Tebarkan Kebahagiaan, Tzu Chi Bagikan Paket Lebaran di Kelurahan Sunter Jaya

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Tjhin Men Hao, Robby Lulianto, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Nenek Idjah begitu senang menerima paket lebaran Tzu Chi.

Seolah alam merestui, cuaca pada Minggu 11 Maret 2023 mendung, sama sekali tak gerah. Sebanyak 51 relawan Tzu Chi dari Komunitas Hu Ai Pusat Sehati pun diliputi semangat saat membagikan kupon paket lebaran dari rumah ke rumah di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.

Ada 800 kupon yang dibagikan, yang mana kupon tersebut dapat ditukarkan dengan 10 kg beras dan 20 DAAI Mie pada 17 Maret 2024. Lastinah (55), ibu dari empat anak, sehari-hari bekerja sebagai pemulung. Salah satu anaknya memiliki keterbatasan emosional. Menerima kupon paket lebaran membuat Lastinah sangat senang.

Darman Setiawan membantu warga memakai jas hujan saat mengambil paket lebaran Tzu Chi.

Warga berbaris rapi saat menukarkan kupon paket lebaran.

Pada Minggu, 17 Maret 2024, relawan yang turut membagikan paket lebaran bertambah jumlahnya, mencapai 69 relawan. Pagi-pagi sekali mereka sudah berkumpul kembali di Kelurahan Sunter Jaya.

“Bapak Ibu yang berbahagia, bulan Ramadan yang penuh berkah ini dan dalam rangka mempererat silaturahmi, kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi ingin berbagi kebahagiaan melalui paket cinta kasih lebaran,” ujar Tikwanto sebagai koordinator kegiatan menyapa warga.

Nenek Idjah (77), maju sebagai perwakilan warga dalam simbolis penyerahan paket lebaran. Ia mengaku sangat senang. “Nenek senang dapat beras ini, bisa buat makan di rumah, soalnya anak nenek cuma kerja serabutan" ujarnya.

Ibu Lastinah ditemani anaknya membawa pulang paket lebaran dengan hati yang gembira.

Kondisi rumah Ibu Lastinah. 

Ibu Lastinah juga tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. "Saya merasa senang sekali, karena ini bisa sangat membantu saya untuk makan sehari-hari,” katanya.

Eka Persilian Yeluma, Lurah Sunter Jaya berterima kasih atas kepedulian Tzu Chi kepada warganya. “Ini yang pasti sangat positif untuk warga sesuai komitmen hari ini dibagi untuk lansia, yatim, difabel dan warga kurang mampu. Tepat sasaran dan luar biasa, saya berterima kasih dan mengapresiasi, saya berharap kami dapat kembali bekerja sama di bidang lainnya,” tutur Lurah Sunter Jaya.

Eka Persilian Yeluma bersyukur warganya diperhatikan oleh Tzu Chi.

Sementara itu, Darman Setiawan warga Cipinang yang sebentar lagi mengikuti pelatihan untuk menjadi relawan Tzu Chi. Ia mengungkapkan kebahagiannya mengikuti pembagian paket lebaran Tzu Chi. “Saya sering menonton Master Cheng Yen di televisi, terdorong rasa kagum kepada Beliau, hidup cuma sekali, saya ingin menjadi bermanfaat untuk sesama, seperti kegiatan hari ini,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

01 April 2024

Momen pembagian paket sembako ini dirasakan sangat tepat sekali, ketika harga-harga merangkak naik menjelang hari raya. 

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

15 April 2024

Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijrah, Tzu Chi Jambi mengadakan baksos pembagian paket sembako di sekitar lingkungan pembangunan gedung Kantor Tzu Chi Jambi. Paket berisi beras, tepung, biskuit, sirup, dan susu.

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi memberikan 1.000 paket sembako untuk warga Duri Utara, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Seminggu sebelumnya kupon telah dibagikan relawan untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -