Rutin Berbuat Baik dengan Rutin Donor Darah

Jurnalis : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dari pukul 08.00 sudah banyak pegawai yang bekerja di MSIG Tower mulai berdatangan di lantai 17 untuk cek darah sebelum mendonorkan darahnya.

"Adanya cinta kasih di dalam hati membangkitkan kekuatan yang tidak terhingga, jika ada ikrar untuk bersumbangsih, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan.
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Mengawali tahun 2024, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas mengadakan donor darah di Sinarmas MSIG Tower, Jl Jend. Sudirman, Jakarta Selatan pada Senin, 15 Januari 2024. Relawan bekerja sama dengan PMI Jakarta menyiapkan kegiatan ini sejak pagi hari. Pukul 08.00 sudah banyak pegawai yang bekerja di MSIG Tower mulai berdatangan di lantai 17 untuk mendonorkan darahnya. Pendonor antre untuk mengisi formulir, cek darah, dan sekaligus wawancara dengan petugas medis guna pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darahnya.

Donor darah dinilai sebagai perbuatan baik yang sekaligus dapat menyehatkan badan bagi yang mendonorkan darah. Donor darah dapat membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah, bahkan bisa sampai menyelamatkan nyawa. Donor darah juga memiliki banyak manfaat untuk para donor sendiri, salah satunya membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hadiyanto (kanan), menjadikan kesempatan berdonor darah ini sebagai resolusi di awal tahun 2024 untuk berbuat kebaikan.

Yanto bertekad untuk donor darah secara rutin, ia senang bisa berbagi menolong sesama.

Hadiyanto Sadikin (26) seorang staf bagian procurement, mengaku sudah lama tidak donor darah karena kesibukannya. Ia baru berdonor sebanyak 3 kali sejak 2022. ”Mumpung di sini ada kesempatan, ya ikut donor. Senang sih bisa berdonor, bisa membantu orang lain,”. Tidak hanya itu, Hadiyanto menjadikan kesempatan berdonor darah ini sebagai resolusi di awal tahun 2024. ”Jadi 2024 saya coba menjadi resolusi saya, di mana awal tahun diawali dengan berbuat baik, salah satunya mendonorkan darah dan saya harap ke depannya saya lebih rutin untuk berdonor darah,” ujarnya dengan penuh semangat.

Keinginan untuk berdonor darah rutin juga disampaikan Yanto (45), staf bagian IT Apps di Sinarmas MSIG. Ia bertekad donor darah secara rutin, tidak harus di awal tahun, tidak juga membatasi waktunya. ”Saya sih pengen-nya rutin untuk donor darah, tidak membatasi waktu, mau tahun berapa, sebisa mungkin saya selalu rutin, apalagi dengan umur kita ini, untuk kebaikan, sama untuk kesehatan kita lah.” Yanto termotivasi dari teman-temannya yang telah berkali-kali berdonor darah, bahkan ada yang sampai 100 kali. Ia sendiri telah berdonor darah sebanyak 15 kali. “Sebenarnya saya takut dengan darah dan jarum, tetapi untuk kebaikan, ya ikut donor saja, berbagi untuk sesama yang membutuhkan darah. Bahagia, senang bisa berbagi menolong sesama,” ucapnya.

Bagi Vina Vinessa, staf di Sinarmas MSIG, donor darah rutin, tidak ada yang dirugikan, sama-sama bisa membantu kita, juga berbuat baik membantu orang lain.

Sementara itu bagi Vina Vinessa (27), staf di Sinarmas MSIG, donor darah rutin tidak ada yang dirugikan karena selain untuk kesehatan juga bisa membantu orang lain. “Rutin donor darah, darah menjadi baru, regenerasi, jadi untuk tubuh kita juga bagus, menjadi lebih segar dan lebih fit, awet muda, bisa membantu orang lain juga,” ucapnya sambil tertawa. Vina sudah berdonor darah sebanyak 8 kali, dan merasa sangat bahagia bisa berbuat kebaikan. “Ya kalau bisa dicoba saja donor darah, enggak sakit kok, jadi lebih segar di badan,” ajaknya untuk ikut berdonor darah.

Kegiatan donor darah ini didukung oleh 25 relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas dan dari Sinarmas MSIG. Hadi dan Vina merupakan staf yang turut menjadi relawan dari Sinarmas MSIG untuk pelaksanaan donor darah ini. “Senang jadi relawan, ada rasa ingin terlibat, jadi kalau jadi relawan jadi senang. Bisa berbaur, bisa saling bantu. Happy, tentunya pasti happy, kalau bisa bantu orang, pastinya kita juga ikut happy,” ucap Vina.

Selain kegiatan donor darah, relawan juga menggelar penuangan celengan bambu untuk para karyawan di Sinarmas MSIG.

Sebanyak 133 kantong darah berhasil disumbangkan dari 158 peserta yang mendaftar pada donor darah kali ini. Selain kegiatan donor darah, relawan juga menggelar penuangan celengan bambu untuk para karyawan di Sinarmas MSIG.

Mendonorkan darah merupakan perbuatan baik bentuk dari cinta kasih kepada sesama yang sedang membutuhkan. Jika ada tekad untuk berbuat baik, maka akan terlaksana. Sejalan dengan Kata Perenungan dari Master Cheng Yen, Adanya cinta kasih di dalam hati membangkitkan kekuatan yang tidak terhingga, jika ada ikrar untuk bersumbangsih, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah Perdana di Wihara Jetavana

Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah Perdana di Wihara Jetavana

16 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang bekerja sama dengan Wihara Jetavana menggelar donor darah pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Kebaikan Dibalik Donor Darah

Kebaikan Dibalik Donor Darah

28 Juni 2019

Relawan Tzu Chi Medan mengadakan kegiatan donor darah pada Minggu, 23 Juni 2019. Ada 147 orang yang berhasil mendonorkan darahnya, dari 184 orang yang mendaftar.

Donor Darah di Singapore International School

Donor Darah di Singapore International School

30 Oktober 2019

Relawan Hu Ai Medan Selatan ini mengadakan baksos donor darah pertama kalinya di SIS (Singapore International School), dimana relawan pernah meresmikan titik Green Point di sekolah tersebut. Terlihat banyak orang tua murid dari SIS juga datang ikut meramaikan kegiatan Family Day serta ikut mendonorkan darah mereka pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

Orang yang berjiwa besar akan merasakan luasnya dunia dan ia dapat diterima oleh siapa saja!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -