Perhatian Bagi Warga Desa Lagadar Lewat Baksos Kesehatan

Jurnalis : Sekar Anjani (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Relawan Tzu Chi Bandung membantu warga Desa Lagadar yang akan memeriksakan kesehatannya pada kegiatan baksos kesehatan degeneratif.

Relawan Tzu Chi Bandung mengadakan baksos kesehatan degeneratif di SDN 01 Lagadar, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan kegiatan kedua dan diikuti sebanyak 276 warga Desa Lagadar.

Sebagai kegiatan tahap kedua, baksos kesehatan kali ini berfokus pada pemantauan kondisi warga setelah sebelumnya mengikuti baksos kesehatan tahap pertama. Selain itu, warga yang hadir juga diberikan informasi mengenai penyakit degeneratif dan cara pencegahannya. Baksos kesehatan ini juga menjadi ajang sosialisasi tentang Tzu Chi dan visi misinya.

Sebanyak 276 warga Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung menerima pelayanan kesehatan dari Tzu Chi Bandung.

Suparti (kanan) salah satu warga Desa Lagadar merasa terbantu dengan kegiatan baksos kesehatan degeneratif.

Relawan Tzu Chi Internasional Medical Assostion (TIMA) Bandung yang ikut berpartisipasi pun sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Yanti Mulyanti, selah satu relawan TIMA Bandung mengaku kegiatan baksos kesehatan yang diadakan Tzu Chi sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Karena saya banyak memiliki teman seorang apoteker, peran apoteker tentu saja ingin masyarakat sehat. Itu sebabnya kami ikut membantu Buddha Tzu Chi untuk menyehatkan masyarakat, sebab seringkali mereka memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan tidak menyadari bahwa diri mereka sakit,” ungkap Yanti.

Yanti Mulyanti, salah satu anggota TIMA Bandung sedang menyiapkan obat untuk diberikan kepada warga Desa Lagadar.

Antusias untuk mengikuti ini juga dirasakan Suparti (46), salah satu warga penerima pelayanan kesehatan degeneratif. “Dulu waktu saya berobat pertama kali kesini, saya merasakan sakit di perut sebelah kiri. Dengan adanya pengobatan ini, setelah diperiksa dan diberi obat, alhamdulillah sudah sembuh dan tidak kambuh lagi sampai sekarang,” kata Suparti disela-sela kegiatan.

Melalui kegiatan ini, Tzu Chi Bandung berharap terus dapat membantu masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan serta menerbakan cinta kasih.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Peduli Kesehatan Lansia di Kamal Muara

Peduli Kesehatan Lansia di Kamal Muara

25 Juli 2022

Relawan Tzu Chi di komunitas He Qi Utara 2 bersama tim medis TIMA Indonesia memberikan layanan kesehatan kepada 240 Lansia di Kamal Muara melalui baksos kesehatan degeneratif.

Peduli Kepada Sesama yang Membutuhkan

Peduli Kepada Sesama yang Membutuhkan

10 Desember 2018
Minggu, 9 Desember 2018 telah diadakan baksos degeneratif ke-3 di Sekolah Global Persada Mandiri (GPM) Mekar Sari, Bekasi. Baksos yang diadakan selama tiga bulan berturut-turut ini diadakan untuk wilayah di sekitar Mekar Sari.
Perhatian untuk Warga Lanjut Usia di Cibuntu, Bandung

Perhatian untuk Warga Lanjut Usia di Cibuntu, Bandung

25 Agustus 2022

Tzu Chi Bandung mengadakan baksos kesehatan degeneratif di Sekolah Citra Cemara. Sebanyak 388 warga lanjut usia (45 tahun ke atas) mendapatkan perhatian dan pelayanan kesehatan.

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -