Menumbuhkan Kebijaksanaan Diri dan Welas Asih dengan Berdonor Darah

Jurnalis : Sanny (Tzu Chi Medan) , Fotografer : Sanny (Tzu Chi Medan)

Para donor antusias bersumbangsih. Sementara itu tampak para relawan Tzu Chi dan relawan tim medis Tzu Chi atau TIMA bertugas di masing-masing posko dengan sukacita.

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Petisah yang merupakan bagian dari Tzu Chi Medan kembali mengadakan donor darah, yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi. Donor darah pada 10 September 2023 ini digelar di Hotel De Paris Medan.

Para relawan Tzu Chi ini begitu bersemangat, bergotong-royong mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum acara hingga donor darah selesai. Begitu juga dengan para donor yang juga terlihat sangat semangat bersumbangsih, salah satunya Alyssia Wina Cahyadi (20).

TIMA Medan turut serta menggarap ladang berkah kebajikan di baksos donor darah.

Alyssia antusias berdonor ketika melewati lokasi baksos donor darah.

“Saya kebetulan lewat di depan dan melihat spanduk ada baksos donor darah di sini. Spontan saya masuk ke dalam untuk berdonasi. Ini adalah donasi darah ke dua saya. Semoga kegiatan baksos donor darah diadakan di mana saja, jadi calon donor berkesempatan berbuat bajik dengan bersumbangsih di baksos donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan,” kata Alyssia.

Tumiar Sitorus, selaku staf Rumah Sakit Dr.Pirngadi Medan berharap kerja sama baksos donor darah dengan Tzu Chi terus berkelanjutan untuk membantu ketersediaan darah di rumah sakit bagi pasien yang membutuhkan. “Kami juga mengimbau agar masyarakat bersedia mendonasikan darahnya. Bersumbangsih darah dapat menyelamatkan hidup seseorang. Bersama-sama melakukan kebajikan untuk kemanusiaan,” pesannya.

Relawan Tzu Chi juga turut mendonorkan darahnya.

Sebagai koordinator kegiatan, Henny, relawan Tzu Chi, berharap agar masyarakat dapat menanamkan kesadaran untuk kesehatan diri sendiri lewat donor darah dan menumbuhkan kebijaksanaan diri dengan bersama-sama melakukan kebajikan berdonasi darah.

“Donor darah sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Rutin mendonorkan darah dapat  membuat kita semakin sehat. Dan dari darah kita juga bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Ini adalah suatu tindakan yang penuh berkah,” ujar Henny.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Bersumbangsih secara langsung disertai rasa syukur, membuat kita sungguh merasakan nilai sebuah kehidupan.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Niat Baik Mengalahkan Rasa Takut

Niat Baik Mengalahkan Rasa Takut

24 Desember 2019

Minggu 22 Desember 2019, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh 51 orang calon donor.

Bakti Sosial Donor Darah Ke-2 Tzu Chi Palu

Bakti Sosial Donor Darah Ke-2 Tzu Chi Palu

16 Februari 2023

Tzu Chi Palu untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan donor darah pada Minggu, 05 Februari 2023. Kegiatan ini pun juga akan dilaksanakan oleh Tzu Chi Palu setiap tiga bulan sekali pada minggu pertama.

Bersatu dan Bersemangat Mendonorkan Darah di Bulan Ramadan

Bersatu dan Bersemangat Mendonorkan Darah di Bulan Ramadan

30 Mei 2018
Pada Minggu, 27 Mei 2018, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 yang bekerja sama dengan RSUP Fatmawati mengadakan kegiatan donor darah di Lobi Tzu Chi Primary School, PIK, Jakarta Utara. Kegiatan ini juga rutin diadakan 3 bulan sekali.
Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -