Perayaan Hari Ibu: Kasih Ibu Sangatlah Berharga

Jurnalis : Lily Diana Fitri, Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie li Kalteng 3

Tarian “Hanjak Kasanangan Anak Tabela” membuat suasana peringatan Hari Ibu lebih semarak.


Sebagai seorang manusia yang harus tahu membalas budi, renungkanlah dari mana tubuh kita berasal, betapa sulitnya orangtua membesarkan dan membidik kita, dan apa yang harus kita lakukan untuk membalas budi luhur mereka.
Kata Perenungan Master Cheng Yen.  

Setangkai bunga mewakili banyak hal. Itu pula yang dilakukan 27 siswa kelas 5 SD Eka Tjipta Perdana untuk orang tua mereka pada perayaan Hari Ibu. Acara ini digelar relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Perdana Mill dan Transport pada Sabtu (16/12/23). Tangis haru tak terbendung. Anak-anak dan orang tua juga relawan larut dalam suasana. Aziz, salah satu siswa mendahului rangkaian acara ini dengan menyanyikan lagu berjudul “Bunda” yang diciptakan Melly Goeslaw. Ia menyanyi dengan merdu dan membuat semua relawan dan orang tua murid menangis terharu dan ikut turut bernyanyi bersama.

Semua siswa membawa bunga. Mereka berbaris rapi perlahan menghampiri orang tua masing-masing untuk memberikan bunga. Suasana semakin haru dan membuat semua orang menyadari bahwa ibu adalah seorang yang paling berjasa untuk kehidupan anak-anaknya.

Lily, relawan Tzu Chi mewakili orangtua siswa dari Ianur yang tidak dapat hadir karena bekerja.

Dari 27 murid yang memberikan bunga kepada ibunya ada satu murid yaitu Ianur Syahrul yang orang tuanya tidak hadir karena bekerja. Lily Diana Fitri, salah satu relawan menggantikan ibu dari Ianur.

“Mamak enggak bisa datang soalnya kerja, kasihan mama kalau harus bolos kerja mama saya capek bu,” ujar Ianur.  Rona wajahnya memerah menahan tangis. Ia teringat sosok ibunya yang dalam kesempatan ini harus bekerja.

 Selain Ianur Syahrul, keharuan dalam peringatan Hari Ibu ini juga dirasakan Sarjum (42), ibu dari Fara Gresia Kalifah Sari (11). Ini adalah momen perayaan Hari Ibu pertama yang ia ikuti. “Saya sangat terharu, baru kali ini ada acara seperti ini di sekolah. Senang campur aduk bingung mengungkapkannya. Paling pas pengambilan raport sih cuma enggak kayak gini dikasih bunga dari anak, dipeluk. Benar-benar terharu saya. Terima kasih banyak ya Bu,” ucapnya menahan haru.

Sebelum pemberian bunga dari siswa kepada orang tuanya, Mudzrika Latifatul membaca puisi dengan suara lantang yang membuat para relawan tersentuh. Setelah itu, Nazwa Putri Oktaviana, Nuhidayai, dan Zaky Nurayifa menampilkan tarian “Hanjak Kasanangan Anak Tabela”. Tariannya yang begitu tersusun indah dinikmati para orang tua murid dan relawan.

Para orang tua hanyut dalam alunan lagu berjudul Bunda.

Peringatan Hari Ibu yang penuh haru ini disambut baik Agus Sakroni, S.Pd, Kepala Sekolah SD Eka Tjipta Perdana. “Terima kasih untuk Tzu Chi yang sudah mengajak bekerja sama untuk perayaan Hari Ibu di SDET Perdana, terutama relawan Dhawa dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Perdana. Kami pilih perwakilan dari kelas 5 karena ada program lain untuk kelas lain. Saya sangat mengapresiasi untuk tim dari Tzu Chi. Mudah-mudahan hari ini menjadikan momen yang tidak terlupakan untuk anak-anak dan dapat lebih menghargai perjuangan seorang ibu,” ujarnya. 

Ibu adalah seorang malaikat tak bersayap yang selalu ada kapanpun seorang anak butuhkan. Perayaan Hari Ibu memberikan inspirasi dan menjadi pengingat bagi anak untuk selalu berbakti kepada orang tuanya. Peringatan Hari Ibu juga dapat memberi kesempatan bagi kita merenung bahwa peran seorang ibu sangat penting di segala aspek kehidupan anak dan keluarganya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Kasih Ibu, Luas dan Dalam

Kasih Ibu, Luas dan Dalam

23 Mei 2017
Pagi itu Tika datang sendirian ke aula rusun tanpa ditemani mama seperti anak-anak lainnya. Padahal hari itu, Minggu 21 Mei 2017 adalah peringatan Hari Ibu bagi anak-anak di Rusun Cinta Kasih Muara Angke, Jakarta Utara, yang diadakan relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1.
Drama Musikal DAAI TV: Bakti Seorang Anak

Drama Musikal DAAI TV: Bakti Seorang Anak

11 Desember 2023

DAAI TV Indonesia mempersembahkan drama musikal Bakti Seorang Anak dan kegiatan basuh kaki dalam memperingati Hari Ibu. Acara ini melibatkan anggota teater Sekolah Terpadu Pahoa dan murid Tzu Chi School.

Bakti dan Kasihku Kepada Ibu

Bakti dan Kasihku Kepada Ibu

08 Desember 2016

Minggu, 4 Desember 2016 mengiringi Acara Peringatan Hari Ibu yang digelar oleh Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat yang bertempat di gedung C Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng. Kegiatan ini bertepatan dengan jadwal pemberian santunan bagi Gan En Hu (penerima bantuan) dan Anak Asuh.

Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -