Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Pasar Dawai, Papua

Jurnalis : Chandra Ferdian (Tzu Chi Biak), Fotografer : Chandra Ferdian (Tzu Chi Biak)

Relawan Tzu Chi Biak memberikan perhatian bagi korban kebakaran di Pasar Dawai, Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur dengan menyerahkan 160 paket bantuan.

Kebakaran melanda area Pasar Dawai, Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Pada Rabu, 9 November 2022 sekitar pukul 15.30 WIT. Api secara cepat menyebar dan menghanguskan rumah dan kios-kios milik warga yang sebagian besar terbuat dari kayu. Pemukiman pasar yang padat menyebabkan kobaran api menyebar begitu cepat. Dampaknya, sebanyak ratusan keluarga yang berprofesi sebagai pedagang harus kehilangan rumah, harta benda, serta tempat usaha.

Lokasi Pasar Dawai yang terdampak kebakaran. Padatnya bangunan kios membuat api cepat menyebar dalam area yang luas.

Setelah mendapat informasi bencana kebakaran tersebut, Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono segera mengkoordinasikan relawan untuk segera menyalurkan bantuan dan memberikan perhatian kepada para korban bencana. Kemudian pada Jumat, 11 November 2022 dua relawan Tzu Chi Biak, Ade Kamaruddin dan Chandra Ferdian segera berangkat dari Kota Biak, Papua menggunakan kapal laut menuju Kota Serui, Papua yang ditmpuh dalam waktu 6 jam perjalanan. Sesampai di Kota Serui yang merupakan akses masuk ke Kampung Awunawai, para relawan segera berkoordinasi dengan relawan lokal untuk mempersiapkan barang bantuan yang akan diberikan bagi korban kebakaran.

Relawan Tzu Chi Biak juga dibantu oleh relawan lokal saat mempersiapkan paket bantuan bagi korban kebakaran.

Setelah persiapan selesai, pada Sabtu, 12 November 2022, relawan Tzu Chi Biak beserta enam relawan lokal dan beberapa anggota kepolisian air berangkat menuju Kampung Awunawai. Perjalanan menuju Kampung Awunawai menggunakan kapal laut ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Serui Laut. Setibanya di Kampung Awunawai, relawan beserta Tim Polsek Yapen Timur melakukan survei ke lokasi bencana serta meninjau posko bantuan dan memberikan pendampingan kepada para korban.

Dalam kegiatan ini sebanyak 160 paket bantuan diberikan kepada warga korban kebakaran. Paket bantuan tersebut berisi ember, selimut, handuk, tikar, dan perlengkapan mandi untuk digunakan di lokasi pengungsian sementara. Salah satu penerima paket bantuan kebakaran tersebut adalah Fajar pemilik toko obat yang tokonya habis terbakar.

“Saya sebagai penerima bantuan bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang berikan," ungkap Fajar disela-sela pembagian bantuan.

Dina Imsula selaku staf Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur (kiri) mengapresiasi bantuan bagi korban kebakaran yang diserahkan oleh Tzu Chi.

Dalam kegiatan pembagian paket kebakaran ini, relawan bertemu dengan Dina Imsula selaku staf Kampung Awunawai, Distrik Yapen Timur. Sejak awal bencana kebakaran, Ia pun bergerak aktif untuk membantu para korban kebakaran dan mengatur setiap bantuan kemanusiaan agar bisa di terima langsung oleh para korban. Dina Imsula sangat berterima kasih atas perhatian dan mengapresiasi pembagian paket bantuan kebakaran dari Tzu Chi ini.

“Kami atas nama Pemerintah Kampung Awunawai menyampaikan banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang sudah memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat kami yang terkena musibah kebakaran ini. Semoga dengan bantuan yang telah di berikan ini dapat memberikan manfaat dan para korban dapat segera pulih dan bangkit kembali,” kata Dina Imsula.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Perhatian untuk Warga Korban Kebakaran di Kebon Jahe

Perhatian untuk Warga Korban Kebakaran di Kebon Jahe

30 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi memberikan bantuan kepada 127 keluarga korban kebakaran di Tanah Abang, Kebon Jahe, Jakarta Pusat. Bantuan yang diberikan dalam bentuk paket ini berisi nasi dan tempat makan, selimut, baju, alat mandi, air mineral, sarung, dan kelambu.

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Lorok Pakjo

Perhatian Bagi Korban Kebakaran di Kelurahan Lorok Pakjo

17 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Lorok Pakjo, Palembang. Bantuan yang diberikan berupa berupa 13 paket bantuan untuk keluarga yang terdampak kebakaran.

Jodoh Baik yang Terus Terjalin

Jodoh Baik yang Terus Terjalin

30 Januari 2019

Api yang melalap asrama putri ini menyebabkan sarana dan prasarana para santriwati mengalami kerusakan, mulai dari tempat tidur, kasur, lemari, pakaian, dan peralatan belajar semuanya ludes. Relawan pun memberikan bantuan ini.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -