Segarkan Tubuh dengan Donor Darah

Jurnalis : Christine Desyliana (He Qi Barat 1), Fotografer : Christine Desyliana, Evi Julianti (He Qi Barat 1)

Relawan berfoto bersama dengan Ketua PMI Kecamatan Kalideres, Perwakilan PMI Jakarta Barat, Petugas PMI saat Ketua RW 12 mendonorkan darahnya.

“Hidup ini begitu singkat, maka ia menjadi begitu berharga. Renungkanlah apakah kita telah melakukan kebajikan untuk orang banyak dalam hidup ini? Jangan hanya mengharapkan umur panjang tetapi tanpa makna.”
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Kegiatan donor darah hasil kerja sama antara relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 bersama PMI Kecamatan Kalideres dan RW 12 dari Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, kembali diadakan. Kegiatan ini diadakan di Gedung Pertemuan Perumahan Citra Garden 2, pada Sabtu 17 Desember 2022. Sebagai bentuk partisipasi dan dukungan, Ketua RW 12 sekaligus Pengurus PMI Kecamatan Kalideres Budiman Tandiono, serta Wakil Camat Kalideres sekaligus Ketua PMI Kecamatan Kalideres Sefri, dan Perwakilan PMI Jakarta Barat Sukron – ikut hadir di kegiatan Donor Darah ini, bahkan Budiman turut serta mendonorkan darahnya.

Adi Dharma (baju merah) rutin mendonorkan darah karena ingin berbuat baik melalui donor darah (foto kiri). Setelah selesai mendonorkan darahnya, Lilis mendapat pendampingan dari Maryani sampai merasakan kondisi yang stabil untuk bisa pulang ke rumah (foto kanan).

Dimulai dari satu niat baik untuk bersumbangsih dengan sukarela di misi Kesehatan Tzu Chi, sebanyak 24 orang relawan Tzu Chi dari komunitas Hu Ai Citra, He Qi Barat 1, sudah hadir sejak pukul 6.30 pagi. Mereka saling bergotong royong menyiapkan perlengkapan logistik, penyambutan, alur, pendaftaran, pelayanan, konsumsi, pendampingan, serta penghiburan melalui lagu dan musik agar kegiatan donor darah berlansung lancar.

Salah satu donor hari ini adalah Adi Dharma. Ia mengetahui adanya donor darah ini dari spanduk yang dilihatnya di pinggir jalan. Adi memang sudah rutin melakukan donor darah karena ingin berbuat baik dengan berbagi ke orang yang membutuhkan darah. Selain Adi, ada juga donor lain yang berusia 51 tahun yaitu Lilis, seorang nenek yang telah memiliki 7 cucu. Lilis merasakan satu efek baik dari donor darah yaitu tubuh terasa segar.

Para relawan Tzu Chi juga menghibur para pendonor darah dengan musik dan lagu agar suasana lebih tenang dan tak terasa sedang menunggu antrian.

Tepat pukul 11.30 siang, kegiatan donor darah berakhir dengan lancar. Total ada 70 orang donor, dimana 59 orang berhasil mendonorkan darahnya. Para relawan Tzu Chi kembali bekerja sama dengan harmonis dan tenang dalam merapikan semua barang dan perlengkapan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Cinta Kasih Melalui donor Darah

Cinta Kasih Melalui donor Darah

09 Desember 2014 “Petugas PMI sudah datang”, terdengar suara seorang relawan di depan pintu Sekolah Tzu Chi memberitahu  relawan yang sedang berada di dalam untuk segera membantu petugas PMI. Jam sudah menunjukkan pukul 9, kegiatan donor darah rutin diselenggarakan setiap 3 bulan sekali oleh Hu Ai PIK.
Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

Menyempatkan Donor Darah di Sela-sela Pekerjaan

22 Maret 2019
Tzu Chi Sinar Mas kembali mengajak para karyawan sekitar gedung perkantoran MSIG Tower di Jakarta Selatan untuk berbuat kebaikan melalui donor darah dan Penuangan Celengan Bambu, 12 Maret 2019. 
Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

11 Maret 2013 Donor darah bukan saja baik bagi kesehatan karena kita bisa regenerasi darah baru sehingga menghindari pengentalan darah, namun juga dapat menolong sesama yang menderita. Master seringkali menghimbau kita untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat kebajikan.
Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -