Paket Lebaran 2022: Wujud Kepedulian dan Cinta Kasih Sepanjang Masa

Jurnalis : Sutini (He Qi Pusat), Fotografer : Susi C, Shella W (He Qi Pusat)

Pembagian kupon paket Lebaran oleh relawan di gang sempit, Sabtu 9 April 2022.

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Yayasan Buddha Tzu Chi berbagi kasih di bulan Ramadan. Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li JP1, membagikan paket sembako berisi beras 10 kg, DAAI Mie 10 bungkus dan minyak goreng 1 liter untuk warga Kelurahan Taman Sari yang merayakan Hari Raya Idul Fitri maupun warga lain, dengan keadaan ekonomi yang sulit.

Sepekan sebelumnya yaitu 9-10 April, relawan telah membagikan kupon sembako didampingi petugas RT dan Ibu PKK, berkeliling ke rumah warga menuju gang-gang sempit, bahkan pinggiran jembatan. Ada yang satu rumah dihun beberapa kepala keluarga, tempat tinggal pun seadanya yang tidak layak dihuni dengan kondisi tidak ada ventilasi, dan tempat yang kotor.

Beras, mie, minyak tersusun rapi, relawan sudah siap di pos masing-masing.

Pemberian paket Lebaran simbolis oleh relawan untuk warga.

Sebanyak 950 paket sembako telah tiba pada Sabtu 16 April. Sejak pukul 8.30 pagi, relawan sudah bergotong-royong, memasang tenda, menyusun beras, DAAI Mie dan minyak sayur. Satu jam berlalu, Ibu PKK dan petugas kebersihan setempat pun datang.

Tepat hari Minggu, 17 April 2022, pembagian paket lebaran berlangsung di Sekolah Melania Jl. Mangga Besar VI Selatan No.84, Jakarta Barat. Sejak pukul 7 Pagi, 68 relawan yang terdata hadir membantu dan telah menempati pos masing-masing. Warga yang datang diarahkan oleh relawan mengikuti sosialisasi terlebih dahulu, untuk kemudian bersiap mengambil paket sembakonya.

Warga menyerahkan kupon ke relawan, lalu diarahkan masuk ke antrean pengambilan paket Lebaran oleh relawan yang bertugas.

Antrian warga terlihat panjang, warga bahagia menerima paket Lebaran.

Suasana begitu semangat penuh canda dan bahagia, di kala satu persatu memberikan kata sambutan di antaranya Lurah Taman Sari, Abdul Malik, dan koordinator pembagian paket sembako, Julia.

“Saya sangat senang dan bahagia atas support dari Yayasan Buddha Tzu Chi, hari ini warga kami mendapat sembako. Terlebih- yang ditunggu minyak sayur, harga sudah mahal. Saya dan warga berdoa untuk kebaikan Yayasan Buddha Tzu Chi dan relawan,” ujar Abdul Malik.

“Walaupun kita berasal dari keluarga berbeda, namun merasa peduli, saling memberi perhatian, dan tidak dapat dihalangi oleh perbedaan itu. Paket Lebaran ini akan habis pada waktunya, Kami berharap silaturahmi dan cinta kasih yang terkandung di dalamnya akan berlangsung sepanjang masa,” pesan Julia.

Petugas kebersihan PPSU juga siap siaga membawakan paket Lebaran khususnya warga lansia.

Dengan penuh hati-hati dan rasa kasih, relawan membantu mengisi kantong tas dengan sembako.

Relawan pun mengajak Lurah, Ibu PKK, dan warga untuk maju ke depan lapangan mengikuti bersama penyerahan simbolis paket sembako.

Setelah itu, satu per satu warga mengambil sembako. Wajah mereka begitu bahagia. Relawan dan para petugas kebersihan PPSU siap sedia membantu membawakannya.

“Sembako ini sangat bermanfaat bagi saya, apalagi dengan kondisi saya, tanpa suami, membesarkan 3 anak. Acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kecil,” ujar Siti Fatimah (42).

Paket lebaran diterima Siti Fatimah dengan kebahagiaan.

Relawan dan tim menyambut baik petugas Kebersihan PPSU dna kader PKK yang bersumbangsih untuk mensukseskan Pembagian Paket Sembako Lebaran di Sekolah Melania, 17 April 2022. Sorak gembira terlukis dari lambaian tangan.

Tepat pukul 12 Siang, bakti sosial pembagian paket sembako ini dapat terselesaikan. Relawan tanpa rasa lelah terus merapikan perlengkapan yang ada. Dengan sukacita relawan melepas lelah. Dan ditutup dengan foto bersama semua pihak yang bersumbangsih kali ini.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2022: Berbagi Kasih kepada Warga Prasejahtera di Kota Makassar

Paket Lebaran 2022: Berbagi Kasih kepada Warga Prasejahtera di Kota Makassar

27 April 2022

Tzu Chi Makassar membagikan 1.000 paket sembako di Kelurahan Panampu pada Sabtu 23 April 2022 dan di Kelurahan Karuwisi pada Minggu 24 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Merangkai Butir-Butir Kebajikan Menjadi Permata Kehidupan

Paket Lebaran 2022: Merangkai Butir-Butir Kebajikan Menjadi Permata Kehidupan

21 April 2022
Salah satu wilayah Jakarta Barat yang mendapat berkah paket lebaran Tzu Chi adalah Kebon jeruk, Tomang, Taman Ratu, Kosambi, Semanan dan Bojong Indah. Di Bojong Indah, pembagian paket lebaran ini dikoordinir Elly Widjaja. 
Paket Lebaran 2022: Kepedulian Menciptakan Jalinan Cinta Kasih Tak Berujung

Paket Lebaran 2022: Kepedulian Menciptakan Jalinan Cinta Kasih Tak Berujung

13 April 2022

Menyambut lebaran di tahun 2022, Yayasan Tzu Chi secara bertahap menyalurkan 52 ribu paket lebaran ke wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -