Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Lorok Pakjo

Jurnalis : Christian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Dok. Tzu Chi Palembang
Relawan Tzu Chi Palembang menyerahkan bantuan kepada 13 keluarga korban kebakaran di Kelurahan Lorok Pakjo, Palembang. Serah terima bantuan diterima oleh Sri Astuti selaku Ketua RT 21/06, Kelurahan Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Palembang.

Kebakaran kembali terjadi di daerah pemukiman penduduk tepatnya di jl. Puncak Sekuning, Gang Pulau, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang pada Selasa, 9 April 2024. Mendengar adanya musibah kebakaran tersebut, relawan Tzu Chi Palembang kemudian melakukan survei ke lokasi pada 11 April 2024 yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada para korban terdampak kebakaran tersebut.  

Kebakaran yang terjadi pada pukul 02.00 WIB ini menghanguskan 7 rumah dan 3 bedeng yang dihuni oleh 13 keluarga. Sementara itu dalam musibah ini juga terdapat 1 orang korban yang meninggal dan penyebab kebakaran masih belum diketahui. Setelah dilakukan survei dan melihat kondisi di lapangan maka diputuskan bantuan yang diberikan berupa 13 paket bantuan untuk setiap keluarga berupa 1 kompor gas beserta selang, 1 tabung gas LPG 3 kg, 1 Kuali, 5 buah piring, dan 5 set sendok dan garpu.

Karena musibah ini terjadi pada saat menjelang lebaran, banyak toko peralatan yang masih tutup sehingga persiapan pengadaan bantuan mengalami sedikit hambatan. Setelah semua bantuan tersedia, kemudian pada 13 April 2024, pukul 16.30 WIB sebanyak 13 orang relawan Tzu Chi Palembang menuju ke lokasi kebakaran untuk menyalurkan bantuan yang telah dipersiapkan.

Lokasi rumah-rumah yang terbakar pada Selasa, 9 April 2024 di jl. Puncak Sekuning, Gang Pulau, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Berkat kerja sama dengan pihak Kelurahan Lorok Pakjo dan warga setempat, kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. Para relawan bergotong royong memindahkan dan menyiapkan bantuan dengan hati yang tulus di tengah derasnya hujan, serta penerima bantuan bantuan sangat bahagia dan antusias menerima bantuan.

Bantuan ini secara simbolis diterima oleh Sri Astuti selaku Ketua RT 21/06, Kelurahan Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Palembang. Ia pun sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warganya. “Saya sebagai Ketua RT, sangat berterima kasih. Semoga Buddha Tzu Chi lebih banyak lagi membantu warga yang lebih membutuhkan, dan semoga yang menerima bantuan ini menjadi lebih baik dan bersemangat lagi,” kata Sri Astuti.

Dini Purwati (31) salah satu korban kebakaran merasa sangat sedih akan musibah yang menimpanya dan keluarga. “Harapan saya semoga kami kedepannya bisa bangkit lagi dari keterpurukan, bisa membangun lagi rumah-rumah kami yang hancur. Untuk Buddha Tzu Chi kami banyak mengucapkan terima kasih karena kami sudah dibantu dan bisa meringankan beban kami yang sedang mengalami kebakaran ini,” terang Dini Purwati dengan penuh haru.

Salah satu penerima bantuan menandatangani bukti penyerahan bantuan berupa 1 kompor gas beserta selang, 1 tabung gas LPG 3 kg, 1 Kuali, 5 buah piring, dan 5 set sendok dan garpu.

Meskipun hujan mengguyur pada saat pemberian bantuan, tetapi tidak menghalangi niat tulus relawan Tzu Chi Palembang untuk tetap memberikan sumbangsih terbaik kepada korban kebakaran. Dengan menggunakan payung melewati tepian bendungan, para relawan memberikan bantuan dan mengunjungi para korban untuk memberikan semangat agar bisa bangkit kembali.

Koordinator Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Palembang komunitas Palembang Timur, Willy Cahyadi pun tetap semangat di tengah hujan memberikan yang terbaik untuk korban kebakaran. “Biarpun kita kerja basah kuyup tetapi ada hasil yang didapat. Bisa melihat, membantu, dan merasakan kesusahan saudara kita yang terkena musibah. Kebanggaan kita walaupun hujan, bantuan bisa sampai dan tersalurkan langsung ke korban kebakaran,” ujar Willy Cahyadi.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bantuan Kebakaran yang Tepat Waktu

Bantuan Kebakaran yang Tepat Waktu

24 Oktober 2012 Para relawan Tzu Chi pun meninjau langsung ke tempat terjadinya kebakaran untuk melihat langsung rumah-rumah yang telah hangus terbakar. Pada kesempatan itu relawan Tzu Chi pun memberikan dukungan moral kepada para korban agar tabah dan tegar dalam menghadapi cobaan ini.
Relawan Cepat Tanggap Membantu Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing

Relawan Cepat Tanggap Membantu Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing

25 Oktober 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tanggerang bergegas meringakan beban para warga terdampak kebakaran di TPA Rawa Kucing Jumat, 20 Oktober 2023.

Peduli Korban Kebakaran di Cengkareng

Peduli Korban Kebakaran di Cengkareng

18 Desember 2020

Warga korban kebakaran yang terjadi di dua wilayah di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat mendapatkan perhatian dari Tzu Chi. Sebanyak 150 paket bantuan kebakaran diserahkan kepada warga yang berada di posko pengungsian.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -