Peduli Gempa Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital Gelar Penuangan Celengan dan Penggalangan Dana

Jurnalis : Arimami Suryo A., Fotografer : Arimami Suryo A.

Jajaran Tzu Chi Hospital mengadakan kegiatan penuangan celengan bambu dan penggalangan dana untuk membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

Sebagai bentuk solidaritas serta empati, Tzu Chi Hospital mengadakan penuangan celengan bambu untuk membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah pada Rabu, 15 Februari 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Lobi lantai 1 Tzu Chi Hospital ini diikuti oleh karyawan dari berbagai divisi, dokter, dan direktur Tzu Chi Hospital. Selain itu, para staf Tzu Chi Hospital juga berkeliling untuk menggalang dana dari para pasien dan pengunjung untuk ikut berpartisipasi membantu para korban gempa di Turki dan Suriah.

Direktur Utama Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Sp. BS memberikan sambutan sebelum penuangan celengan bambu dimulai.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Sp. BS menyambut baik kegiatan penuangan celengan bambu dan penggalangan dana untuk korban gempa Turki dan Suriah yang dilakukan oleh jajaran Tzu Chi Hospital. “Penuangan celengan bambu kali ini untuk membantu korban gempa di Turki. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tetapi kita di sini bisa ikut berpartisipasi meringakan beban mereka. Dan ini selaras dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen yang menyebutkan, ‘Setiap perbuatan baik akan membuat keberkahan semakin banyak dan bencana semakin berkurang’,” ungkap dr. Gunawan Sp. BS.

Sebelum penuangan celengan, jajaran Tzu Chi Hospital juga melaksanakan doa bersama untuk para korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

Direktur Senior Tzu Chi Hospital, Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS (K), Direktur Utama Tzu Chi Hospital, dr. Gunawan Sp. BS, dan Direktur Umum Tzu Chi Hospital, Suriadi mengawali kegiatan penuangan celengan bambu untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Setelah menyimak Ceramah Master Cheng Yen dan berdoa dengan diiringi lagu Dunia Bebas Bencana, prosesi penuangan celengan bambu mulai dilakukan. Penuangan diawali oleh Direktur Senior Tzu Chi Hospital, Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS (K) dilanjutkan oleh jajaran direktur, staf, dan tim medis Tzu Chi Hospital.

Salah satu staf Tzu Chi Hospital yang ikut dalam penuangan celengan bambu untuk korban gempa di Turki dan Suriah ini adalah Iis Islamyati, seorang perawat. Kegiatan penuangan celengan bambu ini menjadi pengalaman yang pertama baginya karena ia baru bekerja selama 3 minggu di Tzu Chi Hospital.

Iis Islamyati, dari bagian perawat Tzu Chi Hospital menuangkan celengan bambu miliknya. Kegiatan penuangan ini pun membuatnya senang karena bisa membantu korban gempa dan menjadi pengalaman pertama baginya.

“Ini baru pertama kali, soalnya di tempat kerja yang dulu belum pernah. Di rumah sakit yang lain juga belum tentu ada. Ini benar-benar memotivasi untuk diri kita sendiri, untuk orang lain juga. Saya juga terharu dan senang banget bisa ikut kegiatan ini,” ungkap Iis.

Iis pun berharap apa yang dilakukannya hari ini bersama dengan jajaran Tzu Chi Hospital bisa ikut meringankan penderitaan para korban bencana gempa di Turki dan Suriah. “Semoga dengan adanya penuangan celengan bambu ini bisa membantu para korban yang ada disana (Turki) dan semoga orang-orang banyak yang ikut membantu juga,” jelas Iis di akhir kegiatan.

Purwanto, warga Karawaci, Tangerang yang sedang melakukan konsultasi medis di Tzu Chi Hospitalikut berpartisipasi dalam penggalangan dana bagi korban gempa di Turki dan Suriah.

Selain jajaran Tzu Chi Hospital, para pengunjung dan pasien yang berada di Tzu Chi Hospital juga tidak mau ketinggalan untuk ikut berdonasi. Para relawan Tzu Chi yang berkeliling untuk menggalang dana bagi korban gempa di Turki dan Suriah juga mendapat sambutan positif. Salah satu pasien yang ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana ini adalah Purwanto (72), warga Karawaci, Tangerang yang sedang melakukan konsultasi medis di Tzu Chi Hospital.

“Kita melihat kalau Tzu Chi lebih realistis bukan hanya sekerdar donasi lalu nggak ada kabarnya, ini kan buat membatu. Kita kalau ada kesempatan ya ikut membantu, karena kalau enggak kita mau membantu kemana. Karena ini Force Majeure (keadaan darurat) harapannya dengan kita memberikan bantuan dapat ikut membantu meringankan beban mereka (korban gempa Turki),” ungkap Purwanto.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Tzu Chi School Galang Dana bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

Tzu Chi School Galang Dana bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

15 Februari 2023

Tzu Chi School mengadakan kegiatan galang dana untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah secara bertahap pada 13-16 Febuari 2023. Kegiatan ini diawali dengan doa bersama dan diikuti oleh seluruh murid beserta staf Tzu Chi.

Peduli Gempa Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital Gelar Penuangan Celengan dan Penggalangan Dana

Peduli Gempa Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital Gelar Penuangan Celengan dan Penggalangan Dana

15 Februari 2023

Sebagai wujud empati bagi korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital mengadakan penuangan celengan dan penggalangan dana untuk membantu para korban gempa.

Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

06 Maret 2023
Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki-Suriah pada Senin, 6 Februari 2023 . Akibat gempa bumi berskala besar ini, ribuan korban meninggal dunia. Sebagai bentuk solidaritas dan upaya untuk meringankan duka para korban, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengadakan Penuangan Celengan Bambu Cinta Kasih Tzu Chi dan pengiriman bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Turki.
Gunakanlah waktu dengan baik, karena ia terus berlalu tanpa kita sadari.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -