Paket Lebaran 2022: Cinta Kasih untuk Warga Prasejahtera di Kebayoran Lama

Jurnalis : Widosari Tjandra (He Qi Pusat) , Fotografer : Feny Dwi Ekabuari, Widosari, Yoga, Toni, Muara, Erick, Sisy, Lin Vong (He Qi Pusat)

Seorang sukarelawan mengikuti survei dan pembagian kupon.

Sabtu pagi itu, 9 April 2022, para relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Pusat, tepatnya di Xie Li Selatan berdatangan ke Sekolah Surya Dharma, di Jalan Toapekong No 14 Grogol Selatan, Kebayoran Lama. Mereka hendak membagikan kupon paket lebaran Tzu Chi. Rencananya akan dibagikan sebanyak 325 kupon yang menyasar masyarakat prasejahtera serta para petugas PPSU (Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) di tingkat kelurahan.

Sebelum berkeliling ke rumah warga, Michel yang merupakan koordinator bagi kupon kali ini terlebih dulu memberikan briefing kepada para relawan yang dibagi lima kelompok kecil. Setiap kelompok ditemani oleh empat ibu RT, satu petugas kader jumantik. Pak Ridwan selaku Ketua Rw 11 juga turut menemani. Seorang ibu RT bernama Emmy yang selama ini rajin bersumbangsih dan memberikan celengan bambunya untuk Tzu Chi juga hadir.

Usai membagikan kupon, relawan melanjutkan tugas mereka mengemas paket lebaran yang kali ini tiap paketnya berisi 10 kilogram beras dan 10 bungkus DAAI Mie ke dalam goodie bag.

Penyerahan paket lebaran Tzu Chi secara simbolik kepada Pak Asrul, Kesra dari Kelurahan Grogol Selatan.

Penyerahan paket lebaran Tzu Chi kepada warga penerima.

Hari yang dinantikan warga yang telah menerima kupon pun tiba. Paket lebaran ini dibagikan keesokan harinya, Minggu 10 April 2022, di Sekolah Surya Dharma sejak pukul 9 pagi. Pagi- pagi sekali, para relawan telah datang untuk menyiapkan segala keperluan seperti memasang tenda, meja, kursi, dan menyusun beras dan mie yang akan dibagikan.

Tak lupa, koordinator acara yang kali ini adalah Rudy Surana memberikan briefing atau pengarahan. Mulai dari pembagian tugas screening warga yang datang dari depan pintu masuk, mencuci tangan dan cek suhu, serta mengarahkan warga sesuai alur. Ada 30 relawan yang bersumbangsih dalam kegiatan ini.

Pembagian paket lebaran Tzu Chi ini pun dibuka dengan sambutan dari Rudy Suryana lalu, Pak Ridwan selaku Ketua Rw setempat, serta Ibu Yeta perwakilan sekolah, lokasi di mana relawan Xie Li Selatan kerap beraktifitas.

Untuk warga yang sakit dan tidak dapat hadir, relawan mengantarkan paket lebaran ke rumah warga dengan dipandu ketua RW. Salah satunya ke rumah Ibu Taniar (70) yang menyandang Inkontinensia Alvi, suatu keadaan yang tidak dapat mengendalikan BAB.
 

Ibu Siti, guru mengaji mendapatkan jatah paket lebarannya. Ia pun turut bersumbangsih dana pada kegiatan ini.

Relawan yang hadir sangat bahagia bisa berkegiatan kembali setelah masa pandemi yang panjang.

Sementara itu saat mengantarkan dan berinteraksi dengan penerima bantuan ini, Muara dan Erick yang baru pertama kali mengikuti kegiatan Tzu Chi merasa terharu melihat penderitaan dan kesabaran mereka dalam menjalani kehidupan ini. Seperti Ibu Siti Mutmainah, seorang guru mengaji di masjid dengan gaji 150 ribu per bulan. Suaminya sakit jantung, darah tinggi dan ginjal sehingga harus cuci darah, ditambah kedua anaknya yang belum bekerja.

Ibu Siti Mutmainah pun sangat senang bisa menerima paket lebaran Tzu Chi. ”Sangat bersyukur dapat bantuan beras dan mie, bisa meringankan biaya hidup keluarga,” ujarnya.

Semua relawan yang turut bersumbangsih pada pembagian paket lebaran Tzu Chi ini sangat bahagia bisa berbagi untuk sesama.

“Setiap orang saling bergandengan tangan, berestafet memberikan cinta kasih demi menghapuskan penderitaan(Kata Perenungan Master Cheng Yen).

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Aksi Bersama untuk Sesama

Paket Lebaran 2022: Aksi Bersama untuk Sesama

26 April 2022

Tzu Chi Bandung membagikan 3.500 Paket Lebaran 2022 untuk warga di Kecamatan Andir dan Batujajar pada 17 April 2022. Paket lebaran berisi beras, minyak goreng, gula, dan 20 lembar masker medis.

Paket Lebaran untuk Meringankan Beban Penerima Bantuan Tzu Chi

Paket Lebaran untuk Meringankan Beban Penerima Bantuan Tzu Chi

26 April 2022

Untuk menambah kebahagiaan para penerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu yang akan merayakan Idul Fitri, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket Idul Fitri 1443 H, di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sabtu, 23 April 2022.

Paket Lebaran 2022: 3.800 Paket Sembako untuk Warga Pademangan

Paket Lebaran 2022: 3.800 Paket Sembako untuk Warga Pademangan

19 April 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menggelar kick off acara penyaluran 3.800 paket yang berisi 10 Kg beras dan 10 bungkus Mi DAAI yang dibagikan kepada 207 RT di 15 RW di RPTRA Budi Mulia Pademangan, Jakarta Utara.

Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -