Penuangan Celengan Bambu di Tzu Chi Palu

Jurnalis : Sela, Melissa (Tzu Chi Palu), Fotografer : Sela, Ninin (Tzu Chi Palu)

Kepedulian dan cinta kasih para karyawan Swiss-Belhotel terwujud dalam penuangan celengan bambu mereka.

Pekan terakhir di bulan Januari 2023 menjadi penutup yang penuh berkah bagi relawan Tzu Chi Palu. Tepatnya pada 24-31 Januari 2023, relawan Tzu Chi Palu melaksanakan penuangan celengan bambu bagi kantor-kantor dan sekolah sekitar. Pada penuangan celengan bambu ini, relawan Tzu Chi Palu juga menjelaskan bahwa penuangan celengan bambu akan dilakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Relawan juga memberikan Buletin Tzu Chi Indonesia pada kantor-kantor yang dikunjungi agar mereka dapat lebih mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Kegiatan dimulai pada 24 Januari 2023 di Swiss-Belhotel Palu. Kepedulian dan cinta kasih dari para karyawan Swiss-Belhotel Palu membuat kegiatan ini berjalan dengan baik. Mumun Mustikawati, salah seorang relawan Palu menyampaikan kesannya mengikuti penuangan celengan bambu ini.

Penuangan celengan oleh karyawan Bank BCA Palu. Meski sedang bekerja mereka menyempatkan waktu untuk menuangkan celengan dengan hati yang gembira.

“Setelah resmi menjadi relawan ini adalah kegiatan penuangan celengan yang kedua kalinya. Adapun perasaan kami untuk penuangan celengan pada hari ini, saya mewakili teman-teman, rasanya bahagia karena semua orang yang berbagi berkah hari ini senang dan antusias. Mulai dari atasan hingga para karyawan, semua bersama-sama menuang isi celengan masing-masing dengan rasa gembira dan sukacita, amanah para penyumbang pasti akan diteruskan kepada yang sangat membutuhkan,” ujarnya.

Keesokan harinya, relawan Tzu Chi Palu melanjutkan rangkaian kegiatan penuangan celengan bambu di Kantor BCA. Penuangan celengan bambu dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WITA. Karyawan Bank BCA menyambut baik kedatangan relawan Tzu Chi Palu dalam penuangan celengan bambu ini. Walaupun sedang bekerja mereka menyempatkan waktu untuk menuang celengan dengan hati yang gembira dan berharap dana yang dikumpulkan dapat membantu sesama yang membutuhkan.

Penuangan celengan oleh siswa-siswi SD Karuna Dipa didampingi oleh guru dan relawan Tzu Chi Palu.

Kegiatan dilanjutkan pada 26 Januari 2023 pada waktu yang sama di Sekolah Karuna Dipa. Siswa-siswi Sekolah Karuna Dipa sangat antusias untuk menuang hasil celengan bambu mereka. Seluruh siswa berbaris mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA sambil memegang celengan bambu mereka masing-masing. Para murid Sekolah Karuna Dipa menyisihkan uang jajan mereka kedalam celengan bambu setiap hari, terkesan sederhana namun kebiasaan baik ini akan menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi orang lain.

Kepala Sekolah Dasar Karuna Dipa, Ibu Sukesi, menyampaikan kesannya mengenai kegiatan penuangan celengan bambu yang dilaksanakan. “Ini bagian dari cara membangun karakter anak untuk peduli dan berempati dengan bencana atau musibah yang sering terjadi, terutama di Sulawesi Tengah, Jadi kami sangat terkesan karena kehadiran Yayasan Buddha Tzu Chi ini turut membantu kami memupuk jiwa sosial anak” ucap Ibu Sukesi.

Siswa-siswi Sekolah Karuna Dipa sangat antusias pada penuangan celengan bambu mereka.

Kegiatan penuangan celengan bambu di Sekolah Karuna Dipa turut dihadiri oleh Bapak Kadri, S.Pd selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu. “Saya hanya mengucapkan ungkapan terima kasih kepada seluruh relawan yang mana sampai hari ini belum berhenti bekerja untuk membantu teman-teman yang ditimpa bencana, mulai dari bencana likuefaksi, tsunami kemudian banjir di tempat lain. Namun demikian semangat teman-teman relawan ini tidak pernah pudar” ungkapnya pada relawan Tzu Chi Palu.

Pada 30 Januari 2023, relawan Tzu Chi Palu melanjutkan rangkaian kegiatan penuangan celengan bambu dengan mendatangi Kantor Maybank Palu. Meskipun kegiatan kali ini dilakukan dalam jam kerja, karyawan Maybank Palu tetap menyambut hangat kedatangan relawan Tzu Chi Palu. Ibu Diana selaku Service Manager di MayBank menyampaikan kesannya setelah mengikuti kegiatan penuangan celengan bambu pagi itu.

Karyawan Maybank Palu saat penuangan celengan.

“Yang pastinya saya merasa puas, ada kebanggaan dalam diri saya sendiri bisa membantu, mungkin dananya tidak terlalu besar, tapi kami mengharapkan dana tersebut bisa bermanfaat buat orang lain dan tentunya bisa membawa keberkahan buat kami,” ucap Ibu Diana.

Penuangan celengan bambu pada bulan Januari ini diakhiri dengan penuangan di Kantor PT. Tompotika Raya pada 31 Januari 2023. Relawan Tzu Chi Palu menyiapkan kegiatan ini dengan semangat dan disambut dengan baik oleh karyawan PT. Tompotika Raya. Seni, seorang karyawan PT. Tompotika Raya, menyatakan bahwa berdonasi dengan celengan bambu merupakan kegiatan yang sangat positif, meskipun dana yang diberikan terasa kecil baginya tapi dapat berarti besar bagi mereka yang membutuhkan.

Penuangan celengan oleh karyawan PT. Tompotika Raya.

Seluruh donasi yang terkumpul dari rangkaian kegiatan penuangan celengan bambu di Palu secara bersama-sama dihitung oleh relawan Tzu Chi Palu di kantor. Setiap orang yang telah berdonasi, berapapun jumlahnya, sudah turut beramal membantu sesama yang membutuhkan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kesuksesan Bisa Berawal dari Amal

Kesuksesan Bisa Berawal dari Amal

05 Maret 2018
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengisi seminar dan menggelar Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT) kepada 250 karyawan Bank BCA KCU Asemka. Para karyawan tampak menyimak dengan sangat baik isi materi yang disampaikan.
SMAT di Bank Panin, Medan

SMAT di Bank Panin, Medan

24 Juni 2015 Mau berbagi pada sesama yang membutuhkan, itulah yang ingin ditunjukkan oleh Bank Panin Kantor Cabang Medan dengan mengikuti kegiatan SMAT dan memberikan sumbangan hasil penggalangan dana gempa Nepal kepada Tzu Chi Medan.
SMAT: Memberi Tanpa Perbedaan

SMAT: Memberi Tanpa Perbedaan

30 September 2013 Para santri dan santriwati pun dengan penuh semangat menerima celengan bambu ini. Bahkan ada diantara mereka yang menginginkan dua celengan. Melihat kondisi demikian, para insan Tzu Chi semakin bersemangat dalam membagikan celengan.
Beramal bukanlah hak khusus orang kaya, melainkan wujud kasih sayang semua orang yang penuh ketulusan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -