Saling Mengasihi Antarsesama

Jurnalis : Lina (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Mariany Heriko, Lina, Sri Yuniati (Tzu Chi Pekanbaru)

Lina sedang membawakan materi "Saling Mengasihi Antarsesama"

Tim Pendidikan Tzu Chi Pekanbaru mengadakan kunjungan kasih ke Sekolah SMA Dharma Loka, 14 Juli 2023. Sebanyak 10 relawan ini diundang untuk mengisi materi budi pekerti dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada kesempatan ini Lina sebagai koordinator tim membawakan materi "Saling Mengasihi Antarsesama".

Siswa-siswi sekolah diajak untuk menyimak video Master Bercerita, "Lentera Penuh Cinta Kasih". Berbagai pertanyaan berupa kuis dapat dijawab dengan tepat dan benar oleh siswa-siswi. "Kita hendaknya dapat melepas ego, tidak mementingkan diri sendiri serta dapat memikirkan kepentingan orang lain. Dengan sendirinya kita akan menjadi orang yang berjiwa besar, yang memiliki hati yang lapang, tidak perhitungan tetapi akan fokus dengan hal yang seharusnya dikerjakan", tutur Lina.

Yanti memberikan penjelasan cara permainan.

Siswa-siswi bersukacita bermain game bersama.

Lina berharap para siswa dalam kehidupan sehari-hari dapat mempraktikkan apa yang dipelajari hari itu, sehingga bisa hidup damai dan harmonis dengan sesama. “Seperti dalam Kata Perenungan Master Cheng Yen, ‘Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah dan saling mengasihi", tambah Lina menutup materinya.

Selain materi, siswa-siswi juga diajak bermain game yang dipandu oleh Yanti, relawan Tzu Chi.  Game ini sangat membutuhkan kerjasama tim, baru dapat mencapai garis finish. Siswa-siswi tampak sangat gembira ketika memainkan game ini. Lewat permainan game yang dibawakan Yanti, diharapkan siswa-siswi dapat memahami bahwa sesungguhnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Meski kita berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, antar sesama harus senantiasa saling mengasihi dan membantu. 

Yanti menjelaskan makna permainan, bahwa baik saling mengenal atau tidak, antarsesama harus saling membantu dan saling mengasihi karena pada dasarnya kita adalah satu keluarga, sama-sama tinggal di bumi.

Siswa-siswi turut bernyanyi dan memperagakan isyarat tangan lagu Satu Keluarga.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peragaan isyarat tangan "Satu Keluarga ", yang dibawakan oleh para Da Ai Mama diikuti seluruh siswa yang juga turut memperagakan gerakan isyarat tangan. Sebagai penutup kegiatan, pihak sekolah menyerahkan sertifikat kepada Tim Pendidikan Tzu Chi Pekanbaru yang diterima oleh Elisah beserta tim. Acara berakhir dengan sesi foto bersama seluruh peserta. Kegiatan ini dihadiri total 146 peserta, terdiri dari 136 siswa dan 10 orang Da Ai Mama.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Memperbanyak Berkah Menjelang Tahun Baru Imlek

Memperbanyak Berkah Menjelang Tahun Baru Imlek

21 Januari 2020

Minggu, 12 Januari 2020, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan rutin setiap bulannya, yaitu Kelas Budi Pekerti. Sebanyak 44 orang siswa-siswi berpartisipasi pada kegiatan kali ini.

Langkah Xiau Pu Sa Kelas Budi Pekerti Merayakan Waisak di Panti Werda

Langkah Xiau Pu Sa Kelas Budi Pekerti Merayakan Waisak di Panti Werda

25 Mei 2023

Setelah tiga tahun terhenti karena pandemi Covid 19, Xiau Pu Sa yang tergabung dalam kelas budi pekerti (Tzu Shao Ban) kembali  merayakan Waisak di Panti Jompo “Taman Bodhi Asri”.

Ajaran Baru, Semangat Baru

Ajaran Baru, Semangat Baru

23 Juli 2014

Lingkungan yang baik dapat memberikan dampak positif bagi anak, sedangkan lingkungan yang kurang baik bisa berdampak buruk bagi kepribadian anak. Melalui lembaga Tzu Chi di Tanjung Balai Karimun ini diharapkan dapat membentuk karakter anak yang baik dengan adanya pendidikan budi pekerti. Pendidikan budi pekerti harus ditanamkan sejak dini pada diri anak agar nantinya menjadi orang yang mempunyai pengetahuan yang didasari moral baik. 

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -