Paket Lebaran untuk Meringankan Beban Penerima Bantuan Tzu Chi

Jurnalis : Abdul Rahim (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan 42 paket lebaran bagi para Gan En Hu yang akan merayakan Idul Fitri.

Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu umat Islam selepas menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Untuk menambah kebahagiaan para penerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu yang akan merayakan Idul Fitri, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket Idul Fitri 1443 H, di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sabtu, 23 April 2022.

Sekitar pukul 14.30 WIB, para Gan En Hu mulai berdatangan ke kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Sebanyak 30 Gan En Hu pun memadati ruangan kegiatan Tzu Chi di lantai 2.

Pembagian paket lebaran diawali dengan penghormatan kepada Master Cheng Yen, setelah itu para penerima bantuan disuguhi sebuah tayangan Lentera Kehidupan Master Cheng Yen yang berjudul “Berdoa untuk Keharmonisan Dunia dengan Cinta Kasih.”

“Walaupun selama dua tahun kita tidak pernah kumpul, tetapi dampingan kami (relawan) tidak pernah putus,” ungkap Sukmawati, Ketua Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Paket lebaran ini diberikan kepad 30 Gan En Hu yang berdomisili di Tanjung Balai Karimun, 8 Gan En Hu di Pulau Tanjung Batu Kecil dan 4 Gan En Hu di Pulau Tanjung Batu Kota.

Salmiah mengalami kecelakaan parah pada tahun 2017. Ia sangat berterima kasih kepada Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang telah membantu biaya pengobatannya.

Pada kesempatan ini, para Gan En Hu diajak berbagi kisah. Salah satunya Salmiah Simamurra (34) penerima bantuan pengobatan yang mengalami kecelakaan parah pada 2017. Kecelakaan tersebut mengakibatkan ia sempat koma selama 10 hari, dan mengalami pendarahan hebat di pahanya, dan hancur tulang tangan sebelah kanan.

Salmiah sudah empat kali menjalani operasi di Rumah Sakit Ortopedi Karima Utama di Surakarta, dan satu kali operasi di Rumah Sakit Ortopedi Dr. Soeharso untuk melakukan cangkok tulang siku. Ia pun akan terus melakukan kontrol ke rumah sakit untuk menjalani operasi selanjutnya.

Adapun jalinan jodohnya dengan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun terjalin pada tahun 2021. Ia sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun yang telah membantunya mulai dari biaya tranportasi, biaya hidup dan obat di luar jaminan BPJS saat ia berobat di Solo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi. Selain membantu saya pengobatan, Alhamdulillah, Yayasan Buddha Tzu Chi memberikan saya paket lebaran yang saya bisa rayakan bersama anak-anak saya,” ucap Salmiah.

Susi (40) relawan komite yang betugas sebagai pembawa acara pada pembagian paket lebaran kali ini.

Bantuan yang diberikan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun ini diharapkan dapat meringankan beban para Gan En Hu.

Sebanyak 42 paket lebaran pun dibagikan kepada para Gan En Hu yang merayakan Idul Fitri 1443 Hijriyah. Paket lebaran yang dibagikan terdiri dari 30 paket untuk Gan En Hu yang berdomisili di Tanjung Balai Karimun, 8 paket di Pulau Tanjung Batu Kecil dan 4 paket di Pulau Tanjung Batu Kota yang sudah disiapkan relawan jauh-jauh hari.

Susi, relawan yang betugas sebagai pembawa acara pada pembagian paket lebaran ini berharap, paket ini bisa meringankan beban para penerima bantuan untuk merayakan lebaran.

“Semoga paket yang kami berikan ini bisa sedikit banyak meringankan beban mereka, dan semoga kedepannya mereka bisa hidup lebih baik lagi,” ucap Susi.

Seperti kata perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Masalah di dunia tidak dapat diselesaikan oleh satu orang saja, dibutuhkan uluran tangan dan kekuatan banyak orang untuk dapat menyelesaikannya.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran untuk Meringankan Beban Penerima Bantuan Tzu Chi

Paket Lebaran untuk Meringankan Beban Penerima Bantuan Tzu Chi

26 April 2022

Untuk menambah kebahagiaan para penerima bantuan Tzu Chi atau Gan En Hu yang akan merayakan Idul Fitri, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket Idul Fitri 1443 H, di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, Sabtu, 23 April 2022.

Paket Lebaran 2022: Seberkas Sinar dalam Kehidupan yang Pudar

Paket Lebaran 2022: Seberkas Sinar dalam Kehidupan yang Pudar

18 April 2022

Kata kiasan kunang-kunang sangatlah tepat bagi relawan Tzu Chi. Di mana ada relawan, penderitaan akan berkurang. Relawan Kebon Jeruk 1 menyalurkan 150 paket lebaran 2022 di Taman Aries, Kebon jeruk 1 Jakarta Barat.

Tzu Chi Binjai Bagikan 1.114 Paket Lebaran 2022 untuk Kecamatan Binjai

Tzu Chi Binjai Bagikan 1.114 Paket Lebaran 2022 untuk Kecamatan Binjai

18 Mei 2022

Peringatan ulang tahun Master Cheng Yen dilaksanakan di sekolah Gajah Mada Binjai ini membagikan 1.114 paket lebaran 2022 yang berisi beras dan minyak goreng.

Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -