Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

Jurnalis : Beh Guat Ngo, Nydia Pangesti (He Qi Pusat) , Fotografer : Stella, Beh Guat Ngo, Christine Ristanto, Nydia Pangesti (He Qi Pusat)

Para relawan menelusuri gang dan kadang bertanya kepada warga sekitar manakah rumah warga yang mendapat kupon paket lebaran.

“Satu detik penuh arti akan lebih baik daripada satu hari yang tersia–siakan” Kata Perenungan Master Cheng Yen

Jangan menyia–nyiakan waktu walau sedetikpun, akan lebih baik jika bisa dimanfaatkan untuk menjalin jodoh baik dengan sesama. Bertepatan dengan bulan Ramadan 1444 H yang penuh berkah ini, insan Tzu Chi di Komunitas He Qi Pusat, tepatnya di Xie Li JB3 berkumpul di Sekolah Candra Naya Jakarta Barat pada Minggu 2 April 2023.  Sejak pukul 08.00 WIB, mereka menelusuri setiap gang di Jembatan Besi mulai dari RW 01 hingga RW 010 untuk membagikan 650 kupon yang dapat ditukarkan dengan 10 Kg Beras dan 10 DAAI Mie pada pekan depan tanggal 9 April 2023.

Bertempat di salah satu ruang kelas Sekolah Candra Naya, para relawan mendapat pengarahan singkat dari Hartono selaku koordinator, mengenai mekanisme pembagian kupon.  Lalu para relawan dibagi menjadi 5 kelompok, yang setiap kelompok mendatangi 2 RW. Para Insan Tzu Chi pun didampingi para ketua RW berjalan kaki menelusuri rumah warga.

“Kami mengunjungi warga sembari menjalin jodoh baik dengan mereka, berbagi kasih menjelang Idul Fitri. Jangan lupa juga diingatkan ke warga kupon ditukarkan tanggal 9 April di sekolah ini,” kata Hartono.

Kelompok 3 yang terdiri dari Eva Tajuddin, Beh Guat Ngo, Medeline, Stella, dan Michael Nathan mendapat kesempatan mengunjungi warga RW 003 dan RW 004. Karena banyaknya warga yang harus dikunjungi dalam satu RW, kelompok ini dipecah menjadi 2 kelompok kecil. Beh Guat Ngo, Medeline dan Stella mendapat ladang berkah mengunjungi RW 003 dengan cakupan dari RT 001 hingga RT 015 dengan total sekitar 65 rumah.

Ibu Hasanah menerima kupon dalam keadaan terbaring lemah karena kondisi usia.

Salah seorang warga yang dikunjungi adalah Ibu Hasanah (80) di RT 006 RW 003. Ia seorang ibu rumah tangga yang sudah tidak bekerja, tinggal serumah dengan keluarga besarnya, dari anak hingga cicit. Karena usianya, Ibu Hasanah sudah susah untuk bergerak. Sehari-hari ia hanya berbaring.

“Terima kasih atas bantuannya, sangat berguna. Kami di sini cukup berkekurangan apalagi dengan banyaknya keluarga yang tinggal di sini, nantinya bisa bermanfaat untuk kami sehari–hari,” ujarnya yang diiyakan anggota keluarga lainnya.

Warga lainnya yang menerima kupon adalah Ibu Surti (90) di RT 002 RW 03. Ia tinggal dengan salah seorang anaknya. Di usianya yang sudah begitu senja tetapi masih terlihat bersemangat, ia menyambut para relawan dengan senyuman.

“Nanti ini boleh minta anak saya bantu ambilkan ya, temani saya nanti, makasih banyak ya nak, lumayan buat saya nanti sehari–hari sudah ada beras,” ujarnya sembari menerima kupon dari Medeline.

Di tengah terik matahari yang hampir mencapai puncaknya di pukul 12, dan harus menelusuri gang yang gelap dan berbau tidak sedap, tidak menyurutkan tekad para insan Tzu Chi untuk menjalin jodoh baik dengan warga. Para ketua RT yang mendampingi juga terlihat antusias dan mengapresiasi para relawan Tzu Chi. Pembagian kupon berjalan dengan lancar dan sekitar pukul 15.00 semua kupon dari RW 001 hingga RW 010 selesai dibagikan.

Kebahagiaan Warga Mendapat Paket Sembako

Warga mengantre dengan tertib di Sekolah Candra Naya.

Minggu, 9 April 2023, sejak pukul 07.30, para relawan sudah hadir di Sekolah Candra Naya. Mereka mengikuti briefing pembagian 650 paket sembako dan mempersiapkan segala macam hal dalam upaya kesuksesan acara. Pembagian ini dihadiri oleh 26 relawan. Warga Jembatan Besi pun juga tampak mulai memadati dan mengantre dengan tertib.

Dibuka dengan pemberian simbolis kepada perwakilan warga Jembatan ­­­­­Besi menandakan dimulainya pembagian paket sembako Ramadan. Lima warga dipersilahkan masuk terlebih dahulu agar tidak berdesakan, kemudian relawan mengecek kupon. Setiap pemegang kupon mendapatkan 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI Mie.

Sebanyak 650 paket lebaran yang akan disalurkan kepada para warga penerima kupon telah tertata rapi.

Simbolis pemberian paket lebaran.

“Relawan sangat antusias dan dengan senang hati menjalankan kegiatan baksos hari ini untuk berbagi paket kepada saudara-saudara kita yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Saya sangat terkesan karena pembagian paket dapat berjalan lancar serta turut merasa bersyukur dapat berbagi keberkahan kepada mereka di bulan Ramadan ini,” tutur Hartono, koordinator kegiatan.

Edy Suryana merasa senang dengan paket lebaran yang diberikan Tzu Chi.

Edi Suryana, salah satu warga Jembatan Besi merasa senang atas bantuan paket sembako Ramadan ini. “Merasa terbantu dan meringankan untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Semoga tetap berjalan lancar acaranya dan dapat tepat sasaran serta dapat terus membantu orang-orang yang membutuhkan,” ujar Edi.

Selain itu, Kantiem mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya. “Saya merasa senang dapat bantuan sembako ini dan bisa membantu untuk kebutuhan lebaran nanti. Terima kasih Yayasan Buddha Tzu Chi, mudah-mudahan lancar terus dan dapat terus membantu rakyat kecil yang membutuhkan,” ungkap Kantiem setelah menerima paket sembako.

Kantiem sangat bersyukur bisa mendapatkan paket sembako untuk kebutuhan Lebaran nanti.       
                                    
Haryogi, relawan Tzu Chi sudah cukup lama menjadi relawan turut bersyukur karena pembagian paket sembako ini berjalan lancar dan baik. “Warga tertib dalam mengantre dan mengambil jatah. Para relawan juga dengan senang hati dalam bekerja bersama-sama dan saling membantu. Terima kasih teman-teman relawan yang membantu hari ini. Semoga kedepannya terus bertambah relawan yang bisa membantu kegiatan seperti hari ini,” ucapnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

Seribu Paket Lebaran, Seribu Perhatian untuk Warga Cikarang

10 April 2023

Dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri, relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Cikarang membagikan 1.000 paket Lebaran berisi 10 kg beras dan 20 bungkus DAAI mi kepada warga di Kelurahan Karang Baru, Cikarang Utara.

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

10 April 2023

Sebanyak 650 paket Lebaran diberikan kepada warga Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Sekolah Candra Naya menjadi tempat pembagian kupon, juga tempat pembagian paket.

Tzu Chi Bagikan Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir

Tzu Chi Bagikan Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan 13 Ilir dan 14 Ilir

08 Mei 2023

Tzu Chi Palembang bekerja sama dengan Lurah 13 Ilir dan 14 Ilir serta Polda Sumsel menyalurkan bantuan paket sembako Idul Fitri kepada warga yang membutuhkan.

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -