Perhatian Kepada Masyarakat Tanjung Balai Lewat Baksos Kesehatan

Jurnalis : Elin Juwita (Tzu Chi Tebing Tinggi), Fotografer : Erik Wardi (Tzu Chi Tebing Tinggi)
Untuk pertama kalinya relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Tanjung Balai melaksanakan baksos kesehatan umum bagi warga Tanjung Balai yang bertempat di SMP Negeri 1, Kec. Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Untuk pertama kalinya sejak Tzu Chi komunitas Xie Li Tanjung Balai berdiri pada oktober 2022, relawan mengadakan baksos kesehatan umum di SMP Negeri 1, Kel. Karya, Kec. Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 29 Oktober 2023 ini melibatkan 92 relawan dan sukarelawan dari Kota Tanjung Balai, Medan, Tebing Tinggi, dan Kisaran.

Kegiatan baksos kesehatan ini memberikan pelayanan kepada 704 pasien dari 6 kelurahan yaitu Kel. Pulo Simardan, Kel. Semula Jadi, Kel. Selat Lancang, Kel. Pantai Burung, Kel. Matahalasan, dan Kel. Kp. Baru. Sebelumnya pada 22 Oktober 2023, relawan terlebih dahulu melakukan survei lapangan dengan mengunjungi rumah-rumah warga calon pasien untuk membagikan kupon dan mendorong masyarakat di Tanjung Balai untuk lebih peduli pada kesehatan mereka.

Dalam kegiatan baksos kesehatan ini sebanyak 704 pasien menerima pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolestrol, asam urat, dan pemeriksaan penyakit umum lainnya.

Dengan kesabaran dan perhatian, para tenaga medis dari TIMA Medan melayani pasien dan memberikan pengobatan yang terbaik untuk membantu mereka terlepas dari penyakit yang diderita.

Dokter dari relawan TIMA (Tzu Chi International Medical Association) Medan yang menjalin kerja sama dengan tenaga medis dari Kota Tanjung Balai memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan umum seperti tekanan darah, gula darah, kolestrol, asam urat dan pemeriksaan penyakit umum.

“Antusias masyarakat di Tanjung Balai ini luar biasa. Kita juga berharap masyarakat bisa lebih peduli dengan masalah kesehatan terutama dari Lansia dan untuk para remaja gizi makanan lebih diperhatikan. Dari pasien yang datang ke kami ini lebih dominan penyakit yang diderita Lansia seperti rematik, penyakit paru, diabetes, kolestrol, dan asam urat tinggi,” ungkap dr. Sukirman selaku koordinator tim medis TIMA Medan dalam kegiatan ini.

Dengan mempraktekkan cinta kasih, para tenaga medis dan relawan melayani setiap pasien dengan hati yang tulus. Pasien yang mengalami kendala dalam bergerak akan dipapah relawan dari awal sampai selesai pasien menerima pengobatan. Terlihat para tenaga medis yang penuh kesabaran mendengarkan keluhan setiap pasien dan mencari solusi untuk membantu pasienagar terbebas dari penyakit mereka.

Oma Jenny, salah satu pasien yang mendapat pengobatan gratis merasa sangat bersyukur dan bersuka cita. Ia juga menerima tongkat dari relawan Tzu Chi untuk membantunya bergerak dan beraktivitas sehari-hari.

Salah satu pasien, Oma Jenny (84) merasa terharu karena dalam kesempatan ini bisa berjodoh dalam menerima pelayanan kesehatan gratis dari Tzu Chi. Oma Jenny yang memiliki keterbatasan bergerak senantiasa didampingi relawan dari awal masuk sampai selesai pemeriksaan. Selama ini oma Jenny yang menderita penyakit kulit sudah berobat ke beberapa tempat namun tidak ada perkembangan dengan penyakitnya.

“Badan saya suka gatal-gatal dan malam saya tidak bisa tidur. Tadi saya menerima obat dan vitamin dari dokter. Saya senang sekali melihat keramahan dari dokter dan relawan. Saya dipapah dari awal datang sampai saya pulang kerumah, Tzu Chi ini sangat mulia. Saya benar-benar berterima kasih dengan Tzu Chi karena sudah datang membantu masyarakat Tanjung Balai,” ucap Oma Jenny.

Oma Jenny yang awalnya berprofesi sebagai guru ini hanya hidup sendiri disebuah rumah yang sederhana. Baru-baru ini ia terjatuh di kamar mandi dan ini bukan kejadian yang pertama. Karena beberapa kali terjatuh, kedua kaki Oma Jenny jadi susah bergerak, anak beliau, Jhony yang sebelumnya berprofesi sebagai guru di Medan memutuskan untuk kembali tinggal di Tanjung Balai demi merawat ibunya.

Relawan juga memperkenalan Tzu Chi kepada para pasien baksos kesehatan. Dalam kegiatan ini sharing relawan membuat pasien bisa memahami makna bersyukur dan berpuas diri sehingga dengan tertib para pasien menjalanin setiap prosedur baksos kesehatan sampai selesai.

Beliau melepaskan pekerjaan beliau untuk berbakti kepada orang tuanya karena tidak tega melihat kondisi orang tuanya. Dengan kondisi Oma Jenny yang susah bergerak dan karena keterbatasan biaya untuk membeli tongkat empat kaki, relawan Tzu Chi komunitas Xie Li Tanjung Balai langsung memberikan bantuan tongkat tersebut kepada Oma Jenny untuk membantu bergerak sehari-harinya.

Perhatian dan pendampingan relawan bagaikan air yang memberikan kesejukan di hati para pasien sehingga semua pasien dengan tertib mengikuti setiap prosedur dari baksos ini. Dalam kesempatan ini relawan juga memperkenalkan Tzu Chi kepada masyarakat Tanjung Balai yang mengikuti kegiatan baksos kesehatan umum.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Lebih Dekat dengan Warga Surabaya Lewat Baksos Kesehatan

Lebih Dekat dengan Warga Surabaya Lewat Baksos Kesehatan

09 Januari 2018
Tzu Chi Surabaya kembali menggelar Baksos Kesehatan Umum dan Gigi pada Minggu 7 Januari 2018. Baksos yang kedua kalinya diadakan di Kelurahan Kedungdoro ini melayani pemeriksaan kesehatan umum dan gigi yang mencakup 5 RW dalam kelurahan tersebut.
Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-5 di Kepulauan Nias: Kembali Melihat Terangnya Dunia

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-5 di Kepulauan Nias: Kembali Melihat Terangnya Dunia

19 Mei 2016

Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Cabang Medan bekerjasama dengan Rumah Sakit Stella Maris, kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, berbagi cinta kasih kepada masyarakat di kepulauan Nias Selatan melalui kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan THT, Kulit, Gigi dan operasi katarak, pada tanggal 5-7 Mei 2016.

Pemeriksaan Mata Bagi Siswa SDN 4 Banyuasin

Pemeriksaan Mata Bagi Siswa SDN 4 Banyuasin

06 Februari 2024

Relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatra Selatan (Sumsel) 1 melakukan pemeriksaan mata bagi 35 siswa SDN 4 Banyuasin, Desa Pangkalan Panji, Sumatra Selatan. 

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -