Paket Lebaran 2024: 1.950 Paket Sembako untuk Warga Kamal Muara

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Relawan Tzu Chi Indonesia membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini sebanyak 1.950 paket sembako dibagikan kepada warga RW 01 dan RW 04, Kamal Muara.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di wilayah Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu, 16 Maret 2024. Dalam kegiatan ini sebanyak 1.950 paket sembako dibagikan kepada warga di RW 01 dan RW 04, yang sebelumnya telah mendapatkan kupon dari relawan Tzu Chi pada Senin, 11 Maret 2024.

Selain di berbagai wilayah di Jakarta, pembagian lebih dari 20.000 paket sembako dalam rangka menyambut Lebaran ini juga dilakukan di Tangerang (Banten),  Bekasi, Cikarang, dan Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pluit dan He Qi Angke, staf Tzu Chi School, dan staf Tzu Chi Hospital yang bersungguh hati. Dalam kegiatan ini, paket yang dibagikan terdiri dari beras 10 kg dan 20 bungkus Mi DAAI di dua lokasi yaitu di Aula RW 01 Kamal Muara sebanyak 1.050 paket dan Masjid Nurul Bahar (RW 04) sebanyak 900 paket. Selain itu relawan Tzu Chi juga mengelar bazar pakaian layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau bagi warga.

Teksan Luis, Koordinator Pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Kamal Muara berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban ekonomi warga di bulan puasa ini. “Karena memang saat ini harga beras naik, jadi kita fokus memberikan beras dan bantuan lain berupa mi instan. Semoga sembako yang dibagikan ini bisa bermanfaat dan membantu warga khususnya di bulan Ramadan,” ungkap Teksan.

Dengan penuh sukacita, warga Kamal Muara dengan tertib mengantre sambil membawa kupon Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 yang telah dibagikan relawan Tzu Chi sebelumnya.

Selain pembagian paket beras dan mi instan, relawan Tzu Chi juga menggelar bazar pakaian layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau bagi warga Kamal Muara.

Para warga pun juga sudah berkumpul saat relawan tiba. Meski tengah menjalankan ibadah puasa, namun warga tetap antusias dan bersemangat membawa kupon yang akan mereka tukarkan dengan beras dan mi instan dari Tzu Chi.

Salah satu warga yang menerima bantuan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 dari Tzu Chi adalah Tatik (46), warga RT 009/05 Kamal Muara. Ibu rumah tangga ini tinggal bersama 5 anggota keluarganya di rumah sedangkan suaminya adalah seorang nelayan. Sudah 20 hari suaminya tidak ke laut karena cuaca yang buruk dan tidak ada pemasukan di keluarga. “Senang karena beras mahal. Kalau dapat ini agak ringan, uangnya bisa buat beli lainnya. Suami nelayan, tetapi sudah beberapa hari tidak melaut karena cuaca buruk,” ungkap Tatik mengeluh.

Ia pun sangat bersyukur karena beras yang didapatkan dari Tzu Chi tersebut bisa untuk membantu kebutuhan rumah tangga selama 10 hari lebih. “Alhamdulillah, buat Buddha Tzu Chi mudah-mudahan rezekinya lebih banyak dan bisa membantu orang-orang. Ini membantu banget (beras dan mi instan), Tzu Chi suka memberikan bantuan terutama di bulan puasa,” lengkap Tatik.

Rasa bahagia tak bisa disembunyikan Robiyah setelah mendapatkan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 dari Tzu Chi. Sesampainya dirumah, Robiyah segera menampi beras yang ia dapatkan dengan menggunakan tampah.

Begitu pula dengan Robiyah (47), warga RT 005/04 Kamal Muara yang pada hari itu juga mendapatkan bantuan Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 dari Tzu Chi. Sudah sebulan ini ia mengeluhkan mahalnya harga beras di pasaran, bantuan ini pun membuatnya bisa menghemat pengeluaran. “Aduh seneng banget, mana beras lagi mahal. Uang buat beli beras bisa buat yang lain, buat beli minyak, beli takjil,” kata Robiyah.

Sudah lama Robiyah hidup bersama anak-anaknya dalam satu rumah. Suaminya yang tadinya berprofesi sebagai nelayan juga sudah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu karena sakit. Sehari-harinya Robiyah hanya mengadalkan pemberian dari anaknya untuk keperluan rumah tangga. Dengan adanya bantuan dari Tzu Chi ini ia pun sangat berterima kasih. “Saya mengucapkan terima kasih banyak buat Buddha Tzu Chi sudah bantu kita semua. Semoga selalu jaya dan terus membantu kita orang kecil ini,” ungkap Robiyah bersukacita.

Semangat untuk Tulus Bersumbangsih
Pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Kamal Muara ini bukan tanpa tantangan. Sebelum tiba di lokasi, hujan deras yang mengguyur sejak pagi terus mengiringi perjalanan relawan. Tetapi hal tersebut tidak sedikitpun menyurutkan langkah mereka untuk terus berbagi kebahagiaan dengan warga-warga Kamal Muara.

Dengan penuh semangat, relawan Tzu Chi tetap mempersiapkan kegiatan pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024. Tampak relawan Tzu Chi, Tju Andi, Bambang, dan Teksan Luis bergotong royong mempersiapkan tenda Tzu Chi di tengah guyuran hujan.

Setibanya di Kamal Muara, dengan menggunakan jas hujan dan melepas sepatu, para relawan tetap bersemangat dan bersukacita di bawah guyuran hujan untuk menyiapkan acara pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024. “Kita tetap bersemangat demi masyarakat, karena harga beras juga tinggi apalagi ini kan sudah menuju hari raya (Lebaran). Jadi pantang mundur, tetap kami lakukan walaupun hujan deras,” ungkap relawan Tzu Chi, Tju Andi.

Erika, salah satu staf Tzu Chi Hospital ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Kamal Muara dengan mengumpulkan kupon dari para warga sebelum mendapatkan beras dan mi instan.

Selain para relawan, sebanyak 15 staf Tzu Chi Hospital yang juga berkontribusi dalam kegiatan pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Kamal Muara ini. Setelah mendengarkan arahan, mereka segera menempati posisi pada alur pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024. “Awalnya takut juga, bagaimana membaginya dengan warga apalagi kondisinya hujan. Tapi semangat untuk membagikan berkat itu luar biasa. Kita memakai jas hujan untuk membagikan beras dan mi ini,” ungkap Erika, salah satu staf Tzu Chi Hospital. “Harapan saya mereka bisa bersyukur dengan berkat ini. Ada yang bisa mereka memanfaatkan (sembako) untuk menutupi kekurangan baik hari ini ataupun beberapa hari berikutnya,” tambahnya.

Dengan penuh kehati-hatian, Grace, guru SD Tzu Chi School membantu Tatik, warga RT 009/05 Kamal Muara agar tidak tergelincir setelah menerima Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Masjid Nurul Bahar.

Begitu pula dengan para guru Tzu Chi School yang siap sedia membantu para warga Kamal Muara setelah menerima Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 dari Tzu Chi. Grace, guru kelas 4 SD Tzu Chi School asal Filipina dalam kesempatan ini merasa bersyukur. Walaupun dalam kondisi hujan deras tetapi masih bisa membantu orang lain. “Saya merasa sangat bersyukur dan senang walaupun hari ini hujan tapi rasanya sangat senang karena bisa memakai cara yang sederhana untuk membantu sesama. Saya percaya dalam melayani itu harus sepenuh hati, jadi walaupun situasi sesulit apapun kita bisa memakai kekuatan kita untuk membantu,” jelas Grace.

Dengan menggunakan jas hujan, Grace pun berusaha membantu warga yang sudah menerima Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 dari Tzu Chi untuk keluar dari lokasi pembagian di Masjid Nurul Bahar agar tidak tergelincir. “Saya berdoa agar mereka (warga Kamal Muara) sejahtera dan Tuhan terus memberkati mereka. Dan semoga Tzu Chi juga terus penuh berkah agar bisa membawa berkah bagi orang-orang yang membutuhkan,” jelas Grace di akhir kegiatan pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran 2024 di Kamal Muara.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Senangnya Warga Cipaku Bogor Dapat Paket Lebaran Tzu Chi

Senangnya Warga Cipaku Bogor Dapat Paket Lebaran Tzu Chi

21 Maret 2024

Berlokasi di Kantor Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, para relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li Bogor membagikan 450 paket lebaran.

Semangat Para Relawan Tzu Chi di Kota Medan dalam Menebar Cinta Kasih

Semangat Para Relawan Tzu Chi di Kota Medan dalam Menebar Cinta Kasih

01 April 2024

Dengan semangat yang membara, para relawan Tzu Chi dari komunitas Hu Ai Medan Perintis menyalurkan 964 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan.

Paket Lebaran Tzu Chi untuk Warga di Sei Agul, Kota Medan

Paket Lebaran Tzu Chi untuk Warga di Sei Agul, Kota Medan

03 April 2024

Para relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai Petisah membagikan 730 paket Lebaran untuk warga di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Minggu, 24 Maret 2024. Paket Lebaran yang dibagikan ini berisi beras 10 kg, DAAI Mi, minyak goreng 1,8 liter, dan 2 botol sirup.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -