Persiapan Pengiriman Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Gempa Turki

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya
Relawan Tzu Chi dari berbagai komunitas di Jakarta dan Tangerang pada Jumat 17 Februari 2023 menyiapkan bantuan kemanusiaan berupa selimut tebal dan genset untuk dikirimkan kepada korban gempa Turki dan Suriah.

Dukungan bagi korban gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023 terus mengalir dari berbagai pihak. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melalui Pemerintah RI menjadi salah satu organisasi kemanusiaan yang akan menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa 4.800 lembar selimut tebal Taiwan dan 30 unit genset berkapasitas 2 ribu watt untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

Hal ini disampaikan Edi Sheen, relawan Tzu Chi komunitas dari He Qi Tangerang yang datang ke Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara untuk menyiapkan bantuan selimut Taiwan dan genset pada Jumat, 17 Februari 2023.

Edi Sheen, relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Tangerang bersama relawan lainnya menempelkan stiker-stiker logo Tzu Chi pada kotak-kotak dus yang berisi selimut tebal dan genset.

Setelah selesai ditempel dengan sticker Tzu Chi, kotak dus berisi selimut tebal kemudian dipindahkan menuju kendaraan yang sudah disiapkan.

"Kita sedang menempelkan stiker Tzu Chi pada barang bantuan berupa selimut Taiwan serta genset yang akan segera dikirim secepatnya. Para relawan bersatu hati menyiapkan bantuan untuk saudara kita yang terdampak gempa bumi di Turki,” ujar Edi.

Para relawan Tzu Chi yang datang dari berbagai komunitas di Jakarta dan Tangerang ini bersatu hati untuk menempelkan stiker-stiker Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia pada kotak-kotak dus yang berisi selimut tebal Taiwan dan genset yang akan dikirimkan ke Turki.

Dalam kesempatan ini Edi Sheen juga mengatakan bahwa bencana gempa di Turki dan Suriah ini adalah bencana yang sangat banyak menelan korban jiwa dan menghancurkan banyak bangunan-bangunan rumah warga dan fasilitas umum. “Kita sebagai relawan Tzu Chi sejak awal sudah menggalang dana dan berkesempatan untuk membantu dalam misi kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Turki,”ucap Edi.

Bantuan selimut dan genset langsung diangkut dengan mobil boks menuju bandara untuk selanjutnya dicek kembali oleh petugas kargo bandara. Peta dan lokasi bencana gempa bumi di negara Turki dan negara Suriah yang dampaknya sangat luas. Data dari CNN Indonesia melansir dari Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turkiye korban tewas akibat gempa dahsyat Turki dan Suriah mencapai 41.000 orang per Jumat 17 Februari 2023.

Barang bantuan yang di kirim oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berupa 4.800 lembar selimut tebal Taiwan dan 30 unit genset berkapasitas 2 ribu watt untuk masyarakat Turki yang terdampak gempa bumi yang berada di pengungsian.

Gelombang pertama misi kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk penanganan pascagempa bumi di Turki, tiba di Bandara Adana, Turki pada 12 Februari 2023. Bantuan kemanusiaan ini terus berlanjut pada gelombang kedua pada 14 Februari 2023, dan bantuan gelombang ketiga pada 20 Februari 2023 yang berisi bantuan kemanusiaan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tzu Chi School Galang Dana bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

Tzu Chi School Galang Dana bagi Korban Gempa Turki dan Suriah

15 Februari 2023

Tzu Chi School mengadakan kegiatan galang dana untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah secara bertahap pada 13-16 Febuari 2023. Kegiatan ini diawali dengan doa bersama dan diikuti oleh seluruh murid beserta staf Tzu Chi.

Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

06 Maret 2023
Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang Turki-Suriah pada Senin, 6 Februari 2023 . Akibat gempa bumi berskala besar ini, ribuan korban meninggal dunia. Sebagai bentuk solidaritas dan upaya untuk meringankan duka para korban, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengadakan Penuangan Celengan Bambu Cinta Kasih Tzu Chi dan pengiriman bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Turki.
Pelepasan Bantuan Bagi Korban Gempa di Turki dan Suriah

Pelepasan Bantuan Bagi Korban Gempa di Turki dan Suriah

21 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ikut berpartisipasi dalam membantu korban gempa di Turki dan Suriah dengan mengirimkan 4.800 lembar selimut dan 30 unit genset melalui Pemerintah Indonesia.

Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -