Prabowo Subianto: Tzu Chi Hospital Inovatif dan Teknologinya Kaliber Dunia

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Pimpinan Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Indonesia Sugianto Kusuma yang juga wakil ketua Yayasan Buddha tzu Chi Indonesia memperkenalkan Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Dalam suasana mendung siang itu, Selasa 28 Februari 2023, lobby Tzu Chi Hospital (TCH) tidak seperti biasanya dipenuhi puluhan orang. Mereka yang hadir berbaur dengan pasien-pasien yang ingin berobat dan juga ingin menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto. Pelayanan kesehatan berjalan normal seperti biasa, relawan rumah sakit tetap menyapa para pasien dan mendampingi pasien hingga ke meja pendaftaran.

Kehadiran rombongan Kementerian Pertahanan RI ini dalam rangka menjalin hubungan dalam bidang pelayanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Pimpinan Yayasan Buddha Tzu Chi Medika Indonesia Sugianto Kusuma yang juga Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Direktur senior Tzu Chi Hospital Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS (K), Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto Sp.BS. Di dampingi oleh Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, Sekretaris umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin turut menyambut kedatangan Menhan Prabowo Subianto di lobby rumah sakit yang mengusung prinsip menghargai jiwa, mengutamakan kehidupan dan cinta kasih.

Di Lobby Tzu Chi Hospital (TCH) Menhan Prabowo Subianto diajak langsung ke Jing Si Books & Cafe yang berada di lantai dua rumah sakit ini.

Para relawan yang menyambut Menhan Prabowo Subianto berbaris dengan rapi di pintu lobby Tzu Chi Hospital. Ada relawan rumah sakit, koordinator baksos kesehatan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia dan para dokter dan perawat Tzu Chi Hospital yang menyambut.

Menhan Probowo disambut hangat di ruang Jing si Books & Cafe yang berada di lantai dua Tzu Chi Hospital untuk ramah tamah sejenak sambil menikmati teh hangat dan penganan ringan. Pada ramah tamah itu Sugianto Kusuma, Menhan Prabowo Subianto, Hong Tjhin, Rebecca Halim, Liu Su Mei, dr. Gunawan Susanto Sp.BS., Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS (K), dr. Irene membicarakan seputar penanganan dan pelayanan kesehatan dan pengobatan di masyarakat.

Di Jing si Book & Cafe Menhan Prabowo Subianto bersama rombongan di sambut hangat dan penuh kekeluargaan oleh relawan pelayanan konsumsi (sheng huo zhu).

Pada meja lainnya juga turut hadir rombongan dari Kementerian Pertahanan RI, Kepala Rumah Sakit Pusat Rehabilitasi Dr. Suyoto (Kapusrehab) Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI dr. Daniel Lumadyo Wartoadi Sp. Rad yang duduk bersama dengan relawan Komite Tzu Chi.

Sambutan dan jamuan untuk kehadiran rombongan Kementerian Pertahanan Ri ini tak lepas dari relawan pelayanan konsumsi (sheng huo zhu) yang dengan apik rapi dan nyaman menyajikan sajian teh hangat dan penganan kue ringan. Suasana ini menjadikan pertemuan semakin hangat penuh kekeluargaan.   

Pada ramah tamah itu Sugianto Kusuma, Menhan Prabowo Subianto, Hong Tjhin, Rebecca Halim, Liu SuMei, dr. Gunawan Susanto Sp.BS., Prof. DR. Dr. Satyanegara, Sp.BS (K), dr. Irene, membicarakan seputar penanganan dan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Sugiato Kusuma pada ramah tamah ini mengutarakan bantuan-bantuan dan penanganan Tzu Chi Hospital pada masa pandemi Covid 19. “Rumah sakit ini waktu pandemi sedang tingi-tingginya sudah melayani pasien Covid secara terpisah dengan pasien umum lainnya. Kita ada dua bangunan terpisah, satu bangunan ini (utama), satu lagi di belakang kita jadikan untuk penanganan covid. Jadi, di depan itu kita screening awal jika positif Covid pasien akan langsung dibawa langsung ke bangunan belakang yang juga dipersiapkan ruang IGD-nya, ruang perawatannya. Jadi gak menyatu dengan ruang IGD umum,” ungkap Sugianto Kusuma. Konsep pelayanan ini menjadi perhatian khusus bagi Menhan Prabowo Subianto apabila bisa di terapkan oleh rumah sakit lainnya.

“Kita tidak meminta pandemi kembali lagi tapi ke depannya konsep ini bisa kita pakai bukan saja untuk Covid, bisa juga untuk penyakit-penyakit yang penularanya sangat cepat,”ujar Prabowo.

Ada tiga  topik yang dibicarakan oleh Sugianto Kusuma dan Menhan Prabowo Subianto. Pertama adalah transplantasi donor sumsum tulang yang akan beroperasi di Tzu Chi Hospital. Transplantasi donor sumsum tulang ini adalah yang pertama bisa dilakukan di Indonesia. Pembahasan yang kedua adalah tersedianya Klinik Paliatif yang menyiapkan ruang perawatan paliatif, baik pengobatan rawat jalan maupun rawat inap. Pada pembahasan yang ketiga adalah pengobatan tradisional Tiongkok, salah satunya pengobatan akupunktur.

“Saya rasa tiga hal ini nantinya yang akan menjadi pilar-pilar kerja sama antara Tzu Chi Hospital dan rumah sakit di bawah Kementrian Pertahanan RI,” ucap Suriadi.

Menhan Prabowo Subianto dan rombongan mengunjungi fasilitas kesehatan yang ada di Tzu Chi Hospital seperti ke klinik Onkologi, ruang kemoterapi, klinik paliatif, ruang MRI Tesla 3, dan  ruang CT scan.

Lebih kurang 30 menit berada di ruang Jing Si Books & Cafe yang berada di lantai dua Tzu Chi Hospital, Menhan Prabowo Subianto dan rombongan mengunjungi fasilitas kesehatan yang ada di Tzu Chi Hospital seperti ke klinik Onkologi, ruang kemoterapi, klinik paliatif, ruang MRI Tesla 3, dan  ruang CT scan.

Di sela-sela kunjungannya ke beberapa klinik dan ruang perawatan paliatif Prabowo Subianto merasa sangat terkesan dengan fasilitas-fasilitas medis yang ada di Tzu Chi Hospital. “Rumah sakit Tzu Chi ini sangat Inovatif dan peralatan medisnya berteknologi sekaliber dunia. Saya kira ini (Tzu Chi Hospital) sangat bermanfaat untuk kemajuan pelayanan kesehatan kita untuk masyarakat Indonesia ,” ucap  Menhan Prabowo Subianto kagum.

Direktur Umum Tzu Chi Hospital Suriadi mengatakan sangat bersyukur atas kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke Tzu Chi Hospital. “Kemenhan ingin lebih mengenal Yayasan Tzu Chi terutama dengan Tzu Chi Hospital di bidang pelayanan kesehatan,” ucap Suryadi, menjelaskan salah satu tujuan kegiatan ini.

Menhan Prabowo Subianto berkunjung ke ruang MRI Tesla 3, dan  ruang CT scan. Peralatan MRI dan CT scan ini salah satu peralatan berteknologi tinggi yang digunakan oleh Tzu Chi Hospital.   

Sebelumnya pada bulan Agustus 2022, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menjalin kerja sama dengan RS. Dr. Suyoto Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) Kementerian Pertahanan RI di Jalan RC Veteran Raya, Bintaro dalam bidang baksos kesehatan, bantuan kesehatan dalam bencana alam, dan pelayanan kesehatan dalam pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan.

Selain itu, Tzu Chi Hospital juga menandatangani nota kesepahaman dengan RS. Dr. Suyoto dalam bidang yang sama. Penandatanganan dilakukan oleh Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Daniel Lumadyo Wartoadi Sp. Rad dengan dr. Gunawan Susanto Sp.BS selaku Direktur Utama Rumah sakit Tzu Chi Hospital.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Ada Gerai DaAi Gift Shop di Tzu Chi Hospital

Ada Gerai DaAi Gift Shop di Tzu Chi Hospital

19 Oktober 2021

Tzu Chi Hospital menyediakan gerai DaAi Gift Shop yang menawarkan rangkaian bunga anggrek, buket bunga kering, boks hampers, dan tanaman hias lainnya yang didalamnya terdapat Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Berbagi Berkah dan Perhatian menyambut Imlek di Tzu Chi Hospital

Berbagi Berkah dan Perhatian menyambut Imlek di Tzu Chi Hospital

06 Februari 2024

Menyambut Imlek, relawan pemerhati dan manajemen Tzu Chi Hospital memberikan bingkisan angpau, jeruk, dan lampion mini kepada pasien rawat inap.

Pekan Amal Tzu Chi 2018: Sumbangsih untuk Tzu Chi Hospital

Pekan Amal Tzu Chi 2018: Sumbangsih untuk Tzu Chi Hospital

26 April 2018

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali menggelar Pekan Amal Tzu Chi tahun 2018 yang diselenggarakan pada Sabtu dan  Minggu, 21-22 April 2018 di basement Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pekan amal ini menyediakan beragam kuliner vegetaris dan berbagai produk lainnya seperti barang kebutuhan pokok (beras minyak goreng, gula dan lainnya), perlengkapan rumah tangga, pakaian, hingga barang-barang elektronik.


Kekuatan akan menjadi besar bila kebajikan dilakukan bersama-sama; berkah yang diperoleh akan menjadi besar pula.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -