Paket Lebaran 2022: Sembako Cinta Kasih di Bulan Ramadan

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Hasan Tiopan, Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)

Tjendra D, relawan Tzu Chi bersama dengan staf dari Suzuya dan PHG (Permata Hijau Group) saat survei dan membagikan kupon kepada warga Sunggal.

Selama masa pandemi Covid-19 banyak sektor terdampak yang menyebabkan ekonomi masyarakat jadi tidak stabil. Karena itu dalam rangka menyambut Idul Fitri, semua komunitas relawan yang ada di Tzu Chi Medan serentak membagikan paket cinta kasih yang berisi 10 kg beras, 2 botol sirup, dan minyak goreng untuk warga prasejahtera, pada 23-24 April 2022.

Sebelum membagikan beras, relawan komunitas Hu Ai Petisah terlebih dahulu menentukan lokasi di daerah Sunggal dan Asam Kumbang sebagai titik pembagian paket. Pada 15 dan 17 April 2022, relawan terlebih dahulu survei dan membagikan kupon di daerah sekitar Sunggal sebanyak 14 titik dan Asam Kumbang sebanyak 4 titik.

Saat survey dan bagi kupon, relawan dibantu oleh karyawan dari PT PHG (Permata Hijau Group) dan karyawan dari PT Suzuya. Tidak lupa camat dan perangkatnya turut membantu relawan membagikan kupon di Sunggal dan Asam Kumbang, sebanyak 1.013 kupon.

Harsono bersama calon relawan melakukan survei dan membagikan kupon beras.

Relawan secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada aparat pemerintahan.

Pada 23 April 2022, relawan datang ke Kantor Suzuya di JL TB Simatupang, Medan Sunggal, untuk menyusun meja, memasang bendera Tzu Chi, dan Tzu Chi Line, supaya baksos berjalan lancar. Keesokan harinya relawan lanjut dengan melangsir beras, sirup dan minyak.

Beberapa relawan terlebih dahulu mengikuti Kebaktian Bhaisajyaguru dalam rangka ulang tahun Master Cheng Yen serta ulang tahun Tzu Chi yang ke 56. Setelah selesai, para relawan bergegas pergi ke Kantor Suzuya untuk melaksanakan baksos pembagian paket cinta kasih.

Tepat pukul 13.30 WIB, acara dimulai dengan kata sambutan dari Nurhayati, relawan Tzu Chi yang merupakan koordinator pembagian paket cinta kasih ini. Ia berharap paket cinta kasih yang dibagikan ini bisa meringankan kesusahan warga.

Sambutan dilanjutkan oleh Rinaldi Saputra Siagian selaku lurah Sunggal, dan anggota Danramil Peltu Subiyanto, juga Babinsa Koramil 0201- 06/Medan Sungal.

Aparat pemerintahan secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada masyarakat Sunggal dan Asam Kumbang.

Warga sunggal membawa kantong plastik sendiri untuk membawa minyak dan sirup.

Saat simbolis penyerahan paket cinta kasih, relawan menyerahkan paket sembako kepada lurah, Danramil, Polsek, kemudian mereka menyerahkan kepada warga Sunggal dan Asam Kumbang. Setelah itu pembagian paket cinta kasih langsung dimulai.

Pembagian paket cinta kasih ini juga mendukung pelestarian lingkungan karena warga membawa kantung plastik sendiri untuk membawa sirup dan minyak yang akan dibagikan.

Rusika (38) yang merupakan ibu rumah tangga mengaku sangat senang dan sangat terbantu dengan pembagian paket sembako ini. “Saya doakan semua yang ikut membagikan sembako ini sehat selalu dan murah rejekinya,” kata Rusika.

Rusika dibantu relawan saat membawa paket sembako.

Foto bersama relawan, sukarelawan, staf dari Suzuya dan staf dari PHG.

Rinaldi Saputra Siagian, selaku Lurah Sunggal, sangat mengapresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi karena telah membantu masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Saya sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi Master Cheng Yen, yang sudah memberikan bantuan kepada warga Sunggal dan Asam Kumbang. Saya berharap kegiatan tersebut bisa terur telaksanakan untuk membantu warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Total beras yang disalurkan ini sebanyak 1.007 karung, 2.014 botol sirup, dan 1.007 bungkus minyak goreng. Pembagian paket ini merupakan wujud kepedulian Yayasan Buddha Tzu Chi Medan untuk berbagi kebahagiaan kepada warga yang akan merayakan hari raya Idul Fitri.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen bahwa “Cinta kasih bukan hanya di dalam hati, juga harus ditunjukkan dalam tindakan nyata.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Seribu Paket Lebaran untuk Warga Medan Marelan

Paket Lebaran 2022: Seribu Paket Lebaran untuk Warga Medan Marelan

28 April 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Medan Komunitas Hu Ai Cemara membagikan seribu paket cinta kasih lebaran kepada warga kurang mampu di lingkungan Young Panah Hijau Medan Marelan, Minggu 24 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Tzu Chi Jambi Bagikan Paket Sembako

Paket Lebaran 2022: Tzu Chi Jambi Bagikan Paket Sembako

09 Mei 2022

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Tzu Chi Jambi membagikan 1.200 paket sembako untuk warga tidak mampu di 3 kelurahan di Kota Jambi.

Paket Lebaran 2022: Warga Pebayuran Bekasi Terima 850 Paket untuk Sambut Lebaran

Paket Lebaran 2022: Warga Pebayuran Bekasi Terima 850 Paket untuk Sambut Lebaran

25 April 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama relawan Tzu Chi komunitas Cikarang membagikan 850 Paket lebaran 2022 kepada warga Pebayuran, Bekasi pada 23 April 2022.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -