Paket Lebaran 2022: Aksi Bersama untuk Sesama

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Djonni Andhella Ketua Tzu Chi Bandung secara simbolis menyerahkan paket bantuan cinta kasih lebaran kepada salah satu warga kel. Dungus cariang. Paket lebaran ini berisi 10 Kg beras, 1 liter minyak goreng dan 20 lembar masker medis.

Relawan Tzu Chi Bandung membagikan kupon paket Cinta Kasih Lebaran 2022 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2022. Pembagian kupon dilakukan pada 16 April 2022 untuk warga di Kelurahan Bandung Raya, Kelurahan Dunguscariang, Jamika, Ciroyom, Warung Muncang Garuda. Kelima kelurahan tersebut menjadi prioritas utama dalam pembagian paket karena berada satu kecamatan dengan Aula Jing Si Bandung.

Pada 17 April 2022 Tzu Chi Bandung bekerjasama dengan Asosiasi Pertextilan Indonesia (API) Jabar membagikan 2.400 paket lebaran 2022 yang berlangsung di Gedung Aula Jing si Bandung untuk lima Kelurahan di Kecamatan Andir. Paket lebaran 2022 ini berisi 10 Kg beras, 1 liter minyak goreng 20 lembar masker medis.

Desa Lagadar menerima 500 paket lebaran, Desa Giri Asih menerima 300 paket lebaran, Desa Laksana Mekar 500 paket yang dibagikan di wilayah masing-masing didampingi oleh ketua RT masing-masing.

Ada 3.500 paket lebaran dibagikan untuk dua Kecamatan di kota Bandung. Paket lebaran berisi beras, minyak goreng, gula pasir dan masker medis. Acara pembagian berlangsung di Aula Jing si Bandung.

Relawan Tzu Chi bersama donator yang tergabung dalam API Jabar turut langsung membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran kepada warga. Jemmy Kartiwa Sastraatmaja Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jabar mengatakan kegiatan sosial ini sangat membantu masyarakat yang sangat membutuhkan

“Kegiatan ini kita rasakan sangat baik sekali, makanya API bekerja sama dengan Tzu Chi Bandung mengadakan baksos, kita tahu masalah Covid ini belum selesai ya kita merasakan rakyat Indonesia pada masa pandemi Covid sangat memberatkan masyarakat, semoga dengan baksos ini kita bisa meringankan sedikit beban masyarakat Bandung apalagi mau lebaran,” ungkap Jemmy.

Pembagian paket lebaran ini turut hadir para donator dari Asosiasi Pertesxtilan Indonesia (API) Jabar untuk ikut langsung memberikan paket lebaran kepada warga penerima bantuan.

Ani Gustini (47) warga Kelurahan Warung Muncang, salah satu penerima bantuan merasa senang atas bantuan paket lebaran untuk keluarganya. “Terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah memberikan paket sembako, ini sangat membantu bagi saya keluarga, alhamdulillah, dengan bantuan ini terima kasih,“ ucap Ani penuh haru.

Ani adalah seorang ibu rumah tangga dari empat orang anak sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Suami Ani bekerja sebagai penjual kutupat tahu sejak 2003, dan telah meninggal dunia pada 2020 karena sakit. Sejak itulah Ani meneruskan untuk berjualan ketupat tahu menggantikan almarhum suami.

Ani Gustini (47) warga Gg. Lebe Kel. Warung Muncang didampingi relawan Tzu Chi menuju rumahnya dengan membawakan paket lebaran. Ani merasa senang menerima bantuan ini untuk keluarganya.

“Dulu suami saya yang berjualan ketupat tahu sejak 2003 tetapi ya karena sakit dia meninggal pada 2020, jadi saya bingung pendapatan dari mana lagi kalau tidak dari suami saya. Jadi, saya teruskan usaha suami saya itu apalagi anak-anak masih sekolah baru satu yang sudah bekerja,” ungkap Ani.

Ani berjualan ketupat tahu di depan Lorong rumahnya. dalam sehari Ani dapat penghasilan 150.000 –  200.000 rupiah, hal ini tidak bisa menutupi biaya hidup keluarga Ani sehari-hari dan empat orang anaknya.

“Bagi saya (paket lebaran) ini amat sangat besar soalnya saya tidak punya beras, ya Alhamdulillah sangat sangat membantu, dari minyak ya alhamdulillah kan buat jualan jadi tidak beli minyak hari ini, sudah ada minyak bantuan," ungkap Ani.

Suasana pembagian paket lebarang berlangsung di Aula Jing si Bandung. Pembagian paket lebaran ini berjalan dengan tertib sesuai protokol kesehatan yang ketat. Pada Kegiatan ini dari masyarakat umum ada 95 orang yang ingin bergabung dalam barisan Tzu Chi dan diharapakan bisa menumbuhkan benih cinta kasih lebih luas lagi.

Kegiatan bagi paket lebaran 2022 ini melibatkan 144 relawan Tzu Chi. Djonni Andhella ketua Tzu Chi Bandung mengatakan pembagian paket lebaran memang sudah direncanakan untuk di wilayah sekitar Aula Jing si Bandung.

“Pembagian paket lebaran ini sudah direncanakan untuk daerah sekitar kita, seperti Pagarsih, Dungus, Jamika, Ciroyom , total ada 2.400 paket, paket lebaran berisi 10 kg beras, 1 Kg minyak goreng, 20 lembar masker. Kali ini dari grup tekstil yang tergabung dari API, dengan senang hati mereka membantu menyalurkan sangat senang bisa dilihat juga yang menerima dengan senyum, tentunya kita yang ngasih juga senang sekali bisa berbagi," ungkap Ketua Tzu Chi Bandung Djonni Andhella.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Seribu Paket Lebaran untuk Warga Medan Marelan

Paket Lebaran 2022: Seribu Paket Lebaran untuk Warga Medan Marelan

28 April 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Medan Komunitas Hu Ai Cemara membagikan seribu paket cinta kasih lebaran kepada warga kurang mampu di lingkungan Young Panah Hijau Medan Marelan, Minggu 24 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Antusias Para Relawan He Qi Tangerang Salurkan Paket Lebaran

Paket Lebaran 2022: Antusias Para Relawan He Qi Tangerang Salurkan Paket Lebaran

26 April 2022

Para relawan Tzu Chi di Komunitas He Qi Tangerang sangat antusias dan bersemangat pada pembagian paket Lebaran Tzu Chi tahun 2022 ini. Apalagi selama dua tahun masa pandemi Covid-19 berbagai kegiatan besar di He Qi Tangerang ditunda demi menjaga protokol kesehatan.

Paket Lebaran 2022: Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Kebayoran Lama

Paket Lebaran 2022: Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Kebayoran Lama

20 April 2022

Sebanyak 325 paket lebaran Tzu Chi dibagikan kepada warga prasejahtera di Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Warga yang sudah menerima kupon begitu antusias berdatangan ke Sekolah Surya Dharma.

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -