Paket Cinta Kasih Untuk Warga Tanjung Morawa

Jurnalis : Robby Mulia Halim (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan, Ryanto Budiputra (Tzu Chi Medan)


Tony Honkley menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Tanjung Morawa yang memberikan kesempatan bagi Tzu Chi untuk berbagi kasih melalui bakti sosial pembagian sembako sebagai perwujudan cinta kasih terhadap sesama.

Hari Lebaran tinggal menghitung hari. Di bulan suci yang penuh berkah ini, dengan tema “Satu Orang Satu kebajikan Menghimpun Cinta Kasih”, Tzu Chi Medan berbagi kasih dengan mengadakan pembagian sembako untuk warga prasejahtera di Kecamatan Tanjung Morawa, Minggu, 9 April 2023. Lokasi pembagian ada di pelataran parkir Restoran Dapoer Nusantara, Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Sembako yang dibagikan sebanyak 1.485 paket yang masing-masing terdiri dari 1 sak beras 10 kg, 1 bungkus minyak goreng 2 liter, 1 botol sirup dan 5 bungkus DAAI Mie. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan secara serentak di berbagai lokasi berbeda di seluruh Indonesia.

Hadir pada kegiatan kemanusiaan ini, Wakil Bupati Deli Serdang H. Muhammad Ali Yusuf Siregar, Camat Tanjung Morawa Ismail, S.S.T.P., M.S.P., Sekretaris Camat Gontar Syahputra Panjaitan, S.S.T.P., M.S.P. dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H. Hasbi Nasution. Hadir pula Kapolsek Tanjung Morawa AKP Firdaus Kemit, S.H., Danramil Tanjung Morawa Mayor Arhanut M. Rizal dan Wandi selaku pemilik Restoran Dapoer Nusantara.



Wakil Bupati Deli Serdang, H. Muhammad Ali Yusuf Siregar, menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang berbagi kasih kepada warga kecamatan Tanjung Morawa.

Setelah pembukaan oleh pemandu acara, kata sambutan dari Tony Honkley yang mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, kata sambutan Wakil Bupati Deli Serdang dan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Ketua Hu Ai (area) Medan Mandala, Sumida, dan Camat Tanjung Morawa. Ada juga penyerahan cindera mata kepada pejabat pemerintah Deli Serdang yang hadir dan penyerahan sembako kepada warga.

 
Pukul 8 pagi, warga mulai berdatangan dan segera menukarkan kupon yang telah dimiliki dengan paket sembako. Kupon tersebut diberikan oleh relawan pada 30 Maret - 2 April 2023 lalu. Selama berlangsungnya kegiatan, diiringi lagu Satu Keluarga. Cuaca mendung sejak pagi tidak menghambat antusias relawan dalam melaksanakan bakti sosial.

Wakil Bupati Deli Serdang, H. Muhammad Ali Yusuf Siregar, mengungkapkan terima kasihnya dan menyatakan apresiasinya terhadap Tzu Chi yang rutin setiap tahun membagikan sembako kepada masyarakat Deli Serdang khususnya Tanjung Morawa tanpa memandang suku, agama dan ras. “Bantuan sembako ini tentunya sangat berarti bagi warga Tanjung Morawa. Saya berharap Yayasan Buddha Tzu Chi tetap semangat memberikan bantuan sosial dan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya doakan Yayasan Buddha Tzu Chi senantiasa diberkahi oleh Yang Maha Kuasa. Semoga tetap eksis dan kontinu memberikan bantuan bagi masyarakat Deli Serdang seperti bakti sosial ini,” tuturnya.

Koordinator kegiatan, Kim Fang, mengatakan bakti sosial ini adalah untuk membantu masyarakat Tanjung Morawa yang kurang mampu, sebagai perwujudan cinta kasih Yayasan Buddha Tzu Chi terhadap sesama.  “Selain berbagi kasih, juga sebagai jalinan jodoh antara Tzu Chi dan warga Tanjung Morawa,” tutur Kim Fang.



Penyerahan paket sembako berupa 1 sak beras 10 kg, 1 bungkus minyak goreng 2 liter, 1 botol sirup dan 5 bungkus mi DAAI secara simbolis kepada warga Tanjung Morawa.

Warga penerima bantuan merasa tersentuh dan sangat senang dengan kehadiran Tzu Chi di wilayah domisili mereka. Salah satunya Aminah yang baru pertama kali mendapat kupon dan menerima bantuan berupa paket sembako. Meskipun memiliki enam anak dan telah lanjut usia, Aminah masih sanggup memenuhi kebutuhan rumah tangga. Padahal suaminya sakit dan tidak dapat berjalan lagi. Aminah menjalani kesehariannya dengan mengambil daun pisang dari pemasok lalu menjualnya dan mendapat penghasilan Rp 30.000 setiap harinya.

Wanita berusia 65 tahun ini mengungkapkan perasaan senangnya ketika dikunjungi relawan Tzu Chi dan diberikan kupon. “Saya tidak menyangka mendapat kupon dan diarahkan ke sini (Dapoer Nusantara) untuk menerima sembako. Saya sangat bersyukur dengan bantuan ini. Semoga Yayasan Buddha Tzu Chi selalu diberkahi dan diridhoi Yang Maha Kuasa,” kata Aminah.

Hal yang sama dirasakan Sumarni (63) yang juga baru pertama kali menerima bantuan sembako dari Tzu Chi. “Rasanya senang sekali. Bantuan sembako ini sangat berarti bagi saya dan keluarga karena harga barang-barang dan bahan makanan naik menjelang Lebaran. Terima kasih untuk Tzu Chi yang konsisten berbagi kasih kepada rakyat kecil yang susah seperti kami,” ujar Sumarni dengan perasaan senang bercampur haru.

 


Warga yang telah memiliki kupon dilayani dan diarahkan relawan untuk mengambil sembako.

Semua relawan dengan antusias dan sukacita saling bekerja sama dan bahu membahu membagikan paket sembako kepada warga. Para relawan membantu membawakan beras terutama untuk warga yang telah lanjut usia sambil mengobrol ringan. Bagi warga yang tidak leluasa bergerak atau berjalan, telah disediakan tempat khusus dan dibantu relawan. Aktivitas sempat terhenti beberapa saat karena turun hujan deras. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat relawan. Setelah hujan reda, bakti sosial dilanjutkan kembali hingga selesai.

 
Fachruddin, relawan Tzu Chi Tanjung Morawa yang baru bergabung dengan Tzu Chi satu tahun yang lalu, merasakan sukacita dapat ikut serta dalam bakti sosial pembagian sembako ini. Awalnya Fachruddin merupakan karyawan Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Tanjung Morawa, kemudian diajak relawan, Kim Fang, bergabung menjadi relawan Tzu Chi.

 
“Hati terasa senang dapat berbagi dan memberi kepada yang kesusahan, dan terharu melihat kegembiraan di wajah mereka saat menerima paket sembako. Saya berharap dengan menjadi relawan Tzu Chi, saya dapat lebih banyak melakukan kebajikan dan membantu warga menderita yang berada di bawah garis kemiskinan” ujar Fachruddin bersemangat. Kini Fachruddin aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan Tzu Chi.

 


Relawan Tzu Chi membantu warga lanjut usia membawakan beras sambil mengobrol ringan.

Sebanyak 16 siswa-siswi SMA Yayasan Perguruan Wiyata Dharma ikut ambil bagian dalam bakti sosial ini. Salah satunya Wendy Sun (X SMA), yang juga adalah anggota OSIS Wiyata Dharma dan telah beberapa kali ikut serta dalam kegiatan Tzu Chi. Bakti sosial kali ini merupakan yang kedua baginya. Yang pertama adalah pembagian sembako di Vihara Bogha Sampada di Kompleks Asia Mega Mas pada 18 Desember 2022 yang lalu. Wendy juga pernah mengikuti relawan Tzu Chi melakukan survey ke rumah-rumah warga dan pembagian kupon sembako kepada warga kurang mampu.

 
 “Saya senang ikut bakti sosial seperti ini, dapat menambah wawasan dan menumbuhkan semangat untuk berbagi cinta kasih kepada sesama. Walaupun melelahkan tapi seru melihat teman-teman dan para relawan bersemangat membantu warga membawakan sembako,” tandasnya. Wendy menegaskan akan ikut lagi kegiatan Tzu Chi berikutnya dan berharap dirinya dapat menjadi pribadi yang lebih baik,  penuh welas asih dan memiliki semangat berbagi kepada sesama.

 
Bakti sosial pembagian sembako selesai dengan baik dan lancar berkat dukungan dan kerja sama yang baik dari relawan panitia, relawan peserta dan warga penerima bantuan. Kim Fang selaku koordinator kegiatan mengatakan bakti sosial seperti ini akan terus diadakan karena kesempatan berbuat kebajikan dan berbagi kasih selalu ada. “Saya sangat bersyukur dipercayakan menjadi koordinator kegiatan. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para warga. Semoga cinta kasih yang ditebarkan Tzu Chi dapat tumbuh pula dalam diri warga Tanjung Morawa,” tutup Kim Fang.     

 
Editor: Khusnul Khotimah      

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Titik Awal Mulainya Kembali Kunjungan Kasih

Paket Lebaran 2022: Titik Awal Mulainya Kembali Kunjungan Kasih

10 Mei 2022

Setelah merayakan Hari Ultah Master Cheng Yen dan Tzu Chi, relawan Tzu Chi Batam membagikan santunan dan paket Lebaran kepada Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang merayakan Idul Fitri.

Paket Lebaran 2019: Merawat Jalinan Jodoh di Cirumpak

Paket Lebaran 2019: Merawat Jalinan Jodoh di Cirumpak

28 Mei 2019

Relawan Tzu Chi membagikan 320 Paket Lebaran kepada warga Desa Gagunung, Cirumpak, Tangerang, Banten pada 20 Mei 2019. Jalinan jodoh terjalin cukup lama di desa ini, dimulai dari bantuan bagi korban banjir, pembangunan madrasah, hingga paket Lebaran.

Jalinan Jodoh Warga RW 12 Tanah Tinggi dengan Tzu Chi Makin Erat Lagi

Jalinan Jodoh Warga RW 12 Tanah Tinggi dengan Tzu Chi Makin Erat Lagi

01 April 2024

Paket Lebaran Tzu Chi dibagikan kepada 550 warga Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Pembagian paket Lebaran ini makin menguatkan jalinan jodoh Tzu Chi dengan warga sekitar, yang mana di wilayah ini Tzu Chi memberi bantuan bedah rumah.

Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -