Satu Misi, Tzu Chi Dan Kodam Jayakarta Bersama Mengadakan Bakti Sosial

Jurnalis : Clarissa Ruth, Fotografer : Clarissa Ruth

Relawan Tzu Chi membagikan paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan dalam kegiatan Bakti Sosial yang diadakan kodam Jayakarta bekerja sama dengan Tzu Chi Indonesia.

Masih dalam semangat kemerdekaan Indonesia, Kodam Jayakarta merangkul Tzu Chi Indonesia untuk sama-sama berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan dengan mengadakan Bakti Sosial. Rangkaian dari bakti sosial ini meliputi pembagian 1.000 paket sembako yang berisi minyak 2 liter, gula 2 kg, mi instan 20 bungkus, masker 10 pcs, dan beras 10 kg ditambah dengan 100 paket stunting, serta ada pula pengobatan umum gratis yang ditangani oleh TIMA Indonesia berkolaborasi dengan Tim Medis RS TK. II Moh. Ridwan Meuraksa, yang menangani 154 pasien.

Acara ini turut dihadiri oleh Panglima Kodam Mayjen TNI M. Hasan dan juga relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1. Jodoh baik yang terjalin antara Tzu Chi dan Kodam Jayakarta dilatarbelakangi karena adanya satu misi yang sama yaitu membantu meringankan beban masyarakat yang kurang berkecukupan. Relawan Tzu Chi yang datang juga penuh dengan sukacita, semangat dan penuh kasih untuk berbagi kepada warga-warga yang hadir dalam bakti sosial ini.

Sinergi antara Tzu Chi dan Kodam Jayakarta terus berlannjut dan menciptakan misi dan visi yang sejalan dimana sama-sama membantu untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Bakti sosial ini juga mengadakan pengobatan umum gratis bentuk kerjasama anata TIMA Indonesia dan Tim Medis RS TK. II Moh. Ridwan Meuraksa.

“Kita lihat aparat Kodam Jaya semua bersatu hati, ternyata kita satu visi dan misi juga sama-sama mengayomi untuk kesejahteraan masyarakat. Kami berharap juga semoga apa yang kami lakukan ini bisa menjadi teladan untuk orang banyak, bisa bergandengan tangan, bersatu bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kita supaya semua aman, damai dan Sentosa,” ungkap Tina, relawan Tzu Chi He Qi Utara 1. “Semoga paket sembako yang kami bagikan bisa sedikit meringankan beban dan bisa bermanfaat bagi mereka penerima bantuan,” lanjut Tina dengan penuh harapan.

Paket bantuan sembako dan stunting yang diberikan, salah satunya diterima dengan penuh syukur dan bahagia oleh Nurhasanah (40) dimana anaknya Rizkia (2) belum bisa berjalan, berbicara bahkan merespon yang ada di sekitarnya layaknya batita seumurannya. Saat menungu akan dibagikan bantuan Nurhasanah dihampiri oleh relawan Tzu Chi yang melihat kondisi Rizkia, mereka memberikan perhatian kepada Rizkia dan menyarankan untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Di situlah Nurhasanah merasakan keramahan dan cinta kasih oleh para relawan Tzu Chi yang dalam benaknya mengatakan ternyata bukan sekadar memberi bantuan tetapi juga menenangkan batinnya.

Nurhasanah (kiri) sangat tersentuh dengan kebaikan dan keramahan para relawa Tzu Chi yang memerhatikan anaknya Rizkia salah satu penirima bantuan stunting.

“Sangat bersyukur banget bisa bertemu relawan-relawan Tzu Chi mau berusaha membantu juga, semoga semua berjalan lancar saya ingin anak saya secepatnya bisa sembuh dan bisa berdiri kaya teman-temannya saya suka kasian lihatnya. Terima kasih banyak untuk bantuan sembakonya dari Tzu Chi dan perhatian yang diberikan relawan kepada anak saya, Alhamdullilah sangat membantu banget,” kata Nurhasanah dengan mata berkaca-kaca.

Pengobatan umum gratis yang diberikan pada baksos kali ini bermanfaat juga bagi Syahidin (50) yang memiliki keluhan sakit pada pinggangnya. Pekerjaannya yang sering mengangkut barang yang berat menimbulkan rasa sakit itu, dan sudah lama dirasakannya tetapi karena rasa takut yang begitu besar berulang kali Syahidin mengurungkan niatnya untuk memeriksakan kesehatananya kedokter.

Syahidin merasa sangat senang keputusannya memberanikan diri untuk berobat sangat tepat ia dapat penangan yang baik dari dokter TIMA.

Beraniin diri kali ini tadinya setengah-setengah karena masih takut tapi setelah diperiksa ternyata nggak semenakutkan itu dan dokternya juga berikan pendapat dengan baik nggak langsung memfonis penyakit-penyakit yang ganas sebenarnya itu yang ditakutkan,” cerita Syahidin.

Dokter TIMA yang memeriksa Syahidin mengatakan kemungkinan besar itu karena beban berat yang selalu dibawa oleh Syahidin saat bekerja, dokter memberikannya obat dan menyarankan bila terjadi seperti itu lagi segera diperiksa ke dokter spesialis penyakit dalam.

“Bermanfaat banget pengobatan umum gratis ini, bisa membantu banyak orang bisa membantu orang yang takut seperti saya akhirnya bisa dapat pengobatan, selanjutnya kalo sakit ini ada lagi saya akan langsung periksa. Terima kasih buat Tzu Chi sama Kodam Jayakarta juga untuk pengobatan gratis dan bakti sosial buat masyarakat seperti kami,” ungkap Syahidin.

Dokter-dokter dan Tim Medis TIMA lainnya sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk menanam ladang berkah untuk mengobati para pasien bakti sosial, termasuk dokter Janice Fredlina yang juga dokter umum di RSCK Cengkareng.

Janice Fredlina Dokter RSCK Cengkareng yang juga bergabung dalam barisan TIMA merasa sangat bahagia bisa membantu banyak pasien menangani penyakit atau keluhan yang mereka rasakan.

“Melihat antusias dari pasien yang kelihatan banget ingin sembuh membuat saya terharu, senang dan semangat juga untuk mengobati mereka. Semoga pasien yang periksa kesehatannya dengan TIMA disini bisa lekas pulih dan lebih semangat untuk pulih,” kata Dokter Janice.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

09 Januari 2023

Di hari besar keagamaan, Tzu Chi Indonesia hampir tak pernah absen membagikan paket sembako. Pun di Tahun Baru Imlek, di Bogor, Jawa Barat ada enam lokasi pembagian sembako, salah satunya di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan.

Perhatian untuk Petugas Kebersihan dan Pemakaman

Perhatian untuk Petugas Kebersihan dan Pemakaman

01 Juli 2020

Pemberian sembako untuk petugas kebersihan dan petugas pemakaman umum di wilayah Lanud Halim Perdana Kusuma dan Kampung Kebon Pala Makasar Jakarta Timur.

Paket Sembako Cinta Kasih Tzu Chi Bagi Warga Baleendah

Paket Sembako Cinta Kasih Tzu Chi Bagi Warga Baleendah

27 Desember 2016
Tzu Chi Bandung mengadakan kegiatan pembagian sembako yang berlangsung di Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) Kecamatan Baleendah, Bandung 22 Desember 2016.
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -