Peduli Sesama Melalui Donor Darah

Jurnalis : Putradi (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)


Calon donor usai di-scan suhu tubuhnya, diarahkan untuk mencuci tangan sebelum dicek ke tahap selanjutnya.

Donor darah biasa digelar oleh Tzu Chi Palembang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setiap tiga bulan sekali. Kali ini, Minggu 1 Juni 2020, donor darah digelar di The Arista Hotel, di Jl. Kapten A. Rivai, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

Para donor yang datang terlebih dahulu di-scan suhu tubuhnya, lalu diarahkan oleh relawan untuk mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, tentunya tidak lupa menggunakan hand sanitizer sebelum dan sudah donor darah. Selanjutnya peserta mengantre di tempat yang sudah disediakan dengan jarak dua meter untuk menerapkan social distancing dalam upaya mencegah covid-19.

 

Calon donor mengisi registrasi dan kuesioner donor darah yang sudah disiapkan oleh relawan Tzu Chi.


Petugas PMI sedang melakukan pengecekan darah dan tekanan darah pada calon donor.

Donor darah kali ini diikuti oleh 102 peserta. Namun hanya 88 peserta yang lolos dan bisa berdonor. Karena itu darah yang didapatkan sebanyak 88 kantong.

Suteja, relawan Tzu Chi Palembang senang sekali dalam masa sulit, di masa pandemi Covid-19 ini masih bisa bersumbangsih, mendonorkan darahnya.

“Saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) sangat kekurangan darah. Jadi, walaupun masa pandemi kita berusaha membantu sesama,” kata Suteja yang selama Tzu Chi Palembang mengadakan donor darah, ia sudah tiga kali berdonor.

 

Marta, relawan Tzu Chi Palembang mendonorkan darah dengan penuh suka cita.


Salah seorang warga Kota Palembang antusias mengikuti donor darah yang digelar oleh Tzu Chi Palembang di The Arista Hotel pada Minggu, 1 Juni 2020.

Ada juga Marta, relawan Tzu Chi yang turut berdonor.  

“Justru di masa pandemi inilah banyak yang membutuhkan darah dan pendonornya sedikit. Saya berharap sumbangsih saya bisa bermanfaat dan dapat membantu bagi yg membutuhkan,” ujarnya.

“PMI dan Tzu Chi juga menerapkan standard kesehatan seperti physical distancing, menyediakan sabun dan tempat cuci tangan sebelum pintu masuk, di-scan suhu tubuh, wajib memakai masker, petugas selalu ganti sarung tangan dan tempat duduk selalu disemprot disenfektan setiap ganti pendonor. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan,” tambahnya.

 

Melky dan Yanti, relawan Tzu Chi yang bertugas di membagikan suvenir bagi peserta sesudah mendonorkan darah.

Donor darah kali ini sukses berkat kerjasama 23 relawan Tzu Chi dan 8 petugas dari PMI.  

Dengan donor darah, selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain, sang donor juga mendapatkan banyak manfaat. Antara lain menjaga kesehatan jantung, membuat darah mengalir lebih lancar, meningkatkan produksi sel darah merah, dan dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

Tetesan Kepedulian di Bulan Ramadhan

01 Juli 2015 Menjelang minggu-minggu terakhir Bulan Ramadhan, DAAI TV Indonesia mengundang staf DAAI TV dan Yayasan Buddha Tzu Chi serta masyarakat umum untuk mendonorkan darah dalam kegiatan donor darah bertemakan “Berbagi untuk Sesama di Bulan Ramadhan”. 
Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

13 Februari 2023

Bertempat di Season City, Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) pada Minggu, 05 Februari 2023 kembali mengadakan donor darah untuk menambah stok darah PMI di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati.

Mewariskan Cinta Kasih dengan Donor Darah

Mewariskan Cinta Kasih dengan Donor Darah

06 Mei 2014 Untuk mengemban misi amal Tzu Chi dengan pengadaan Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit Royal Progress.
Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -