Roadshow Tzu Chi Hospital di Kota Palembang

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Palembang
Para tamu melakukan pendaftaran pada acara Roadshow Tzu Chi Hospital.

Roadshow Tzu Chi Hospital disambut antusias masyarakat Palembang. Dengan Roadshow ini masyarakat Palembang jadi tahu fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di Tzu Chi Hospital. Roadshow ini digelar di Hotel Arista Jl. Kapten A. Rivai, Sungai Pangeran, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, 4 Maret 2023.

Sebelum acara dimulai, para dokter dari Tzu Chi Hospital mengadakan cek Nutrigenomics bagi beberapa peserta roadshow. Ini merupakan pengecekan DNA dengan media air liur yang dapat mengetahui potensi penyakit berdasarkan faktor genetik dan nutrisi yang dikonsumsi. Sehingga seseorang dapat memilih jenis makanan yang tepat berdasarkan faktor genetik, mengetahui olahraga yang paling efektif, dan memperbaiki kondisi penyakit kronis.

Pengambilan air liur sebagai media pengecekan Nutrigenomics yang merupakan cek DNA.

Suasana cukup ramai, hampir semua meja dipenuhi oleh para tamu saat acara Roadshow Tzu Chi Hospital.

Dalam kesempatan ini, Prof. DR. dr. Satyanegara Sp. BS (K) berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai penyakit Strokes, sementara dr. Gunawan Susanto, Sp.BS menjelaskan tentang fasilitas dan keunggulan Tzu Chi Hospital. Lalu dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, Sp.GK. berbagi ilmu tentang gizi pada tubuh.

Pembangunan Tzu Chi Hospital sendiri dilatar belakangi banyaknya masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Taiwan. Karena fasilitas rumah sakit di Indonesia kurang lengkap di sebabkan kurang menguntungkan bagi rumah sakit bila mengadakan fasilitas tersebut. Harganya tinggi, tetapi pemakaian tidak banyak.

Karena fasilitas yang tidak lengkap menyebabkan pelayanan kesehatan di Indonesia kurang optimal. Faktor inilah yang salah satunya mendasari dibangunnya Tzu Chi Hospital di Indonesia. Tzu Chi Hospital Indonesia memiliki visi menjadi rumah sakit yang bisa menjadi perwujudan ideal yang dapat menjadi contoh baik dalam dunia kedokteran.

Prof. DR. dr. Satyanegara Sp. BS (K) menjelaskan tentang penyakit stroke dan cara pencegahannya.

Sesi Q&A, dr. Gunawan Susanto, Sp.BS menjelaskan tentang kesehatan maupun tentang Tzu Chi Hospital.

“Yang menjadi keunggulan Tzu Chi Hospital adalah Transplantasi Tulang Sumsum untuk mengobati Kanker Darah. Di dunia ini kalau menurut laporan yang saya terima bahwa yang di Taipei Tzu Chi Hospital Nomor 3. Nanti di Tzu Chi Hospital Indonesia akan ditransfer knowledge nya dari Taipei Tzu Chi Hospital,” ujar Prof. DR. dr. Satyanegara.

Rudi, salah seorang tamu yang diundang merasa mendapatkan banyak pengetahuan dari Roadshow Tzu Chi Hospital. “Saya sangat terkesan sekali mengikuti Roadshow ini apalagi yang didatangkan itu orang-orang yang cukup terkenal seperti Prof. DR. dr. Satyanegara. Saya sangat berharap untuk yang kedua kali bisa datang kembali. Apalagi yang terakhir saya lihat ada pemeriksaan mengenai gen dan itu sangat jarang diadakan.”

Rudi, salah satu tamu yang mengajukan pertanyaan di sesi Q&A.

Foto bersama para relawan dan dokter dari Tzu Chi Hospital.

Suharjo Marzuki, Ketua Hu Ai Palembang berharap adanya Roadshow ini masyarakat Palembang dapat lebih mengetahui tentang Tzu Chi Hospital.

“Seperti kita lihat tadi dari acara roadshow ini peralatan yang digunakan di Tzu Chi Hospital sangat modern dan ter-update saat ini dan juga pelayanannya begitu baik karena di sana ada relawan pemerhati. Relawan pemerhati itulah relawan-relawan yang bersumbangsih dengan tulus, iklas, dan tanpa pamrih.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Hospital: High Technology, High Touch, and Humanity

Tzu Chi Hospital: High Technology, High Touch, and Humanity

24 Agustus 2020

Tzu Chi Talks edisi kedelapan berlangsung pada Sabtu, 22 Agustus 2020. Diikuti oleh 300 partisipan melalui aplikasi Zoom, YouTube, Instagram, dan Facebook, Tzu Chi Talks mengusung tema Tzu Chi Hospital, Technology and Humanity yang merupakan Misi Kesehatan Tzu Chi. Webinar ini membahas tentang berbagai permasalahan dan solusi dalam menangani kendala pengobatan sekaligus memperkenalkan rumah sakit bertaraf International yang akan hadir (beroperasi) di Indonesia pada awal tahun 2021.


Melihat Lebih Dekat Layanan Paliatif di Tzu Chi Hospital

Melihat Lebih Dekat Layanan Paliatif di Tzu Chi Hospital

15 Desember 2022

Linda Agum Gumelar, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) berkesempatan mengunjungi Tzu Chi Hospital bersama beberapa pengurus pada Rabu, 14 Desember 2022. 

Daur Ulang Perdana Tzu Chi Hospital

Daur Ulang Perdana Tzu Chi Hospital

20 Juni 2022

Jumat, 17 Juni 2022, jajaran manajemen Tzu Chi Hospital melakukan daur ulang perdana di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Center.

Kebahagiaan berasal dari kegembiraan yang dirasakan oleh hati, bukan dari kenikmatan yang dirasakan oleh jasmani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -