di mana kita semua walaupun berbeda suku, agama, dan ras, tetapi semua adalah saudara satu sama lainnya.

Warga kurang mampu di sekitar Depo Pelestarian Lingkungan Tamken juga mendapat bantuan beras. Ada sebanyak 100 karung beras yang dibagikan di sini.

Salah satu warga, Ibu Siti Masnun, penerima bantuan begitu senang mendapat bantuan ini karena saat ini kondisinya sangat susah. “Saya bekerja sebagai karyawan di pabrik kerupuk, dan di masa pandemi ini permintaan turun. Ini berpengaruh kepada ekonomi keluarga saya,” ujarnya.

Ketua RW 05, Muhammad Fahmi merasa lega menyaksikan warganya mendapat bantuan dari Tzu Chi Palembang.

“Terima kasih karena dibantu dalam kondisi pandemi kali ini di mana memang ada kesulitan di dalam masyarakat. Mereka mayoritas kuli, buruh bangunan, buruh cuci, kuli angkut di pasar, tukang ojek pangkalan, itulah profesi mereka. Dengan adanya bantuan dari Tzu Chi ini mudah-mudahan bermanfaat dalam kondisi saat ini,” tutur Ketua RW 05, Muhammad Fahmi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Surabaya Bagikan 225 Paket Beras Di Tanjung Sari dan Sukomanunggal

Tzu Chi Surabaya Bagikan 225 Paket Beras Di Tanjung Sari dan Sukomanunggal

03 Februari 2022

Relawan Tzu Chi Surabaya membagikan bantuan beras di Kelurahan Tanjung Sari dan Sukomanunggal.

Pembekalan Dalam Pelaksanaan Bagi Kupon Beras Tzu Chi

Pembekalan Dalam Pelaksanaan Bagi Kupon Beras Tzu Chi

10 September 2014 Minggu, 7 September 2014, Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung mengadakan sosialisasi pembagian kupon beras cinta kasih Tzu Chi. Kegiatan ini berlangsung di  Yayasan Dana Sosial Priangan (YDSP) Jl. Nana Rohana No. 37, Bandung.
Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -