Paket Lebaran 2022: Membagikan Beras Cinta Kasih di Bulan Penuh Berkah

Jurnalis : Siti Aminah, Calvin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Vincent (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Para relawan dibagi menjadi 10 regu untuk melakukan survei dan membagikan kupon beras secara door to door didampingi Ketua RT dan pemuda setempat.

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan 263 karung beras cinta kasih kepada warga Telaga Timah, Kecamatan Karimun. Ini dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum membagikan beras cinta kasih, relawan Tzu Chi bekerja sama dengan ketua RT setempat untuk mengumpulkan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat untuk mendapatkan kupon beras. Setelah itu, pada Minggu, 17 April 2022, sebanyak 34 relawan yang dibagi menjadi 10 regu bergerak melakukan survei dan membagikan kupon beras secara door to door dengan didampingi ketua RT dan pemuda setempat. Survei ini bertujuan melihat kelayakan para penerima bantuan sehingga beras cinta kasih yang disalurkan tepat sasaran.

Sebanyak 263 karung beras cinta kasih disalurkan di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang berada depan Mushalla Al Barkah.

Ema, selaku koordinator melakukan briefing bersama para relawan agar pembagian beras cinta kasih berjalan lancar.

Berselang sepekan setelah pembagian kupon beras, pada Minggu, 24 April 2022, pembagian beras cinta kasih pun disalurkan di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang berada depan Mushalla Al Barkah. Sekitar pukul 08.00 WIB, sebanyak 41 relawan saling bahu-membahu menurunkan 263 karung beras cinta kasih di lokasi tersebut.

Pembagian beras cinta kasih dimulai dengan doa bersama dan pembukaan yang dibawakan oleh anggota Tzu Ching, Beverly Clara. Setelah itu, koordinator kegiatan, Ema (49) memberikan kata sambutan kepada para penerima bantuan yang telah hadir pada pembagian beras cinta kasih ini.

“Kantor Tzu Chi akan dibangun di sini. Jadi kita pilih lokasi ini supaya bisa membantu mereka dan bisa menjalin jodoh baik dengan masyarakat di sini,” ungkap Ema.

Muhammad Zaini, Ketua RT 002/RW 002 Sungai Lakam Barat sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang telah memberikan bantuan beras cinta kasih kepada warganya.

Andika, warga Telaga Timah yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang meringankan bebannya untuk mempersiapkan kebutuhan pangan menyambut Lebaran.

Muhammad Zaini (48) selaku Ketua RT 002/RW 002 Sungai Lakam Barat sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang telah memberikan bantuan sembako berupa beras kepada warganya.

“Lebih kurang 300 KK yang tinggal di wilayah kami. Saya sebagai RT, mewakili seluruh masyarakat di Telaga Timah mengucapkan ribuan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah memberi sedikit rezeki yaitu sembako berupa beras. Mungkin kita jangan pandang banyaknya, tapi pandang manfaatnya,” ucap Muhammad Zaini.

Kartono, relawan Tzu Chi membantu warga Telaga Timah membawakan beras cinta kasih.

Sementara itu, Andika (35) warga Telaga Timah yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah meringankan bebannya untuk mempersiapkan kebutuhan pangan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Bantuan beras ini sangat membantu kami untuk lebaran ini. Untuk membuat ketupat ataupun makanan lainnya,” kata Andika.

Seperti kata perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, sebaliknya akan semakin berkembang karena diteruskan kepada orang lain.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Wujud Kepedulian dan Cinta Kasih Sepanjang Masa

Paket Lebaran 2022: Wujud Kepedulian dan Cinta Kasih Sepanjang Masa

27 April 2022

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Yayasan Buddha Tzu Chi berbagi kasih di bulan Ramadan. Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li JP1 membagikan paket sembako berisi beras 10 kg, DAAI Mie 10 bungkus dan minyak goreng 1 liter untuk warga Kelurahan Taman Sari.

Paket Lebaran 2022: Berbagi Kasih kepada Warga Prasejahtera di Kota Makassar

Paket Lebaran 2022: Berbagi Kasih kepada Warga Prasejahtera di Kota Makassar

27 April 2022

Tzu Chi Makassar membagikan 1.000 paket sembako di Kelurahan Panampu pada Sabtu 23 April 2022 dan di Kelurahan Karuwisi pada Minggu 24 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Sembako Cinta Kasih di Bulan Ramadan

Paket Lebaran 2022: Sembako Cinta Kasih di Bulan Ramadan

28 April 2022

Dalam rangka menyambut Idul Fitri, semua komunitas relawan yang ada di Tzu Chi Medan serentak membagikan paket cinta kasih untuk warga prasejahtera pada 23-24 April 2022.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -