Ringankan Warga Desa Talang Batu yang terdampak banjir

Jurnalis : Donny G Picauly (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Hasto Amansyurizki, Dimas Arya Dinata (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan gotong royong memindahkan bantuan sembako dari truk ke perahu untuk memudahkan penyaluran.

Cara terbaik untuk mencegah terjadinya bencana alam adalah dengan mensucikan batin manusia
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Hujan deras turun sejak awal tahun 2024 di Kecamatan Mesuji Timur, Lampung. Dalam sepekan, hujan dapat turun hampir setiap hari. Akibatnya beberapa tempat di Desa Talang Batu terendam banjir. Terlebih Sungai Buaya yang melintas tak jauh dari desa ini juga meluap akibat banyaknya pohon yang tumbang.

Banjir ini menyulitkan warga beraktivitas dan juga menghambat pasokan bahan makanan. Melihat banyaknya warga yang kesulitan, mendorong Kepala Desa Talang Batu Julham menghubungi relawan di Xie Li Lampung untuk meminta bantuan pada akhir Januari lalu. Relawan segera merespon dengan melakukan survei untuk mengetahui kebutuhan warga juga mendapatkan data yang lebih akurat.

Humala Sinaga (memegang mikrofon) memberikan pengarahan sebelum penyaluran bantuan.

Relawan bergotong royong memindahkan paket sembako untuk disalurkan bagi warga Desa Talang Batu.

Dan pada Sabtu (3/2/24) dipimpin langsung Humala Sinaga, Ketua Xie Li Lampung, relawan menyalurkan paket bantuan sembako yang masing-masing berupa 5 kg beras dan 10 bungkus mi instan untuk meringankan penderitaan 746 warga Desa Talang Batu yang berasal dari tiga dusun, yaitu Dusun Stajim, Dusun Tebing Tinggi, dan Dusun Talang Gunung.

Relawan bergotong royong bersama warga memindahkan bantuan dari truk ke perahu. Untuk selanjutnya disalurkan ke warga. Beberapa warga juga tampak membantu penyaluran bantuan ini. “Terima kasih atas bantuan sembakonya ini. Sangat berarti buat kami karena banjir ini kami sulit mendapat kebutuhan bahan pokok. Bantuan ini sangat meringankan kami,” ucap Hata, warga Dusun Tebing Tinggi.

Relawan menyerahkan langsung bantuan sembako untuk warga terdampak banjir.

Penyerahan bantuan sembako di beberapa titik pengungsian warga.

Meski harus menerjang beberapa genangan yang masih ada, penyaluran bantuan ini membawa sukacita bagi relawan. “Bantuan ini mungkin nilainya tidak seberapa, mungkin sembako yang kami berikan hanya bisa memenuhi kebutuhan makan harian beberapa hari. Tetapi semoga dapat meringankan beban bapak dan ibu di desa ini,” pungkas Humala Sinaga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Desa Asam Baru

Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Desa Asam Baru

02 Desember 2022

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 pada Sabtu 19 November 2022 menyalurkan 584 paket sembako di Desa Asam Baru Kecamatan Danau Seluluk Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah. 

Nasi Cinta Kasih untuk warga Duri Kosambi

Nasi Cinta Kasih untuk warga Duri Kosambi

23 Februari 2015 11 Februari 2015, merupakan tahun ke-3 bagi dapur umum yang berada di depo Duri Kosambi dan relawan Kebon Jeruk (KJ) 2 dalam menyalurkan bantuan bagi korban banjir di wilayah sekitar Duri Kosambi, Jakarta Barat.
Bantuan Banjir di Pembuang Hulu, Kalimantan Tengah

Bantuan Banjir di Pembuang Hulu, Kalimantan Tengah

21 September 2021

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah 1 menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Seruyan.

Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -