Sekuntum Bunga untuk Orang Tua

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo, Susi Christine (He Qi Pusat)

Anak-anak Qin Zi Ban dan kelas Tsu Sao Ban menyatukan sekuntum bunga indah, setelah disatukan tercipta keindahan yang lebih menyentuh hati.

Kelas Budi Pekerti He Qi Pusat kembali diadakan di Gedung ITC Mangga Dua pada Minggu 18 Desember 2022, pukul 08.00 WIB.  Anak-anak kelas Qin Zi Ban dan kelas Tsu Sao Ban sudah duduk dengan rapi menunggu dimulainya kelas budi pekerti ini.

Bersamaan dengan Hari Ibu yang jatuh di bulan Desember 2022, peserta kelas Qin Zi Ban membuat sekuntum bunga untuk dipersembahkan kepada orang tua  mereka masing-masing saat basuh kaki selesai dilakukan.

Anak- anak kelas Qin Zi Ban membasuh kaki mama mereka masing-masing sebagai tanda cinta dan bakti kepada orang tua.

Eva Tajudin relawan kelas Budi Pekerti memberi contoh kepada anak-anak Qin Zi Ban dan kelas Tsu Sao Ban cara membuat bunga dari kertas. Mereka dengan serius berusaha membuat sendiri.Selain itu dalam kelas budi pekerti ini para Siswa-siswi  Qin Zi Ban dan Tsu Sao Ban diajak untuk menonton tayangan film Xiao Li Zi yang bercerita tentang "Berbakti adalah Berkah Utama".

Beriringan dengan kelas Qin Zi Ban menyaksikan tayangan, kelas Tsu Sao Ban mengisinya dengan menulis ungkapan kasih sayang untuk orang tua masing-masing (Stick the heart) yang dipandu oleh Adi relawan Tzu Chi.

Murid-murid kelas Tsu Sao Ban belajar bahasa isyarat tangan (shou yu) yang bertemakan Ren Shi Ni Zhen Hao yang di dampingi oleh Daai Mama.

Jayden seorang siswa Tsu Sao Ban mengungkapkan kegembiraan dan keseruan kegiatan kelas budi pekerti yang diadakan oleh 28 orang relawan Tzu Chi. “Seru... hari ini games nya juga bagus, bisa lebih memahami bagaimana cara berbakti kepada orang tua, harus lebih menyayangi orang tua,” ungkap Jayden.

Kelas Tsu Sao Ban ini diisi dengan bimbingan Da Ai Papa dan Da Ai Mama dan peragaan bahasa isyarat tangan (Shou yu) diiringi lagu Ren Shi Ni Zhen Hao.

Viriyadhi memeluk Yenny sebagai ungkapan rasa kasih sayang anak kepada orang tua. Yenny mengingat kembali perjuang yang telah dicurahkan untuk kesembuhan Viriyadhi anak tercinta tak terasa air mata menetes.

Suasana haru menyelimuti para orang tua ketika anak-anak Qin Zi Ban membasuh kaki orang tua mereka masing-masing. Viriyadhi salah satu murid Qin Zi Ban sejak kelas 1 SD dan hingga kelas 6 SD baru hadir kembali setelah 2 tahun istirahat karena harus menjalani pengobatan thalasemia yang dideritanya.

"Perjuangan kami sudah pasti biar gimana orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Saya dan suami selalu mensupport Viriyadhi,”ujar Yenny. Dua tahun di NegaraThailand Viriyadhi menjalani operasi transpalansi donor sumsum tulang belakang, papa Viriyadhi yang menjadi pendonornya.

Proses transpalansi sumsum tulang berjalan lancar. Yenny bersyukur kondisi Viriyadhi berangsur sudah lebih membaik walaupun bertahap. “Saya mengajak Viriyadhi bergabung masuk kelas Qin Zi Ban sudah lama sejak kelas 1 SD, materi yang diberikan di sini sangat bagus, seperti membasuh kaki ini walaupun mungkin Vir belum terlalu memahami tetapi jika tiap kali diulang dia (Viriyadhi) akan memahami ” Ungkap Yenny yang juga relawan He Qi Pusat komunitas Jembatan Lima.

Bulan, orang tua Dylan membasuh air mata ketika Dylan membasuh kakinya. Bulan teringat mamanya yang baru saja pergi untuk selamanya, Bulan bersyukur dapat merawat mamanya semasa hidup.

Ibu Bulan (ibu dari Dylan) mengungkapkan rasa harunya ketika Dylan(10) siswa kelas 4 SD membasuh kakinya. "Saya baru kehilangan Mama saya sendiri, saya memang tidak sempat membasuh kaki Mama saya, tetapi saya masih bersyukur diberi kesempatan merawat dan menjaga semasa hidup, maka dari itu yang masih mempunyai orang tua, sayangilah mereka, jangan sampai terlambat, dan saya juga berharap kelak anak saya (Dylan) bisa menjadi anak yang berbakti,"ucap Bulan dengan menitikkan air mata.

Setelah membasuh kaki orang tua masing-masing dalam posisi berlutut murid-murid kelas budi pekerti menyerahkan sekuntum bunga yang mereka buat sendiri sebagai tanda terima kasih dan kasih sayang anak kepada kedua orang tua mereka sambil memeluk dengan hangat kedua orang tua mereka masing-masing.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menumbuhkan Bakti Pada Orang Tua

Menumbuhkan Bakti Pada Orang Tua

21 April 2014 Mereka mengulang dan melihat kembali tentang semua materi yang telah disampaikan selama belajar pendidikan budi pekerti. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pendidikan budi pekerti agar bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kelas Budi Pekerti: Mendidik dengan Cinta Kasih

Kelas Budi Pekerti: Mendidik dengan Cinta Kasih

13 Maret 2013 Sekitar jam 7.30 pagi lantai 2 Aula Jing Si PIK, sudah terlihat ramai oleh sekitar 50 orang relawan yang melayani para orang tua dan 270 orang anak, terdiri dari siswa Sekolah Dasar kelas 3 sampai dengan kelas 6 yang akan mengikuti kelas budi pekerti ini.
Cinta Kasih Melalui Budi Pekerti

Cinta Kasih Melalui Budi Pekerti

02 Maret 2016 Sebanyak 24 orang anak kelas Budi Pekerti dan orang tuanya datang ke kegiatan kelas Budi Pekerti di Jingsi Pluit  pada 28 Februari 2015.
Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -