Peresmian Titik Pelestarian Lingkungan di Teluk Tering

Jurnalis : Elisa, Jia Hui (Tzu Chi Batam), Fotografer : Andy Tan, Yvonne, Elisa (Tzu Chi Batam)

Foto bersama usai pelestarian lingkungan di Teluk Tering.

Master Cheng Yen selalu mengimbau para relawan untuk melestarikan lingkungan dengan memperpanjang usia barang, memilah dari sumbernya dan mendaur ulang sumber daya. Agar konsep pelestarian lingkungan dapat secara luas dikenal serta diterapkan, Tzu Chi Batam kembali membuka titik baru pemilahan barang daur ulang, 20 Agustus 2023.

Ikrar agar setiap Xie Li di Kota Batam memiliki satu titik pemilahan mendorong Ketua Xie Li Teluk Tering, Alexander Prayoga atau yang lebih akrab dipanggil Yoga, memberanikan diri untuk mengemban tanggung jawab sebagai koordinator titik pemilahan daur ulang tersebut.

“Ini merupakan suatu berkah karena diberi kepercayaan. Kita seharusnya tidak boleh menolak berkah,” ucapnya.

Alexander Prayoga, Ketua koordinator (kanan) dan Edy Cuah, Wakil Ketua Koordinator (tengah) pelestarian lingkungan Teluk Tering berterima kasih kepada semua orang yang berpartisipasi dalam pembukaan titik pelestarian lingkungan.

Yoga sangat bersyukur titik pemilahan Teluk Tering ini bisa berdiri dengan waktu persiapan hanya satu bulan. Besar harapannya agar setiap bulan kegiatan pelestarian lingkungan ini selalu ada relawan yang datang, selalu menambah relawan baru, dan warga yang tinggal di sekitar ada inisiatif ikut serta dalam kegiatan ini. Titik pemilahan ini berdekatan dengan pasar yang memiliki mobilitas tinggi dan padat pengunjung, sehingga sangat ideal untuk meningkatkan kesadaran warga maupun pengunjung pasar terhadap pelestarian lingkungan.

Sosialisasi Pelestarian Lingkungan kepada Warga
Sebelumnya, relawan Tzu Chi telah melakukan Ai Sha (sosialisasi door-to-door) di perumahan sekitar pada 13 Agustus 2023. Relawan juga mengundang warga untuk hadir dalam Ramah Tamah Pelestarian Lingkungan yang digelar pada 19 Agustus 2023.

Ketua RT 01, Pak Lie Cong mendukung pembukaan titik baru pelestarian lingkungan ini.

Pada 19 Agustus 2023, sejak pukul 17.00 WIB, relawan sudah berkumpul, menyiapkan tenda, sound system, dan konsumsi untuk Acara Ramah Tamah. Sebanyak 35 relawan dan 25 warga hadir pada acara ini. Dalam kesempatan ini, Dukman menjelaskan tentang Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi. Ia membagikan materi bagaimana menghemat sumber daya dengan 5R (Refuse/Rethink; menolak, Reduce; mengurangi, Reuse; mengunakan kembali, Repair; memperbaiki, dan Recycle; daur ulang). Kemudian ia memperkenalkan yel-yel 10 jari (yel-yel 10 jenis bahan buangan rumah tangga yang bisa didaur ulang) dengan langsung memberikan contoh barang agar warga lebih memahami barang-barang yang bisa didaur ulang.

Pembukaan titik pemilahan ini berjalan lancar berkat dukungan perangkat daerah yang sangat antusias, salah satunya Pak Lie Cong, Ketua RT 01.  Pak  Lie Cong sangat senang dengan adanya titik pemilahan Teluk Tering.

“Sebelumnya tidak tahu sampah mau dikemanakan selain dibawa lori sampah dan ke TPA. Setelah mengetahui akan ada pembukaan titik pelestarian lingkungan di sini, pas acara 17 Agustus kemarin, saya langsung mengimbau agar sampah botol plastiknya jangan dibuang, tapi disimpan untuk daur ulang di hari minggu nanti,”  ujarnya.

Ibu Dican (baju merah muda), warga Perumahan Livia Garden yang ikut serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Ibu Dican, salah seorang warga Perumahan Livia Garden sangat senang dengan dibukanya titik pemilahan ini. Sebelumnya sampah plastik dan kardus langsung ia buang ke tong sampah. Dengan adanya kegiatan pemilahan ini, ia bisa turut menjadi relawan sekaligus membantu melestarikan lingkungan.

Dengan dibukanya titik pemilahan diharapkan dapat memupuk kesadaran dan menggerakkan masyarakat untuk memilah sampah domestik, memanfaatkan barang yang masih bisa dipakai secara berulang dan mengikuti kegiatan pemilihan di komunitas. Kegiatan pelestarian lingkungan pertama di titik pemilahan Teluk Tering diikuti sebanyak 25 relawan dan 2 warga.  

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi di High Scope Medan

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi di High Scope Medan

06 September 2023

Titik Green Point Tzu Chi di wilayah Kota Medan dan sekitarnya terus bertambah. Kali ini Tzu Chi Medan meresmikan titik Green Point di High Scope School Medan pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

10 April 2017

Sebanyak 17 relawan komunitas He Qi Utara 1 beserta warga komplek perumahan Florence di Pantai Indah Kapuk telah berkumpul untuk mengadakan kegiatan Pelestarian Lingkungan. Dalam kegiatan yang diadakan pada tanggal 9 April ini juga menjadi pembukaan titik baru pemilahan sampah daur ulang Tzu Chi.

Bertambahnya Satu Titik Pelestarian Lingkungan

Bertambahnya Satu Titik Pelestarian Lingkungan

24 April 2019

Satu lagi titik pemilahan barang daur ulang bertambah. Berada di Taman Palem Lestari, Jakarta Barat, tempat para relawan memilah barang daur ulang ini diresmikan penggunaanya pada Minggu, 21 April 2019.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -