Paket Lebaran Tzu Chi untuk Warga di Sei Agul, Kota Medan

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Vinson Theodoric, Rimba (Tzu Chi Medan)

Jap Kim Eng (kanan) membantu Inmardi membawakan paket sembako.

“Cinta kasih bukan hanya ada di dalam hati, tapi juga harus ditunjukkan dalam tindakan nyata”. Inilah pesan Master Cheng yang menjadi semangat relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai Petisah yang menjadi bagian dari Tzu Chi Medan kala membagikan paket Lebaran di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, 24 Maret 2024.

Sebelum membagikan paket Lebaran, para relawan terlebih dulu membagikan kupon. Siti Aisyah (49) merupakan tunas relawan. Walaupun sehari-hari bekerja, ia menyempatkan diri untuk hadir. “Saat saya membagikan kupon banyak terdapat rumah yang kurang layak, semoga dengan bantuan ini dapat membantu warga dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Siti Aisyah.

Para tunas relawan memastikan agar kantong yang digunakan warga tidak rusak saat dimasukkan paket cinta kasih.

Devandy yang merupakan anak asuh Tzu Chi dan duduk di bangku kelas 2 SMA ikut membantu membagikan kupon. “Saya senang bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” ucap Devandy.

Pada hari-H pembagian paket Lebaran yang digelar di Griya Dome Convention Center, 24 Maret 2024, acara dibuka oleh Lysandra sebagai MC. Lalu doa bersama dipimpin oleh Ustad MS. Syahbuddin Dalimunthe. Pembagian paket cinta berlangsung tertib dan juga ramah lingkungan yang mana warga membawa kantong plastik sendiri. Adapun paket Lebaran ini berisi beras 10 kg, DAAI Mie, minyak goreng 1,8 liter, dan 2 botol sirup.

Camat Medan Barat, T. Robby Chairi  mengapresiasi perhatian Tzu Chi Medan pada warganya.

T. Robby Chairi, Camat Medan Barat sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Medan karena telah membantu masyarakat prasejahtera dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. “Bahan pokok sedang mahal, dengan adanya pembagian paket cinta kasih ini dapat membantu masayarakat di Kelurahan Sei Agul ini,” tuturnya.

Inmardi (63) sehari-harinya berjualan es cendol. Ia mengaku sangat terbantu dengan pembagian paket Lebaran dari Tzu Chi. “Saya sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang mau berbagi sembako kepada kami dalam menyambut Ramadan ini,” ucap Inmardi.

Relawan mendatangi rumah-rumah warga dan membagikan kupon sembako secara langsung.

Total beras yang disalurkan sebanyak 730 karung, minyak sebanyak 730 bungkus, sirup 730 botol dan DAAI Mie sebanyak 1.460 bungkus. Jap Kim Eng selaku kordinator mengatakan, pembagian paket ini merupakan wujud kepedulian Yayasan Buddha Tzu Chi Medan untuk berbagi kebahagiaan kepada warga yang akan menyambut Lebaran.  “Kami sangat senang bisa berbagi kepada sesama tanpa memandang ras, suku, dan agama. Kami berharap sembako ini bermanfaat,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi di Bulan Suci Ramadhan untuk Warga Kampung Tengah

Berbagi di Bulan Suci Ramadhan untuk Warga Kampung Tengah

05 April 2024

Dalam rangka memperingati bulan Suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri, relawan Tzu Chi Batam menyalurkan 90 paket sembako untuk warga Kampung Tengah pada Minggu 31 Maret 2024. 

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

01 April 2024

Momen pembagian paket sembako ini dirasakan sangat tepat sekali, ketika harga-harga merangkak naik menjelang hari raya. 

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bakti sosial pembagian 1.430 paket sembako untuk menyambut Lebaran kepada warga di Kelurahan 13 dan 14 Ilir Palembang. 

Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -