Pemberkahan Akhir Tahun 2015: Membantu Saudara Yang Membutuhkan

Jurnalis : Sutriani Nasiruddin (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Robin Johan (Tzu Chi Makassar)
Para peserta Pemberkahan Akhir Tahun 2015 di Tzu Chi Kantor Penghubung Makassar sedang berdoa.

Pada tanggal 31 Januari 2016, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Makassar mengadakan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2015. Acara yang bertempat di kantor KP Makassar ini tampak meriah dengan hiasan berwarna merah karena mendekati perayaan hari raya Imlek yang akan dirayakan oleh umat Tionghoa pada 8 Februari 2016 mendatang.

Penampilan isyarat tangan “Lukisan Anak Kambing Berlutut” oleh para relawan dari Tzu Chi Makassar.

Pelaksanaan Pemberkahan Akhir Tahun 2015 ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Susunan acara pada kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 93 tamu ditambah 51 relawan ini dirangkaian sedemikian menarik untuk membuat kegiatan semakin berkesan.  Beberapa tamu yang turut mengikuti rangkaian acara juga berasal dari Yayasan Tionghoa Makassar, wihara, beberapa dokter yang bekerja sama dengan Tzu Chi, dan sejumlah warga.
Salah satu acara inti adalah penayangan video mengenai kilas balik kegiatan-kegiatan Tzu Chi Makassar selama tahun 2015, tayangan ini merupakan sebuah ulasan tentang kegiatan yang dilakukan relawan Tzu Chi Makassar selama tahun 2015.


Tamu undangan menuang celengan bambu yang sudah dikumpulkan selam satu tahun untuk membantu saudara yang membutuhkan.

Setalah penayangan video, para tamu dihibur oleh penampilan isyarat tangan lagu “Lukisan Anak Kambing Berlutut”. Kali ini, isyarat tangan membuat tamu terhibur karena penampilan yang cukup menarik oleh para relawan Tzu Chi. Kemudian acara dilanjutkan dengan diadakannya penuangan celengan bambu. Semua tamu dan relawan menuang isi celengan bambu yang telah dikumpulkan selama setahun, ini sebagai bentuk kesungguhan hati untuk membantu saudara yang membutuhkan. Salah satu acara inti adalah penayangan video mengenai kilas balik kegiatan-kegiatan Tzu Chi Makassar selama tahun 2015, tayangan ini merupakan sebuah ulasan tentang kegiatan yang dilakukan relawan Tzu Chi Makassar selama tahun 2015.
Pembagian angpao dari Master Cheng Yen dalam acara Pemberkahan Akhir Tahun 2015 Tzu Chi Makassar.

Sebagai penutup kegiatan Pemberkahan Akhir Tahun 2015 ini, dilakukan penjelasan mengenai angpao Master Cheng Yen. Dengan seksama para peserta memahami apa maksud angpao dari Master Cheng Yen. Bukan hanya dijelaskan, tapi angpao tersebut dibagikan kepada masing-masing orang yang ada diruangan, agar mereka lebih memaknai apa maksud dari Master Cheng Yen.

Artikel Terkait

Pementasan Drama Lukisan Anak Kambing Berlutut

Pementasan Drama Lukisan Anak Kambing Berlutut

16 Mei 2016
Sebanyak 320 hadirin memenuhi Hall D Mangga Dua Surabaya dalam rangka Perayaan Waisak 2016.  Relawan Tzu Chi Surabaya menampilkan drama yang menyentuh perasaan para relawan dan peserta yang hadir. 
Waisak 2016 : Mewujudkan Keharmonisan dan Ketentraman

Waisak 2016 : Mewujudkan Keharmonisan dan Ketentraman

23 Mei 2016

Pada tanggal 15 Mei 2016, insan Tzu Chi Kantor Penghubung Padang menyelenggarakan peringatan Waisak di Hotel Mercure Padang. Jumlah peserta yang hadir mencapai 300 orang yang terdiri dari 50 relawan Tzu Chi, tokoh-tokoh agama, dan masyarakat umum yang ada di kota Padang.

Sekuntum Bunga dan Secangkir Teh Manis

Sekuntum Bunga dan Secangkir Teh Manis

23 Desember 2014 Tokoh anak yang memerankan peran ini sangat menjiwai karakter dengan menggerakkan tubuh serta didukung oleh ekspresi wajah. Tokoh tersebut adalah Cahyadi, salah satu siswa dari sekolah Dharma Suci. Ia memerankan anak berandal yang setelah ditangkap oleh polisi masih melawan orang tua.
Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -