Rumah yang Bersih bagi Oma dan Opa The Khian Hong

Jurnalis : Sutriani (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Sri Wahyuni (Tzu Chi Makassar)


Andika Ketua Tzu Ching Makassar merasa sangat senang dan Bahagia dapat membantu membersihkan dan mengecat rumah Oma The Sioe Jong dan Opa The Khian Hong.

Berbuat baik dan tolong menolong tak mesti dalam bentuk bantuan barang atau pun materi. Seperti yang dilakukan oleh relawan Tzu Chi Makassar dengan membersihkan rumah warga lanjut usia (lansia) di Jalan Nusantara No.180, Pelabuhan Makassar, Minggu (15/7).

Oma The Sioe Jong dan Opa The Khian Hong merupakan kakak beradik yang kini tinggal berdua. Sejak Oma The Sioe Jong sakit, ia sudah tak bisa bergerak lagi. Kini ia hanya bertumpu pada kakaknya untuk menjaga dan merawat dirinya. Termasuk untuk membersihkan rumah yang mereka tinggali saat ini.


Relawan Tzu Ching Makassar semangat membantu mewujudkan tempat tinggal yang layak dan bersih bagi Oma The Sioe Jong dan Opa The Khiang Hong.


Leni Darmawang, relawan Tzu Chi dengan sepenuh hati membersihkan bak mandi Opa The Khiang Hong.

Kondisi ini semakin miris setelah Opa The Khian Hong mengalami kecelakaan yang membuat kakinya terluka parah. Ia pun tak bisa membersihkan rumah seperti biasanya lagi. 

Melihat kondisi keduanya, relawan Tzu Chi terdorong untuk memberikan bantuan. Selain membersihkan rumah, mereka juga membawa Opa The Khian Hong ke klinik agar luka yang ada di kakinya bisa diobati. Relawan Tzu Ching  Makassar, Andika, mengatakan bangga bisa ikut membantu sesama. Dalam kesempatan tersebut, mereka juga membelikan tempat tidur baru bagi Opa The Khian Hong .


Opa The Khiang Hong menyusun beberapa kursi yang terbuat dari kayu agar dapat tidur di samping adiknya.


Opa The Khiang Hong, setelah pulang dari klinik untuk mengganti perban di kakinya juga ikut membantu relawan membersihkan rumahnya.

"Senang karena masih bisa membantu dan memberikan kebahagiaan ke orang lain. Inilah yang membuat saya tersentuh, karena di Tzu Chi kita diberi wadah untuk membantu orang lain," ungkapnya. 

Sementara itu, Opa The Khian Hong mengapresiasi kegiatan yang dilakukan relawan Tzu Chi Makassar. Meski demikian dirinya berharap segera sembuh agar bisa menyelesaikan setiap pekerjaan, termasuk merawat dan membersihkan rumahnya . 

"Saya bahagia sekali. Semoga ke depan lebih sehat dan perasaan lebih segar. Saya harap selanjutnya saya sendiri yang melakukannya, tidak dibantu lagi," pungkasnya.


Tempat tidur baru opa yang diberikan Tzu Chi, kini ia dapat tidur dengan nyaman.


Oma The Sioe Jong merasa nyaman dengan tempat tidur dan seprei barunya yang diberikan oleh Tzu Chi Makassar.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membersihkan Rumah Kedua

Membersihkan Rumah Kedua

09 Januari 2017

Kerja bakti bersih-bersih lingkungan sekolah menjadi agenda rutin per dua bulan yang diperuntukkan bagi para guru dan karyawan untuk bersama-sama menjaga kebersihan sekolah. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 6 Januari 2016. Sementara untuk murid-murid dilakukan pada hari Jumat yang dikenal dengan istilah Jumat Bersih.

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

Membersihkan Rumah Batin, Menyambut Tahun Baru Imlek

27 Januari 2015 Para relawan dari berbagai He Qi di Jakarta membersihkan rumah batin Aula Jing Si dalam menyambut pergantian tahun baru Imlek. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan selama dua hari yaitu pada Sabtu, 24 Januari 2015 dan Minggu, 25 Januari 2015.
Mengembalikan Rumah Nyaman untuk  Kho Seng Huat

Mengembalikan Rumah Nyaman untuk Kho Seng Huat

19 Oktober 2017
Selasa, 17 Oktober 2017, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membersihkan rumah Kho Seng Huat, penerima bantuan Tzu Chi yang kondisi rumahnya sangat berantakan. Barang yang bertumpukan, debu tebal, aroma yang tidak sedap, dan langit-langit rumah yang sudah rapuh.
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -