Paket Lebaran 2022: Antusias Para Relawan He Qi Tangerang Salurkan Paket Lebaran

Jurnalis : Yuliawati Yohanda (He Qi Tangerang) , Fotografer : Binawan Tandanu, Vivi Angel, Ren Ren (He Qi Tangerang)
Pembagian kupon paket lebaran Tzu Chi di Desa Paniisan-Panunggangan Barat.

Para relawan Tzu Chi di Komunitas He Qi Tangerang sangat antusias dan bersemangat pada pembagian paket Lebaran Tzu Chi tahun 2022 ini. Apalagi selama dua tahun masa pandemi Covid-19, berbagai kegiatan besar di He Qi Tangerang ditunda demi menjaga protokol kesehatan dan mematuhi imbauan pemerintah.

Antusiasme dan semangat itu terlihat pada setiap pendaftaran relawan baik yang mau mengikuti pembagian kupon maupun pembagian sembako. Di grup Whatsapp, kuota untuk peserta selalu cepat terisi. Bahkan relawan yang telat membaca pemberitahuan atau tak langsung mendaftar karena mengecek dulu apakah bakal bentrok dengan kegiatan lain, jadi tak kebagian karena kuota relawan sudah full.

Adapun wilayah yang mendapat paket lebaran Tzu Chi yang termasuk wilayah Tzu Chi Tangerang adalah; Kelurahan Panunggangan Barat sebanyak 1.521 Paket. Lalu Desa Citasuk, Padarincang-Serang sebanyak 280 Paket. Kampung Medang sebanyak 469 Paket. Sementara Desa Kronjo, Desa Pagedangan Udik, Desa Pagedangan Ilir, serta Desa Paniisan sebanyak 1.194 Paket. Adapun Kelurahan Kasemen, Banten Lama sebanyak 765 Paket. Juga Kelurahan Cirumpak-Balaraja sebanyak 1.100 Paket.

Seorang warga Kampung Medang semringah saat menerima kupon paket lebaran Tzu Chi.

Susi, relawan Tzu Chi membagikan kupon paket lebaran Tzu Chi kepada seorang warga tuna netra di Desa Kronjo.

Antusiasme juga terlihat jelas saat kegiatan berlangsung. Meskipun para relawan yang beragama Islam tengah berpuasa, mereka tetap ikut serta pembagian. Demikian juga bagi yang tidak berpuasa selalu datang tepat waktu.

Wah baksos (bagi paket lebaran) waktu puasa nikmat nian, nikmat menahan panas terik dan dahaga kering hahaha,” seloroh Rio Rita, relawan yang terkenal humoris, apa adanya, dan selalu menyegarkan suasana.

Bagi Rio Rita (57), pembagian paket lebaran yang ia ikuti dan berkesan adalah di Kronjo, yang mana relawan membagikan kupon hampir 1.200 paket.

“Dari pagi jam 6 start langsung terjun, panas, dan kaki berdiri sampai dahaga kering rasanya. Tapi bersyukur setelah ambil wudhu sholat Dzuhur adem rasanya menuju pulang. Sampai di rumah tepar langsung tidur nikmat benar, bangun enggak lama buka puasa. Doa kan ya semoga saya diberi sehat terus, bisa berbagi kasih di Tzu Chi. Saya hampir ikut semua baksos Ramadan kali ini, cuma yang bentrok dengan Serang kagak ikut karena jadwalnya sama,” tambah Rio Rita.

Rio Rita memberikan kupon kepada warga yang sudah lansia dan tidak bisa bangkit dari tempat tidurnya di Kampung Medang.

Tiap kali ada pembagian paket lebaran di wilayah Serang, Provinsi Banten, Rio Rita menunggu tebengan mobil relawan lainnya di pintu tol Cikupa.

“Hidup saja kan enggak tahu kapan diambil Allah, kesempatan selagi diberi bonus umur diberi sehat kapan lagi berbuat kebajikan seperti ini. Kalau sudah keinginan dari hati capek pun terasa senang hati. Bahagia rasanya bisa ikut kegiatan Tzu Chi ini,” pungkas Rio Rita yang menjadi relawan Tzu Chi sejak tahun 2018.

Pembagian Paket Lebaran di Banten Lama

Hwang Wen Lay Ketua Vihara Avalokitesvara Banten (berkemeja biru) berfoto bersama para Relawan dan aparat setempat.

“Berpedoman dengan perasaan welas asih dan sepenanggungangan atas penderitaan sesama, Insan Tzu Chi Indonesia memberi perhatian yang tulus terhadap saudara-saudara sekalian, sumbangan beras ini akan habis pada masanya, namun cintakasih dan rasa syukur yang terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa,” petikan sambutan dari Viona yang menjadi koordinator pembagian paket lebaran di Wilayah Banten Lama, Serang, Sabtu 23 April 2022.

Hwang Wen Lay Ketua Vihara Avalokitesvara Banten, merasa bahagia karena Vihara Avalokitesvara menjadi salah satu titik pembagian paket lebaran Tzu Chi. Ia juga terharu dengan perhatian Tzu Chi yang sudah banyak membantu warga sekitar.

“Saya sangat terharu sekali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Shijie Viona, itu benar-benar menyentuh hati kita, yang mengatakan bahwasanya kita ini semua adalah satu tanpa melihat agama, suku&ras, kita itu semua satu Indonesia,” kata Hwang Wen Lay Ketua Vihara Avalokitesvara Banten.

Ibu Sukanah, warga Sukajaya Banten Lama menerima paket lebaran Tzu Chi.

Warga penerima paket lebaran Tzu Chi tentunya sangat senang. Salah satunya Ibu Sukanah, warga Sukajaya, Banten Lama.

“Untuk persiapan selametan Lebaran, semoga semua banyak rizkinya, panjang umur, banyak berkah,” ujarnya.

Berkat Perencanaan yang Matang
 

Meskipun hujan tidak menyurutkan semangat para relawan yang membagikan paket sembako di wilayah Cirumpak.

Johnny Chandrina, Ketua He Qi Tangerang menyampaikan, selama satu bulan mulai dari tanggal 26 Maret sampai 24 April 2022, relawan sudah merencanakan pembagian ini. Jujur saja, ini sangat menguras tenaga terutama di saat pandemi dan bulan puasa. Tapi berkat perencanaan yang baik dan matang, walaupun ada kesulitan akhirnya bisa teratasi dengan baik. Ini berkat kerja sama yang baik dari para koordinator pembagian serta semua Relawan.

Johnny Chandrina membantu warga Cirumpak membawakan berasnya.

“Relawan He Qi Tangerang sangat antusias, baik dalam kegiatan pembagian kupon maupun pembagian beras. Ini karena adanya benih cinta kasih dan semangat untuk dikembangkan. Banyak juga relawan baru ataupun orang baru yang bukan atau belum menjadi relawan ikut terlibat,” terang Johnny Chandrina.

Diharapkan dengan adanya momentum ini, tambah Johnny Chandrina, para relawan selain dapat melakukan kebajikan juga bisa menjalin jodoh dengan warga dan bisa melihat penderitaan yang ada. Johnny juga berharap kegiatan ini bisa menggalang lebih banyak lagi relawan di He Qi Tangerang sehingga barisan Boddhisatwa Tangerang semakin panjang.
 
Para relawan yang bersumbangsih pada pembagian paket lebaran Tzu Chi di Desa Kronjo.

Seperti pesan Master Cheng Yen, “Ciptakanlah Berkah dan Peliharalah Kebijaksanaan“. Setiap butir beras dapat memberikan kasih abadi yang melambangkan bahwa setiap sumbangan, meskipun kecil bila disumbangkan secara teratur dan dihimpun dari orang banyak maka akan berdampak sangat besar. Konsep ini berasal dari awal mula Tzu Chi yang sederhana dan selalu relevan di setiap waktunya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan

Paket Lebaran 2022: Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan

20 April 2022

Warga prasejahtera di Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi bersuakcita mendapat berkah dari pembagian paket lebaran Tzu Chi. Sebanyak 1.500 paket yang disalurkan berisi 10 kilogram beras dan 10 bungkus DAAI Mie.

Paket Lebaran 2022: Sukacita pada Pembagian 500 Paket Lebaran di Kota Padang

Paket Lebaran 2022: Sukacita pada Pembagian 500 Paket Lebaran di Kota Padang

27 April 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, para relawan Tzu Chi Padang bahu-membahu membagikan sebanyak 500 paket sembako kepada warga kurang mampu, Selasa 19 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Bersatu Hati Menyebarkan Cinta Kasih

Paket Lebaran 2022: Bersatu Hati Menyebarkan Cinta Kasih

22 April 2022

Para relawan Tzu Chi di komunitas JP2, yang termasuk bagian dari He Qi Pusat membagikan 865 paket cinta kasih berupa sembako bagi warga prasejahtera di Kelurahan Kartini dan Pasar Baru.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -