Paket Lebaran 2022: Pembagian Paket Cinta Kasih di Kelurahan 13 dan 14 Ilir, Palembang

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Kevin Brilian, Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Menyambut Lebaran, Tzu Chi Palembang menyalurkan 994 paket cinta kasih berupa sembako untuk warga yang membutuhkan di Kelurahan 13 dan Kelurahan 14 Ilir, Palembang.

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Kelurahan 13 Ilir dan Kelurahan 14 Ilir, Palembang menyalurkan paket cinta kasih berupa sembako dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada Minggu, 24 April 2022. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 42, Kelurahan 13 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelumnya, relawan Tzu Chi Palembang juga telah melakukan pembagian kupon paket sembako kepada warga dengan bantuan RT setempat pada 10 April 2022. Pada hari pembagian, sejak pagi relawan mempersiapkan paket sembako yang akan dibagikan. Pada pukul 08.00 WIB, para penerima bantuan yang sudah membawa kupon mulai memasuki lokasi pembagian dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.

Warga Kelurahan 13 dan Kelurahan 14 Ilir, Palembang yang membawa kupon mendengarkan arahan dari relawan Tzu Chi Palembang sebelum menerima paket sembako.

Sebanyak 994 paket sembako yang dibagikan terdiri dari 1 bungkus minyak goreng kemasan 900 ml, gula pasir 1 kg, 5 bungkus mi instan, 2 bungkus biskuit, 1 baju layak pakai, 1 botol sirup, dan beras berukuran 5 kg.

Pihak Kelurahan 13 Ilir dan Kelurahan 14 Ilir pun mengucapkan terima kasih kepada Tzu Chi Palembang yang telah memberikan bantuan sembako kepada warga dalam menyambut Lebaran. “Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran Tzu Chi yang telah membantu warga kami. Harapan kami mewakili masyarakat Kelurahan 13 Ilir dan 14 ilir, semoga kegiatan ini tetap berlanjut,” kata Mirudin Gumay, Lurah 14 Ilir.

Para Lansia yang mendapatkan paket sembako menjadi prioritas relawan untuk dibantu saat pengambilannya.

Para penerima bantuan juga diingatkan pada saat pembagian kupon untuk membawa kantong sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang berdampak pada pencemaran lingkungan. Sebanyak 106 relawan yang bertugas pun begitu bersemangat membagikan paket sembako kepada warga.

“Menurut kami prosesnya tertib dan lancar, kami sangat senang dan terima kasih pada Yayasan Buddha Tzu Chi semoga bermanfaat bagi kami untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ujar Ernawati, salah satu penerima bantuan.

Warga yang akan mendapatkan paket sembako juga membawa kantong sendiri untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik.

Pada kegiatan pembagian sembako ini, Erly, relawan yang baru pertama kali ikut kegiatan Tzu Chi merasa terharu karena bisa membantu sesama. “Untuk pertama kalinya saya mengikuti kegiatan seperti ini. Saya merasa terharu karena bisa ikut berbagi untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata Erly

Pada hari yang sama relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Tamken juga berbagi paket cinta kasih di Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi di Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang. Di lokasi ini, sebanyak 100 paket cinta kasih dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Sukacita Kebersamaan Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

Paket Lebaran 2022: Sukacita Kebersamaan Berbagi Berkah di Bulan Ramadan

21 April 2022

Di bulan penuh berkah, relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Cikarang kembali berbagi kasih dengan menyalurkan 1.850 paket lebaran di Desa Serang Cikarang Selatan dan Desa Cikarang Kota.

Paket Lebaran 2022: Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Kebayoran Lama

Paket Lebaran 2022: Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Kebayoran Lama

20 April 2022

Sebanyak 325 paket lebaran Tzu Chi dibagikan kepada warga prasejahtera di Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Warga yang sudah menerima kupon begitu antusias berdatangan ke Sekolah Surya Dharma.

Paket Lebaran 2022: Sukacita pada Pembagian 500 Paket Lebaran di Kota Padang

Paket Lebaran 2022: Sukacita pada Pembagian 500 Paket Lebaran di Kota Padang

27 April 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, para relawan Tzu Chi Padang bahu-membahu membagikan sebanyak 500 paket sembako kepada warga kurang mampu, Selasa 19 April 2022.

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -