Persiapan Bantuan Tzu Chi ke Asmat Gelombang 2

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

doc tzu chi

Relawan Tzu Chi bersama TNI bekerja sama memindahkan beras dari truk angkutan menuju kapal motor yang akan bertolak menuju Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

Pada Selasa, 20 Februari 2018 relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang terdiri dari relawan Tzu Chi Jakarta, Tzu Chi Biak, dan Jayapura melakukan koordinasi dengan TNI KODIM Merauke/KOREM 174/ATW KODAM XVII/Cenderawasih untuk pendistribusian bantuan Tzu Chi gelombang ke-2 untuk Kabupaten Asmat, Papua.

Koordinasi yang dilakukan di Timika ini berkisar tentang pengiriman bantuan dari Tzu Chi berupa 350 kemasan minyak goreng (per 1 liter), 1.320 botol air mineral 600 ml, 4.100 bungkus gula pasir (per 1 kg), 2.100 karung beras (per 10 kg). Bantuan tersebut selanjutnya akan didistribusikan menuju desa-desa di Kabupaten Asmat.

doc tzu chi

Dari gudang penyimpanan barang di Timika, relawan juga secara estafet memindahkan bantuan.

doc tzu chi

Chandra (tengah), relawan Tzu Chi Biak memindahkan air mineral ke kapal motor untuk warga Asmat.

Bantuan dengan total berat 48 ton ini diangkut dengan menggunakan kapal motor menuju Kota Agats, Kabupaten Asmat melalui jalur sungai. “Hari ini kita melakukan proses persiapan paket-paket bantuan Tzu Chi gelombang ke-2 ke Asmat. Mulai dari pemindahan barang dari gudang dan pengakutan dengan kapal motor. Perjalanan barang-barang bantuan ini akan memakan waktu 8 jam melalui jalur sungai,” ungkap Chandra, Relawan Tzu Chi Biak.

doc tzu chi

Relawan menggunakan helikopter TNI AD untuk menuju kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

Relawan Tzu Chi yang bersinergi dengan TNI ikut membantu memindahkan barang bantuan tersebut. Bantuan dari Tzu Chi untuk Asmat ini akan mulai disalurkan pada 22 Februari 2018 karena diperkirakan bantuan-bantuan tersebut akan tiba di dermaga Kota Agats pada malam hari. Sementara untuk kegiatan pada Rabu, 21 Februari 2018,  relawan Tzu Chi yang telah terlebih dahulu tiba di Kota Agats dengan menggunakan helikopter TNI AD, fokus berkoordinasi dengan posko logistik membahas tentang alokasi bantuan bagi desa-desa yang akan menerima bantuan.

Untuk pembagian bantuan Tzu Chi ke Asmat gelombang ke-2 ini, relawan telah menyiapkan 10 kapal motor pengangkut barang untuk disebar ke desa-desa. Tentunya penyerahan bantuan didampingi dengan TNI yang ikut masuk menuju pelosok-pelosok desa di Kabupaten Asmat.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Perhatian dan Kepedulian untuk Asmat

Perhatian dan Kepedulian untuk Asmat

14 Februari 2018
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia merespon Kejadian Luar Biasa (KLB) di Asmat, Papua. Tzu Chi memeberikan bantuan berupa 600 paket cinta kasih kepada warga Asmat yang menderita campak dan gizi buruk. 
Melihat dari Dekat Kehidupan Penduduk di Asmat

Melihat dari Dekat Kehidupan Penduduk di Asmat

22 Februari 2018

Pemberian bantuan Tzu Chi ke Kabupaten Asmat, Papua sudah memasuki gelombang ke-2. Bantuan berupa sembako ini untuk menunjang pemulihan warga Asmat setelah Kejadian Luar Biasa (KLB) di kabupaten ini.

Air Hujan Sebagai Sumber Kehidupan

Air Hujan Sebagai Sumber Kehidupan

26 Februari 2018
Warga Asmat yang tinggal di pedalaman menggunakan air hujan sebagai pemenuh kebutuhan air sehari-hari. Ini menjadikan masyarakat Asmat rentan terkena penyakit karena kurang menjaga kebersihan.
Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -