Perhatian yang Terus Mengalir untuk Warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Neuheun, Aceh Besar

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Dok. Zhen Shan Mei Banda Aceh

Relawan Tzu Chi Aceh dengan hangat menyapa warga di sela-sela pembagian 600 paket sembako untuk warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Neuheun.

Hampir dua puluh tahun lalu, tepatnya pada Minggu, 26 Desember 2004 terjadi bencana gempa dan tsunami di Aceh yang memakan korban jiwa yang sangat banyak. Dalam musibah tersebut, relawan Tzu Chi segera memberikan bantuan untuk warga korban gempa dan tsunami di Aceh. Datang paling awal dan pulang paling akhir menjadi moto relawan Tzu Chi dalam memberikan bantuan.

Bantuan sembako ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga menjelang hari raya.

Tzu Chi datang ke Aceh dengan membawa semangat Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi) “menenteramkan raga, menenteramkan hati, dan memulihkan kehidupan” para korban tsunami. Tahap awal adalah menenteramkan raga, dimana di masa ini bantuan diprioritaskan berupa makanan, obat-obatan (penanganan medis), dan kebutuhan pokok lainnya. Tahap selanjutnya menenteramkan batin dengan menyediakan hunian sementara sambil menunggu selesainya pembangunan perumahan. Tahap akhir, Tzu Chi memberikan rumah layak huni yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 27 Desember 2005. Adanya rumah membuat warga lebih mudah memulihkan kehidupannya karena dapat fokus mencari nafkah dan kebutuhan pendidikan anak-anaknya. Total ada 2.700 unit rumah yang dibangun Tzu Chi di tiga perumahan: Panteriek (716 unit), Neuhuen (850 unit), dan Meulaboh (1.134 unit).

Warga yang menerima paket sembako sebelumnya telah mendapatkan kupon yang diberikan relawan pada saat survei seminggu sebelumnya.

Perhatian itu Terus Berlanjut
Hingga kini hampir 20 tahun, perhatian insan Tzu Chi masih terasa di Aceh, khususnya di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Neuheun, dimana pada relawan Tzu Chi memberikan bantuan paket sembako untuk membantu meringankan beban warga di bulan Ramadan ini. “Kita membantu warga yang kurang mampu, selain itu juga kita terus menjalin jodoh baik dengan warga,” kata Supandi, relawan Tzu Chi Aceh. Sudah lebih dari dua tahun relawan Tzu Chi Aceh melakukan kegiatan daur ulang (titik green point) secara rutin sebulan sekali bersama warga di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Neuheun ini.

Menghimpun cinta kasih dari warga dilakukan relawan Tzu Chi untuk bersama-sama menyebarkan kebajikan lebih luas.

Hari Minggu, 17 Maret 2024 dilakukan pembagian kupon paket cinta kasih oleh relawan Yayasan Buddha Tzu Chi (Xie Li Banda Aceh) kepada 600 warga. Sebelumnya berdasarkan data dari pemerintah daerah setempat, relawan melakukan survei langsung ke rumah-rumah warga untuk melihat apakah memang mereka layak untuk dibantu. 

Seminggu kemudian, 24 Maret 2024 relawan Tzu Chi membagikan 600 paket sembako kepada warga. Sebanyak 57 relawan Tzu Chi dari Banda Aceh dan daerah lain, bersama warga setempat bahu membahu membagikan paket kepada warga di halaman Kantor Keuchik (kepala desa) Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Neuheun. Setiap paket sembako berisi 5 kg beras, sirup (2 botol), dan minyak goreng (1,8 liter).

Relawan Tzu Chi bersama-sama warga setempat bahu membahu menyiapkan paket sembako. Diharapkan semakin banyak benih-benih relawan yang ikut bergabung dalam barisan insan Tzu Chi di Aceh.

“Semoga bantuan ini bisa membawa kebahagiaan dan sukacita menyambut hari raya,” kata Supandi, relawan Tzu Chi Aceh, “dan semoga semakin banyak warga yang terinspirasi untuk bersama-sama menjadi barisan insan Tzu Chi di Aceh.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Membagikan Paket Sembako dengan Sukacita

Membagikan Paket Sembako dengan Sukacita

05 April 2024

Tzu Chi Batam membagikan 339 paket sembako kepada warga Kampung Seraya Atas, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam.

Sembako Cinta Kasih untuk Para Gan En Hu di Kota Jambi

Sembako Cinta Kasih untuk Para Gan En Hu di Kota Jambi

01 April 2024

Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriyah, Tzu Chi Jambi memberikan bantuan sembako kepada 25 Gan En Hu atau penerima bantuan Tzu Chi jangka panjang. Paket itu berisi 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1 kilo gula pasir, 10 bungkus mie vegetarian, minuman, serta THR Idul Fitri.

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

01 April 2024
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran untuk menyambut hadirnya bulan Ramadan, bulan penuh berkah. Ada total 22.687 paket yang dibagikan di 41 titik di Jabodetabek.
Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -