Bantuan untuk Korban Kebakaran Danau Sipin Jambi

Jurnalis : Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Ortwen (Tzu Chi Jambi)

Relawan Tzu Chi Jambi, Rusman sedang mensurvei kondisi rumah warga yang habis karena kebakaran.

Bersyukurlah kepada orang yang menerima bantuan kita, karena mereka memberikan kesempatan baik bagi tercapainya pembinaan rasa cinta kasih kita.
Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Kebakaran yang terjadi pada Selasa, 12 April 2022 di Lorong cendana, RT 02, Solok Sipin, Danau Sipin, Jambi meninggalkan duka yang mendalam untuk warga yang rumahnya ikut terbakar. Setelah mendapat info adanya kebakaran, pada Rabu 13 April 2022 salah satu relawan Tzu Chi Jambi, Rusman langsung turun ke lapangan untuk melihat kondisi rumah warga yang terbakar. Dari hasil survei diketahui ada 12 rumah warga yang terbakar. Dari sana, relawan Tzu Chi Jambi berinisatif untuk memberikan bantuan sembako dan pakaian layak pakai.

Pembagian sembako diadakan pada hari Jumat, 15 April 2022. Sebanyak 19 relawan ikut serta dalam menggarap ladang berkah ini. Pembagian 12 paket bantuan tersebut berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kondisi rumah warga pascakebakaran.

Suwarni (kanan) didampingi Rudy Zhang (tengah) menyerahkan paket sembako kepada Soneta (kiri), selaku Ketua RT 02 Lorong Cendana, Solok Sipin, Jambi.

“Saya sangat gembira melihat kebersamaan para relawan Tzu Chi Jambi yang tulus dalam berbagi kebahagiaan kepada saudara saudara kita yang sedang membutuhkan uluran tangan dan perhatian dari kita. Saya juga merasakan kebahagiaan melihat wajah dari para warga yang damai dan bahagia dengan kehadiran teman-teman Tzu Chi,” kata Suwarni selaku Koordinator kegiatan Pembagian Sembako.

Bantuan sembako dan pakaian layak pakai ini sangat disambut hangat oleh para warga yang menjadi korban kebakaran, salah satunya Lidya. “Saya sangat berterima kasih kepada Tzu Chi yang sangat peduli kepada kami yang sedang tertimpa musibah ini. Terima kasih untuk sumbangan sembako dan pakaian yang menurut saya memang sangat kami butuhkan saat ini,” ungkap Lidya dengan penuh haru dan kebahagiaan.

Penyerahan secara simbolis paket sembako kepada warga.

Ketua RT 02, Soneta sangat bersyukur dengan kedatangan relawan Tzu Chi Jambi yang memberikan sumbangan sembako dan pakaian layak pakai kepada warganya yang terkena musibah kebakaran. “Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman dari Tzu Chi untuk sumbanganya kepada warga kami yang sedang kena musibah. Semoga teman-teman dari Tzu Chi sehat selalu dan sekali lagi mewakili warga saya mengucapkan banyak terima kasih,” Ibu Soneta.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Mendengarkan Keluh Kesah Korban Kebakaran

Mendengarkan Keluh Kesah Korban Kebakaran

01 November 2019

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan 78 paket bantuan darurat untuk korban kebakaran di Kel. Bidara Cina, Kec. Kampung Melayu, Jakarta timur.

Cepat, Tepat, dan Langsung

Cepat, Tepat, dan Langsung

23 Juni 2022

Relawan Tzu Chi Pekanbaru memberikan paket bantuan kebakaran dan uang pemerhati kepada 9 keluarga korban musibah kebakaran di Kelurahan Dumai Kota, Riau.

Bergerak Cepat Membantu Warga yang Dilanda Musibah Kebakaran

Bergerak Cepat Membantu Warga yang Dilanda Musibah Kebakaran

11 Desember 2023
Relawan di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menyalurkan bantuan sembako dan mendirikan posko kesehatan bagi korban kebakaran di Pasar Sebabi, Kalimantan Tengah.
Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -