Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kota Bagansiapiapi

Jurnalis : Kho Ki Ho (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Dok. Tzu Chi Pekanbaru

Relawan Tzu Chi yang ada di Kota Bagansiapiapi memberikan bantuan berupa uang pemerhati dan paket kebakaran kepada salah satu korban.

Musibah kebakaran kembali terjadi di Jl. Bintang, Kecamatan Bangko, Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada Kamis, 24 Januari 2024 sekitar pukul 18.30 WIB. Peristiwa ini menghanguskan 9 rumah serta membuat 9 keluarga kehilangan tempat tinggal dan seisi rumahnya.

Setelah mengetahui tentang musibah kebakaran tersebut, pada keesokan harinya Jumat, 25 Januari 2024 relawan Tzu Chi yang ada di Kota Bagansiapiapi mensurvei langsung ke lokasi kebakaran untuk mengetahui lebih jelas tentang musibah tersebut. Abu Bakar, ketua RT wilayah yang terkena musibah kebakaran menyampaikan bahwa total ada 9 rumah yang terbakas habis beserta isi dalamnya. Kebakaran ini diduga akibat dari korsleting listrik di salah satu rumah yang terbakar.

Lokasi kebakaran yang menghanguskan 9 rumah di Jl. Bintang, Kecamatan Bangko, Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Relawan Tzu Chi yang ada di Kota Bagansiapiapi juga berkoordinasi dengan relawan Tzu Chi Pekanbaru untuk menyampaikan hasil survei untuk persiapan pemberian bantuan. Setelah berbagai persiapan, kemudian pada Senin, 29 Januari 2024 Pukul 17.50 WIB bantuan kepada para korban diberikan oleh relawan Tzu Chi yang ada di Kota Bagansiapiapi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Bangko, Iswandi Putra, S.STP, M.IP. Dalam kesempatan ini, Iswandi Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tzu Chi dan Master Cheng Yen atas perhatian yang diberikan kepada warganya yang tertimpa musibah kebakaran.

Salah seorang korban kebakaran, Freddy mengungkapkan bahwa hanya sempat membawa surat-surat penting keluar rumah saat kebakaran terjadi, sedangkan sisanya habis terbakar. Ia pun sangat berterima kasih atas bantuan uang pemerhati dan perlengkapan rumah tangga yang diberikan relawan Tzu Chi.

Relawan Tzu Chi berfoto dengan perwakilan keluarga korban kebakaran, perangkat pemerintahan setempat dan TNI di lokasi penyerahan bantuan.

Relawan Tzu Chi yang ikut dalam kegiatan ini juga berempati ketika melihat para korban merasa sedih. “Ketika saya melihat mereka bersedih, saya juga ikut merasakan kesedihan mereka. Tetapi ketika bisa membantu para korban kebakaran, saya merasa sangat bersukacita. Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan penderitaan korban kebakaran,” ungkap Lina, relawan Tzu Chi.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Uluran Tangan bagi Korban Kebakaran di Simpang Keuramat, Aceh Utara

Uluran Tangan bagi Korban Kebakaran di Simpang Keuramat, Aceh Utara

31 Januari 2018

Relawan Tzu Chi di Lhokseumawe melakukan survei untuk mencatat apa yang dibutuhkan warga korban kebakaran di Desa Simpang Empat, Simpang Keuramat, Aceh Utara, Selasa, 30 Januari 2018.

Bantuan yang Tepat Waktu dan Sasaran

Bantuan yang Tepat Waktu dan Sasaran

16 September 2021

Tzu Chi Batam menyalurkan santunan kepada para korban kebakaran Baloi Mas Indah, Lubuk Baja, Kota Batam, 12 September 2021. Sebanyak 44 KK menerima bantuan uang tunai.

Bergerak Cepat Membantu Korban Kebakaran

Bergerak Cepat Membantu Korban Kebakaran

25 Agustus 2017

Sebanyak 265 paket bantuan dan 155 terpal diberikan kepada korban kebakaran di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Bantuan diberikan pada Kamis, 24 Agustus 2017.

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -