Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Pasar Dawai, Papua

Jurnalis : Chandra Ferdian (Tzu Chi Biak), Fotografer : Chandra Ferdian (Tzu Chi Biak)

Relawan Tzu Chi Biak memberikan perhatian bagi korban kebakaran di Pasar Dawai, Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur dengan menyerahkan 160 paket bantuan.

Kebakaran melanda area Pasar Dawai, Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Pada Rabu, 9 November 2022 sekitar pukul 15.30 WIT. Api secara cepat menyebar dan menghanguskan rumah dan kios-kios milik warga yang sebagian besar terbuat dari kayu. Pemukiman pasar yang padat menyebabkan kobaran api menyebar begitu cepat. Dampaknya, sebanyak ratusan keluarga yang berprofesi sebagai pedagang harus kehilangan rumah, harta benda, serta tempat usaha.

Lokasi Pasar Dawai yang terdampak kebakaran. Padatnya bangunan kios membuat api cepat menyebar dalam area yang luas.

Setelah mendapat informasi bencana kebakaran tersebut, Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono segera mengkoordinasikan relawan untuk segera menyalurkan bantuan dan memberikan perhatian kepada para korban bencana. Kemudian pada Jumat, 11 November 2022 dua relawan Tzu Chi Biak, Ade Kamaruddin dan Chandra Ferdian segera berangkat dari Kota Biak, Papua menggunakan kapal laut menuju Kota Serui, Papua yang ditmpuh dalam waktu 6 jam perjalanan. Sesampai di Kota Serui yang merupakan akses masuk ke Kampung Awunawai, para relawan segera berkoordinasi dengan relawan lokal untuk mempersiapkan barang bantuan yang akan diberikan bagi korban kebakaran.

Relawan Tzu Chi Biak juga dibantu oleh relawan lokal saat mempersiapkan paket bantuan bagi korban kebakaran.

Setelah persiapan selesai, pada Sabtu, 12 November 2022, relawan Tzu Chi Biak beserta enam relawan lokal dan beberapa anggota kepolisian air berangkat menuju Kampung Awunawai. Perjalanan menuju Kampung Awunawai menggunakan kapal laut ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Serui Laut. Setibanya di Kampung Awunawai, relawan beserta Tim Polsek Yapen Timur melakukan survei ke lokasi bencana serta meninjau posko bantuan dan memberikan pendampingan kepada para korban.

Dalam kegiatan ini sebanyak 160 paket bantuan diberikan kepada warga korban kebakaran. Paket bantuan tersebut berisi ember, selimut, handuk, tikar, dan perlengkapan mandi untuk digunakan di lokasi pengungsian sementara. Salah satu penerima paket bantuan kebakaran tersebut adalah Fajar pemilik toko obat yang tokonya habis terbakar.

“Saya sebagai penerima bantuan bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang berikan," ungkap Fajar disela-sela pembagian bantuan.

Dina Imsula selaku staf Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur (kiri) mengapresiasi bantuan bagi korban kebakaran yang diserahkan oleh Tzu Chi.

Dalam kegiatan pembagian paket kebakaran ini, relawan bertemu dengan Dina Imsula selaku staf Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur. Sejak awal bencana kebakaran, Ia pun bergerak aktif untuk membantu para korban kebakaran dan mengatur setiap bantuan kemanusiaan agar bisa di terima langsung oleh para korban. Dina Imsula sangat berterima kasih atas perhatian dan mengapresiasi pembagian paket bantuan kebakaran dari Tzu Chi ini.

“Kami atas nama Pemerintah Kampung Awunawai menyampaikan banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat kami yang terkena musibah kebakaran ini. Semoga dengan bantuan yang telah di berikan ini dapat memberikan manfaat dan para korban dapat segera pulih dan bangkit kembali,” kata Dina Imsula.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bantuan Kebakaran Bagi Warga Batu Ceper Jakarta Pusat

Bantuan Kebakaran Bagi Warga Batu Ceper Jakarta Pusat

27 April 2022

Para relawan Tzu Chi di Komunitas He Qi Pusat membagikan 58 paket bantuan kebakaran bagi warga di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu 24 April 2022.

Mengantar Cinta Kasih untuk Korban Kebakaran di Panipahan

Mengantar Cinta Kasih untuk Korban Kebakaran di Panipahan

30 November 2016
Selasa, 22 November 2016, Tzu Chi Tebing Tinggi mengadakan pembagian bantuan kepada warga korban kebakaran di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kebakaran yang terjadi pada Sabtu, 12 November 2016 itu menghanguskan 16 rumah warga di Panipahan.
Turut Berempati Meringankan Beban Warga Korban Kebakaran di Kapuk Muara

Turut Berempati Meringankan Beban Warga Korban Kebakaran di Kapuk Muara

07 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi memberi perhatian kepada warga korban kebakaran di Kapuk Muara dengan membagikan 350 paket bantuan. Paket bantuan kebakaran ini masing-masing berisi beras (10 kg), mi instan (1 dus), dan kelambu (1 set).

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -